Monday, Apr 21st

Last update06:59:37 PM GMT

You are here: Uji > Komputer > Review Relion RealPad P700
Error
  • Error loading feed data.
  • Error loading feed data.

Review Relion RealPad P700

E-mail Print PDF

Relion RealPad

Ingin mempunyai sebuah tablet dibawah Rp. 2 juta untuk mengecek email, browsing, game dan entertainment di jalan? Relion RealPad P700 dari Berca menawarkan sesuatu yang mantap. Fasilitas koneksi ke flash disknya sangat berguna.

Pilih Tablet Harus Teliti

Tablet dari berbagai merek bertebaran di pasaran sejak tahun 2011 lalu. Spesifikasi prosessor, jenis layar, jenis teknologi layar sentuh, baterai, dan desain tablet sangat beragam. Untung sebagian besar sistem operasinya sekarang sudah seragam ( umumnya sistem operasi Google Android ) sehingga tidak menambah pusing kita yang hendak membeli.

Setelah bermain dengan Relion RealPad P700 selama beberapa lama, Tambah.info bisa berbagi cerita bahwa tablet ini kualitasnya baik dan pantas untuk dipilih menjadi pendamping smartphone atau notebook saat kita kuliah atau kerja. Kenapa kami bisa menyatakan itu, mari kita baca review dibawah ini.

Dicari Layar Lebih Besar Dari SmartPhone

Makin banyak pengguna handphone yang tergoda dengan layar lebar Apple iPad atau Samsung Galaxy Tab untuk bermain game, browsing, dan membaca email di jalan. Melakukan terlalu banyak aktifitas di smartphone memang mudah melelahkan mata karena layarnya yang kecil.

Dua tipe tablet populer di Indonesia ini membuat banyak orang rela mengeluarkan biaya minimal Rp. 3.5jt dan menenteng tablet besar mereka kemana mana. Bekerja dan bermain dengan layar lebih besar memang lebih nyaman. Apple sejak dulu muncul dengan iPad layar 9.7 inci sedangkan pabrik tablet lain mengeluarkan ukuran beragam mulai dari 5 inci, 7 inci, 8 inci, hingga 10 inci.

Datang tablet pertama dari Relion Technology, sebuah merk perangkat teknologi lokal dari group Berca. Model ini adalah produksi pabrik komputer Jetway ( http://www.jetway.com.tw ) Taiwan. Model ini menonjolkan desain tipis casing alumunium, layar 7 inci, prosessor 1.2 Ghz, konektifitas WiFi, fasilitas koneksi ke flash disk ( USB On-The-Go ) dan prosessor graphics khusus untuk memainkan filem Full HD secara lancar.

Spesifikasi lengkap Relion RealPad P700

Foto Galery Relion RealPad P700

Pertanyaan Potensi Produk

  1. Dapatkah produk RealPad dengan harga Rp. 1,85jt hingga Rp. 1,9jt ini melakukan apa yang bisa dilakukan tablet Samsung dan iPad?
  2. Bila kita menonton filem di RealPad apakah tampilan layarnya bagus?
  3. Apakah baterai RealPad awet untuk dipakai seharian?
  4. Untuk dipakai bermain game, apakah lancar?

Kualitas Tampilan Layar ( Baik )

Layar 7 inci RealPad P700 mempunyai format 4: 3 dengan resolusi 800 x 600. Dia berbeda dengan misalnya layar Samsung Tab 7 yang berformat 16:9 dengan resolusi 1024 x 800. Layar RealPad lebih kotak, sedangkan Tab 7 lebih lonjong. Lihat gambar dibawah.

Review Relion RealPad

Layar LCD RealPad mempunyai kecerahan yang baik namun tidak cocok digunakan diluar ruangan. Didalam ruangan kami tidak menjumpai masalah apapun. Tulisan email, web, dan ebook terbaca dengan jelas. Kita yang biasanya dibatasi layar kecil Blackberry atau smartphone lain akan merasa suatu kenikmatan karena ruang baca yang lapang. Makin nyaman kita membaca email tentunya makin baik kita bisa menangkap isi dari email dan makin baik respon kita terhadap email ini. Tambah.info merasa makin banyak orang yang akan mulai melengkapi diri mereka dengan sebuah tablet untuk menemani smarphone mereka.

Kepuasan menonton video di layar RealPad sangat tergantung dari bagus atau tidaknya kualitas video yang di tampilkan. Video resolusi rendah akan terlihat lebih jelek dilayar besar dibanding ketika kita menontonnya di layar handphone yang kecil. Video dengan resolusi lebih tinggi akan tampil dengan baik dilayar RealPad. Layar LCD RealPad tidaklah sebaik layar IPS Apple iPad atau layar AMOLED terbaru dari Samsung, tapi dengan harga dibawah Rp. 2 juta kita sudah mendapat layar yang cerah dan nyaman dilihat.

Desain Hardware dan Bobot ( Baik )

Tablet ini tipis dan ringan ( bobot 432 g ). Layarnya ditutupi oleh selembar kaca sehingga memberikan kesan cukup mewah. Bagian belakang tablet dibuat dari logam campuran yang terasa kuat namun ringan. Bagian belakang dari logam yang tidak mengkilap ini membuat tablet enak dipegang dan tidak licin. Kita juga tidak perlu mengkhawatirkan bagian belakang tablet yang kotor berminyak dari tangan kita.

Bentuknya tablet yang lebar tidak selalu bisa digenggam dengan baik oleh kita yang mempunyai tangan yang kecil. Untungnya dengan bobot RealPad yang ringan ini, tidak terlalu masalah bagaimanapun caranya kita memegang RealPad.

Bagian pinggir tablet terbuat dari plastik. Tambah.info bisa bayangkan bahwa pinggiran ini akan pecah bila jatuh membentur lantai. Itu karenanya Relion menyertakan sebuah casing kulit untuk melindungi tablet saat kita bawa bawa.

Kecepatan Prosessor ( Baik Sekali )

RealPad datang dengan prosessor Rockchip RK2918 Cortex A8 1.2 Ghz buatan ARM. Dari sekian banyak variasi prosessor didunia tablet, RK2918 ini disebutkan sebagai chip pertama yang mampu melakukan decoding video HD secara hardware. Jenis prosessor ini juga didesain untuk menangani program Adobe Flash Player 10.1 dan program gaming. Memang terasa sekali bahwa RealPad sama sekali tidak mengalami kesulitan dalam menampilkan video MKV, YouTube, ataupun banyak bentuk file video lainnya. RK2918 ini memang mempunyai reputasi sebagai chip pertama yang mampu mempercepat format WebM ( sebuah format audio bebas royalti baru ) yang dipakai diantaranya di video kualitas 720p di YouTube.

Ada komponen tambahan didalam prosessor ARM yang digunakan oleh RealPad, yaitu teknologi ARM Neon SIMD ( Single Instruction Multiple Data ). Chip ini yang melakukan tugas pengolahan video, graphics gaming, pengolahan suara. Gabungan Teknologi prosessor ini yang memungkinkan RealPad menampilkan banyak format foto dan video yang berat. Tidak ada jaminan bahwa RealPad bisa menangani semua file dari semua sumber ( RealPad tidak bisa memainkan file AVI dari Nikon DSLR, contohnya )

Prosessor dengan kecepatan 1.2 Ghz terasa enak untuk dipakai menjalankan aplikasi bawaan maupun aplikasi tambahan. Ketika kami mencoba membuka banyak aplikasi sekaligus sehingga memori yang tersisa sekitar 60 MB, barulah terasa RealPad menjadi sedikit lebih pelan ketika, misalnya, melakukan browsing file dan mengubah setting pada Android. Pada saat memori rendah seperti itupun kita masih bisa memutar sebuah video dengan format MKV secara lancar.

Jadi kesimpulannya RealPad mempunyai prosessor yang mencukupi untuk menjalankan kebanyakan aplikasi. Beberapa aplikasi game HD seperti produksi GameLoft tidak bisa dijalankan bukan karena prosessornya tidak mampu, tapi karena resolusi layar RealPad dan kemampuan graphics yang tidak mencukupi. Tablet dengan prosessor lebih tinggi seperti Cortex A9 atau NVIDIA Tegra tentunya tersedia dipasaran dengan harga yang lebih tinggi. Namun untuk browsing, mengecek email, mengakses aplikasi sosial media ( facebook, twitter, dll ), dan bermain game ringan, prosessor RealPad sudah memenuhi.

Kemudahan Operasi Layar dan Tombol ( Sedang )

RealPad hanya mempunyai satu tombol pada bagian atas. Tombol warna Putih itu mirip tombol pada iPad yang gunanya untuk kembali menuju "menu utama" atau ( bila ditekan lama ) untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Tombol cukup nyaman ditekan dan kelihatannya cukup kuat dan awet.

Review Relion RealPad

Ada 3 tombol lain yang letaknya disamping tablet. Tombol volume atas bawah berdampingan dengan tombol On/Off. Tombol satu lagi ada disisi bawah tablet dengan fungsi "Kembali / Back" dan fungsi "Menu".

Review Relion RealPad

Relion memberikan pilihan pengaturan volume, Back, dan Menu dibagian atas tampilan Android. Dengan demikian semua fitur ( kecuali tombol On/Off ) bisa dipanggil secara mudah dari layar ( kecuali bila kita mempunyai jari yang ekstra besar ). Pada posisi horisontal, kita punya pilihan untuk menggunakan tombol di layar atau tombol fisik. Posisi horisontal memudahkan kita untuk mengakses tombol On/Off dan juga fitur kamera.

Layar sentuh RealPad adalah dari jenis Kapasitif. Jenis ini digunakan oleh semua tablet kelas menengah dan tinggi. Tablet kelas lebih bawah masih ada yang memakai teknologi layar sentuh jenis Resistif. Respon layar terhadap sentuhan baik.

Kualitas Suara ( Baik )

Suara keluar dari salah satu tablet. Suara yang dihasilkan cukup keras dengan kualitas yang standard. Suara yang dihasilkan mampu didengarkan dengan baik saat penggunaan pribadi atau dalam kelompok kecil 2 - 3 orang. Sebuah port audio bisa digunakan untuk penggunakan earphone atau speaker tambahan.

Ketahanan Baterai ( Sedang )

Selama pemakaian sehari hari oleh Tambah.info, Realpad bisa bertahan selama 4 jam untuk menonton filem Full HD secara terus menerus. Ketika dipakai untuk memutar lagu, browsing, dan bermain game, baterai Lithium Polymer 4000 mAH didalam RealPad bisa bertahan dari jam 8 pagi hingga petang hari. Jadi klaim Relion bahwa baterai bisa bertahan selama 10 jam adalah sesuatu yang bisa tercapai.

Meskipun ketahanan baterai RealPad tidak jelek, Tambah.info merasa bahwa Jetway masih bisa menambahkan kapasitas baterai yang terpasang didalam RealPad. Dengan pemakaian yang cukup banyak maka kita harus melakukan charging setiap malam. Bila kita tidak menggunakan tablet tapi tablet dalam keadaan menyala, baterai juga tetap harus di charge setiap hari untuk berjaga jaga.

Fasilitas USB OTG ( On-The-Go )

Kemampuan mengkopi dari dan ke USB flash disk yang dipunyai oleh RealPad sangat sangat berguna untuk kami di Tambah.info. Ini adalah koneksi yang diperlukan untuk berpindah pindah kerja dari komputer ke tablet dan sebaliknya. Foto dan video tidak perlu diemailkan atau diupload ke website penyimpan data. Tablet Android memang tidak perlu melakukan koneksi ke komputer untuk melakukan sinkronisasi. Tablet Android dengan kemampuan USB OTG lebih independen lagi.

Tambah.info merekomendasikan agar semua pengguna tablet yang menggunakannya secara intensif di lingkungan kerja dan sekolah untuk membeli tablet dengan kemampuan USB OTG. Keunggulan RealPad dalam hal ini adalah bahwa tidak ada biaya apapun yang harus kita keluarkan untuk memanfaatkan fitur ini ( Tablet lain ada yang memerlukan adaptor tambahan ).

Review Relion RealPad

Kelebihan Relion RealPad P700

  • Kemampuan memutar videonya sangat menonjol.
  • Desain dan kualitas hardwarenya baik.
  • Kemampuan USB OTGnya sangat membantu.

Kekurangan Relion RealPad P700

  • Tablet tidak hemat baterai dalam keadaan layar padam sekalipun. Untuk benar benar menghemat baterai, kita harus mematikan tablet seluruhnya.
  • Kamera hanya satu menghadap kedalam. Jetway / Relion tidak membuat fitur kamera sebagai fitur yang menonjol di RealPad ini.

Diskusikan artikel ini di thread forum user di Tambah.info.

Iklan Kartunama