Thursday, Dec 18th

Last update06:59:37 PM GMT

You are here: Uji > Notebook > Review Acer Aspire Timeline 3810T
Error
  • Error loading feed data.
  • Error loading feed data.

Review Acer Aspire Timeline 3810T

E-mail Print PDF
Aspire Timeline Intel Laminar Wall Jets

Acer gencar mempromosikan notebook Acer Aspire Timeline yang mempunyai ketahanan baterai 8 jam lebih. Bagaimana ini mungkin dan bagaimana hasil review Aspire 3810T oleh Tambah.info?

Prosessor Baru Intel Ultra Low Voltage

Selain apa yang akan kita bahas tentang kelebihan atau kekurangan Aspire 3810T, mari kita bahas dulu tentang prosessor Intel Ultra Low Voltage ( sering disebut dengan istilah Consumer Ultra Low Voltage - CULV ) yang menjadi mesin dari notebook ini. Bila selama 1 tahun terakhir banyak dari kita tertarik untuk membeli dan menggunakan mini notebook / netbook dengan prosessor Intel Atom atau VIA Nano, maka keterbatasan dari mereka adalah pada kecepatan prosessor dan kemampuan graphics. Disamping itu ada keterbatasan besar layar ( terbatas di 10 inci ) dan resolusinya ( terbatas di 1024 x 600 ).

Untuk kebutuhan mobilitas dimana ketahanan baterai paling penting, banyak orang kini memilih menggunakan mini notebook ( pandu beli ) dengan ketahanan baterai 3 hingga 6 jam ( beberapa ada yang menawarkan 8 hingga 9 jam ). Untuk harga rata rata US$ 400 - US$ 600 memang tidak ada lagi pilihan yang memenuhi kriteria baterai panjang selain mini notebook. Konsekuensi orang yang memilih menggunakan mini notebook untuk mengejar baterai panjang adalah mereka akan terbatasi oleh besar layar, resolusi, kecilnya keyboard, dan lambatnya prosessor.

Untuk pilihan notebook layar 12 inci keatas dengan harga hingga US$ 1500 pun ternyata tidak ada model notebook yang mempunyai daya tahan baterai yang panjang. Sebagian besar notebook datang dengan prosessor AMD atau Intel yang konsumsi listriknya 2 atau 3 kali lipat konsumsi listrik mini notebook. dan menjadikan ketahanan listriknya hanya antara 2-3 jam. Ada memang notebook dengan prosessor Intel Core 2 Duo Ultra Low Voltage misalnya Fujitsu Lifebook P1620, dan Toshiba R500 yang hemat baterai, cukup bertenaga, tapi harga mereka semuanya diatas US$ 1500.

Ada keinginan pemakai notebook yang ditangkap oleh Intel, AMD, dan para pabrik notebook untuk produk yang lebih kuat dari prosessor mini notebook ( Intel Atom atau VIA Nano ) tapi lebih hemat konsumsi listrik dibanding prosessor AMD Dual Core X2 dan Intel Core 2 Duo yang ada sekarang. Para jagoannya sudah mulai tersedia di Indonesia dalam bentuk AMD Neo MV-40 di HP Pavillion dv2 ( review ), Intel Core 2 Solo di Acer Aspire Timeline yang sedang kita review ( berita ), MSI X340 ( berita ), dan ASUS UX50V ( berita ). Karena prosessor AMD dan Intel yang baru ini memakan listrik yang lebih rendah, maka istilah notebook Ultra Thin, ringan, baterai panjang mulai terdengar bermunculan. Harga yang dituju oleh AMD dan Intel untuk kategori notebook ini adalah US$ 800.

Berikut adalah daftar prosessor notebook Intel yang masuk ke kategori Ultra Low Voltage yang baru:

Perbandingan Prosessor Intel Ultra Low Voltage Baru
Nama Kecepatan Cache Front Side Bus Jumlah Core Teknologi Intel Virtualization/
Intel 64
Listrik
Processor
Intel Celeron M Processor ULV723
1.2 Ghz
1 MB
800 Mhz
1
45 nm
Tidak / Ya
10 W
Intel Pentium Processor SU2700
1.3 Ghz
2 MB
800 Mhz
1
45 nm
Tidak / Ya
10 W
Intel Core 2 Solo SU3500
1.4 Ghz
3 MB
800 Mhz
1
45 nm
Ya / Ya
5.5 W
Intel Core 2 Duo SU9300
1.2 Ghz
3 MB
800 Mhz
2
45 nm
Ya / Ya
10 W
Intel Core 2 Duo SU9400
1.4 Ghz
3 MB
800 Mhz
2
45 nm
Ya / Ya
10 W

Acer Aspire Timeline yang kita uji ( 3810T ) menggunakan prosessor ditengah, yaitu Intel Core 2 Solo SU3500. Terlihat bahwa kita tidak bisa mengharapkan kecepatan yang terlalu tinggi dari prosessor karena Ghz nya yang rendah dan jumlah processor core yang hanya satu. Potensi dari prosessor ini adalah penghematan listrik karena spesifikasi yang hanya 5.5 W untuk prosessor ( sama dengan Intel Atom ).

Benchmark Intel SU3500 vs Intel Atom vs Intel Pentium Dual Core

Bagaimana kecepatan SU3500 dibandingka dengan prosessor prosessor baru ini? Tambah.info membuat perbandingan berikut ini.

Perbandingan 3 jenis notebook dengan prosessor Intel
  Jumlah Core Konsumsi Listrik
Prosesssor
Graphics Benchmark CPU
wPrime (detik)
Benchmark
PCMark Vantage
Intel Atom N270 1.6 Ghz 512kb cache
1 dengan Hyperthreading
5.5 W
GMA 950
120
1168
Intel Core 2 Solo SU3500 1.4 Ghz 3 MB cache
1
5.5 W
GMA X4500MHD
114
1516
Intel Pentium Dual Core T2310 1.46 Ghz 1 MB cache
2
25 W
GMA X3100
56
1959

Benchmark wPrime ( wprime.net ) mengukur hanya kecepatan prosessor dan dapat memanfaatkan tenaga lebih dari prosessor Dual Core. Hasil yang lebih rendah adalah lebih baik. Benchmark PCMark Vantage dari Futuremark ( futuremark.com ) mengukur kecepatan sistem keseluruhan notebook mengedit foto, video, bermain game, mengedit dokumen, dan membuka halaman halaman web. Angka makin tinggi makin baik. Semua benchmark bisa didownload dari websitenya masing masing dan anda lakukan sendiri pengujiannya.

Konfigurasi Intel Atom adalah memory 2GB / 320GB / Vista. Konfigurasi SU3500 di Timeline adalah 4 GB / 500GB / Vista. Konfigurasi Pentium Dual Core memory 2.5 GB / 80GB / Vista.

Kelihatan bahwa prosessor Intel Core 2 Solo SU3500 yang digunakan di Timeline yang kita uji hari ini ditujukan untuk konsumsi listrik hemat dan bukan untuk performa yang tinggi. Jumlah core yang hanya 1 menjadikan SU3500 kalah jauh dalam benchmark CPU wPrime yang bisa memanfaatkan prosessor kedua di T2310 dengan baik.

Dalam pengukuran aplikasi bisnis dan multimedia PCMark Vantage maka Intel SU3500 memberikan hasil yang cukup baik dibanding Intel Atom. Sistem grafis X4500MHD membantu mengejar ketinggalan SU3500 dibanding notebook dengan Intel T2310 Pentium Dual Core. Dengan pengertian bahwa kita akan mengorbankan kecepatan untuk mendapatkan mobilitas dan daya tahan baterai, kita lanjutkan review kita hari ini.

Selamat Datang Aspire Timeline

Karena namanya masih Acer Aspire mudah untuk orang menganggap bahwa seri ini adalah seri tipis dari Acer Aspire Gemstone. Tidak begitu rupanya Aspire Timeline ini. Seri Timeline adalah notebook dengan prosessor hemat listrik sehingga bisa dibuat tipis. Aspire Gemstone adalah notebook yang biasa kita tahu sebelumnya dengan prosessor Intel Pentium Dual Core / Intel Core 2 Duo dengan konsumsi listrik yang lebih tinggi ( performance lebih cepat ) sehingga fisiknya lebih tebal dan lebih berat.

Aspire Timeline covernya terbuat dari Aluminium dengan finishing yang disebut "brushed metal". Ini tentunya kabar baik untuk anda yang anti casing mengkilap dan anti casing cepat kotor. Bentuk notebooknya ramping dan berbeda dengan Aspire Gemstone yang berbentuk bulat. Mari kita lihat rangkaian gambar berikut:

Acer Aspire Timeline 3810T review Acer Aspire Timeline 3810T review
cover Alumunium
dari atas
Acer Aspire Timeline 3810T review Acer Aspire Timeline 3810T review
bagian keyboard
untuk melihat ketipisan. Itu adalah pembukaan layar maksimum.
Acer Aspire Timeline 3810T review Acer Aspire Timeline 3810T review
kiri: memory card, 2xUSB, HDMI, kensington.
kanan: power, USB, Microphone, SPDIF audio.

Bentuk Aspire Timeline 3810T secara keseluruhan fungsional. Semua port pada tempatnya. Ada kelengkapan HDMI dan SPDIF Audio out. Yang tidak disertakan adalah port eSATA dan ExpressCard. Keduanya tidak disertakan selain pertimbangan biaya mungkin juga karena faktor penghematan konsumsi listrik. Tambah.info ingin agar Acer bisa mempertimbangkan kembali eSATA. Bayangkan jika anda sudah memakai notebook ini selama satu tahun dan hard disk 500GB yang terpasang didalamnya sudah penuh, backup data sebesar itu akan memakai waktu yang lama dengan port USB. eSATA akan jauh lebih cepat.

Acer Aspire Timeline 3810T review Acer Aspire Timeline 3810T review
lampu oranye tanda sedang charging
lampu biru tanda baterai charging selesai

Ini adalah pertama kali Acer menggunakan LED oranye dan biru sebesar itu untuk menunjukkan status charging ( warna oranye ) atau selesai charge ( warna biru ). Walaupun lampu itu lebih kearah dekorasi tapi mereka kelihatan bagus bukan?

Acer Aspire Timeline 3810T review Acer Aspire Timeline 3810T review
Cardreadernya lengkap mendukung hingga Memory Stick dan xD card.
Rongga untuk memory dan hard disk. Sudah 4GB dan 500GB mau diupgrade kemana lagi?

Acer hampir selalu memasangkan memory card reader yang lengkap mendukung semua format memory. Ada pabrik lain yang hanya memasangkan card reader SD/MMC/SDHC saja. Tentunya yang lengkap lebih bagus. Pengguna kamera Sony, Olympus, dan Fuji akan senang karena format memory mereka didukung.

Keyboard dan Shortcut Keys

Keyboard Aspire Timeline ini besar besar. Acer menyebut keyboard mereka mempunyai glossy fine tip. Beberapa hari lamanya Tambah.info mengetik dengan keyboard ini dan merasa nyaman menggunakannya. Jarak antar tombol besar besar sehingga kita bisa melihat dengan jelas debu, rambut, atau bahkan remah remah yang jatuh berkumpul disana. Kami jadinya lebih sering membalikan notebook dan menggoyang goyangkan notebook supaya kotoran lepas. Mungkin anda bisa membeli blower yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kamera untuk meniup lepas debu debu halus didasar keyboard Timeline yang hitam mengkilap itu.

Acer Aspire Timeline 3810T review
keyboard dari dekat sekaligus tombol tombol shortcut

Ada tiga tombol shortcut yang bisa ditekan untuk menyalakan dan mematikan fungsinya. Yang paling kiri adalah tombol Wireless 802.11, dilanjutkan tombol backup, dan terakhir tombol Acer PowerSmart. Masih ada satu lampu indikator aktifitas hard disk disisi paling kanan sebelum speaker. Jika kita baru menggunakan Timeline ini kita tidak akan langsung tahu bahwa mereka itu adalah tombol yang bisa ditekan padahal tombol tombol tersebut, seperti tombol PowerSmart, adalah tombol yang penting untuk diaktifkan.

Touchpad Mendukung Multitouch

Acer Aspire Timeline 3810T review
touchpad keys terasa agak aneh karena melekuk turun

Sejak beberapa waktu yang lalu Acer telah menambahkan tombol untuk menonaktifkan touchpad ( letaknya disebelah kanan touchpad ). Touchpad Timeline ini mendukung multitouch untuk melakukan zoom dan browsing gambar dengan praktis. Gerakan scroll up dan scroll down juga bisa dilakukan dengan gerakan jari berspiral meskipun Tambah.info masih tidak menguasai tehniknya. Tombol touchpad melekuk kebawah untuk membuat rongga dimana jari bisa masuk untuk membuka layar notebook. Untuk kami keputusan Acer ini membuat penggunaan touchpad Timeline berkurang kenyamanannya . Kami lebih suka tombol yang rata.

Baterai Tahan 6 Jam Pemakaian Always On

Ketahanan baterai di Timeline adalah berita besar dan akan menjadi salah satu alasan utama anda memilih Aspire Timeline. Dari dulu notebook dengan baterai awet sudah ada, namun banyak "tapi" nya. Tapi berat. Tapi besar. Tapi mahal. Aspire Timeline ini tipis, ringan, dan baterainya setelah diuji oleh Tambah.info bisa bertahan 6 jam dengan pamakaian terus menerus tanpa berkedip. Ini adalah sebuah kemampuan baru yang OK.

Acer Aspire Timeline 3810T review Acer Aspire Timeline 3810T review
baterai yang lebar dan cukup besar
11.1V 5600mAh 56Wh

Lho bukankah Acer menyebutkan Timeline bisa 8 jam lebih ? Tambah.info yakin 8 jam lebih itu bisa dicapai dengan keadaan pemakaian yang lebih natural tidak seperti pengujian "Always On" yang dilakukan oleh Tambah.info.

Kami melakukan uji baterai dengan cara yang sama dengan uji Asus EeePC 1000HE:

  1. Menyalakan Wi-Fi terus menerus sambil melakukan download file yang besar.
  2. Menggunakan Power Properties "Power saver' di Vista tapi dengan memilih "never" untuk layar dan hard disk. Layar dan hard disk tidak pernah mati selama pengujian baterai.
  3. Memutar berulang ulang sebuah film bentuk wmv 28 MB dengan tingkat suara rendah.
  4. Tombol Acer PowerSmart menyala.
  5. Layar diatur 2/3 dari maksimum ( tidak setengah ) karena dengan 2/3 pun layar sudah terang sekali untuk pemakaian normal.

Apa yang ingin dicapai dengan pengujian ini adalah simulasi keadaan pemakaian sebenarnya diluar rumah / kantor dimana kita melakukan meeting, memasukan data dan presentasi terus menerus tanpa henti. Dengan pemakaian seperti ini, Acer Aspire Timeline 3810T bertahan selama 6 Jam.

Alasan mengapa baterai Timeline yang tidak terlalu besar bisa bertahan menyalakan layar 13.3 inci yang sebesar itu sempat kami bahas detail di berita ini dan tidak kami tampilkan lagi. Dengan gabungan prosessor yang hemat listrik, Intel Laminar Wall Jet Skin Cooling, layar dengan backlight LED, dan pengaturan konsumsi listrik Acer PowerSmart, maka Acer berhasil memaksimalkan daya tahan baterai.

Performance

Sekalipun Aspire Timeline 3810T yang diuji datang dengan prosessor SU3500 yang tidak terlalu cepat karena Ghz yang rendah dan hanya mempunyai 1 core, sistem grafis X4500MHD dari Intel yang ada di chipset Intel GS45 membantu menjadikan Timeline sistem yang lebih baik bertenaga dibanding notebook dengan Intel Atom.

Acer Aspire Timeline 3810T review Acer Aspire Timeline 3810T review
PCMark Vantage
kecepatan transfer rata rata 60.8 MB/sec
Acer Aspire Timeline 3810T review
Kecepatan tulis file ukuran kecil cukup cepat.

Hard disk Seagate ST9500325AS kapasitas 500GB 5400rpm 8 MB cache yang dipakai di 3810T memberikan performance yang cepat dilihat dari benchmark HDTune dan CrystalDiskMark.

Aplikasi MyWinLocker

Aspire Timeline datang dengan MyWinLocker dari EgisTec. Aplikasi ini membuat partisi tempat kita bisa menyimpan file file rahasia kita dengan perlindungan password dan enkripsi. Partisi itu hanya bisa dibuka dengan password dan bisa diatur untuk dikunci kembali secara otomatis bila tidak diakses selama, misalnya 10 menit.

Acer Aspire Timeline 3810T review Acer Aspire Timeline 3810T review
Partisi baru yang rahasia
Program bisa diakses dari task bar.
Acer Aspire Timeline 3810T review Acer Aspire Timeline 3810T review
besar partisi rahasia bisa diatur. partisi bisa otomatis disembunyikan bila tidak ada aktifitas.
tiap kali kita hendak mengakses file rahasia kita, kita harus mengetikan password.

Aplikasi Acer BackUp Manager

Aplikasi ini memungkinkan kita mengatur apa yang perlu dibackup dari notebook sekali saja diawal dan untuk selanjutnya hanya perlu menekan tombol backup untuk memulai proses backup. Proses backup yang penting namun kerap kali dilupakan dibuat lebih mudah oleh Acer.

Pemilihan jenis file dan direktori apa saja yang dibackup bisa digunakan untuk dengan cepat memindahkan file kerja kita ke flashdisk untuk kita bawa keluar kantor. Tambah.info yakin aplikasi ini akan banyak membantu calon pemakai Timeline.

Acer Aspire Timeline 3810T review Acer Aspire Timeline 3810T review
Pilih jenis file yang ingin dibackup
pilih direktori yang ingin dibackup
Acer Aspire Timeline 3810T review Acer Aspire Timeline 3810T review
pilih tujuan backup ke flashdisk atau external hard disk
Pilih jadwal harian, mingguan, bulanan dan centang pilihan One Press Backup
Acer Aspire Timeline 3810T review
Pada saat yang ditentukan atau pada saat kita menekan tombol backup, proses dimulai.

Aplikasi Acer GridVista

Aplikasi ini sudah lama ada di Acer. Layar notebook kita dibagi menjadi beberapa kapling dan tiap kapling bisa kita tempati satu windows yang letaknya tetap. Layar resolusi normal 1366 x 768 atau 1280 x 800 umumnya bisa kita bagi tiga seperti gambar dibawah. Aplikasi ini sangat menghemat waktu bila kita perlu membaca informasi dari windows yang satu untuk diketikan masuk ke windows yang lain. Bagian yang diberi panah digambar dibawah adalah menu dari GridVista.

Acer Aspire Timeline 3810T review
3 buah windows ditempatkan di kapling masing masing.

Spesifikasi Singkat

Acer Aspire Timeline 3810T
Layar 13.3 inci 1366 x 768
Dimensi 228 x 322 x 23.4/28.9 mm
Berat 1.6 kg
OS Vista Home Premium
HDD 500 GB
Memory / Max. 4 GB / 4 GB
Processor Intel Core 2 Solo SU3500 1.4 Ghz
Chipset Intel GS45 Express Chipset
Audio Dolby Sound Room dengan Dolby Headphone dan Dolby Natural Bass.
Wireless Intel WiFi Link 5100 802.11 b/g/n
LAN Gigabit LAN
Optical Tidak ada
Bluetooth Bluetooth
Webcam 1.3 MP Progressive
USB 3 slot
Baterai 6 cell - 5600 mAh
Card Reader SD / SDHC / MS / xD
Warranty 1 ( satu ) tahun spare parts dan service.
Warna Abu Abu
Harga US$ 759
Link Spec Lengkap
Link Cari Penjual

Suhu Notebook

Keunggulan notebook ini saling kait mengait. Prosessor yang dingin ditambah dengan lisensi teknologi Intel Laminar Wall Jets Skin Cooling memang bisa dibuktikan membuat notebook ini dingin. Karena dingin maka kipas tidak perlu bekerja keras. Karena kipas tidak perlu bekerja keras maka baterai hemat. Paling tidak begitu ceritanya jika dilihat dari kacamata orang awam. Dengan trend notebook makin dingin maka istilah "laptop" bisa menjadi kenyataan kembali setelah sekian tahun notebook terlalu "berbahaya" untuk ditempatkan di paha.

Walaupun demikian kami mengamati bahwa fan dari notebook ini bekerja dengan konstan selama uji baterai kami suhu ruangan 26 derajat, padahal suhu notebook sama sekali tidak panas. Apakah ini memang setting otomatis karena hard disk kami berputar terus, kami tidak tahu. Yang pasti karena Aspire Timeline ini baru, maka anda yang akan jadi pemilik baru notebook ini, sering seringlah mengecek ke website Acer untuk BIOS terbaru. Siapa tahu BIOS baru membawa peningkatan efisiensi pendinginan yang lebih baik lagi.

Layar

Layar LED backlight 13.3 inci yang dipakai adalah format sinematik 16:9 dengan resolusi 1366 x 768. Layarnya cukup terang sehingga kami tidak merasa perlu meningkatkan hingga lebih dari setengah untuk pemakaian sehari hari.

Suara

Suara Aspire Timeline 3810T lewat kedua speakernya yang kecil terdengar biasa biasa saja. Kelihatannya badan yang tipis mencegah insinyur Acer untuk berkreasi meningkatkan kualitas suara. Dilain pihak tata suara Dolby Sound Room dengan Dolby Headphone dan Natural Bass disediakan untuk kenikmatan mendengar lewat headphone.

Garansi

Acer memberikan jaminan garansi hardware selama 1 tahun untuk Aspire Timeline sama seperti semua notebook Acer yang lain. Pilihan paket SuperCare memperpanjang garansi dari 1 tahun menjadi 3 tahun dengan pilihan kembali ke service center atau on-site.

Kelebihan Acer Aspire Timeline 3810T

  • Baterai 6 jam pemakaian terus menerus di notebook berlayar besar namun tipis dan ringan.
  • Daya tahun baterai lebih lama lagi untuk pemakaian sehari hari.
  • Suhu notebook dingin menyenangkan untuk dipakai mengetik lama.
  • Desain notebook brushed aluminium menarik dilihat dan cocok untuk lingkungan belajar maupun kerja.
  • Keyboard enak digunakan.

Kekurangan Acer Aspire Timeline 3810T

  • Tombol trackpad yang cekung menurun mengurangi kenyamanan

Kesimpulan

Acer Aspire Timeline 3810T akan memuaskan kebanyakan pengguna notebook baru maupun pengguna yang upgrade dari notebook lama. Acer telah benar benar memikirkan apa yang dicari oleh kebanyakan orang didalam sebuah notebook. Baterai panjang. Penampilan yang menarik. Layar yang bagus. Harga yang terjangkau. Bagi anda yang membutuhkan baterai yang panjang tapi merasa mini notebook terlalu kecil, pertimbangkanlah Aspire Timeline ini dengan serius.

Lebih lanjut :

Tambah Info Article Discussion Baca komentar tentang artikel ini. Tambah Info User Forum Kunjungi Acer User Forum
Product sponsor Promosi dari Sponsor Phone Numbers SMS and Hotline Product Hotline
Where to Buy Database Kartu Nama Tambah.info Thank You Foto: Tambah.info dan Acer Indonesia