Sabtu , Mei 18 2024
northern lights diagram social 513ada

Aktivitas Cahaya Utara sangat tinggi dan para ilmuwan mengatakan akan ada lebih banyak aktivitas di masa depan

Setiap kilau Cahaya Utara dimulai sebagai sebuah titik di permukaan matahari. Dan jika peningkatan aktivitas matahari merupakan indikasinya, satu setengah tahun ke depan akan penuh dengan kilauan.

Pengamatan bintik matahari, yang merupakan indikator utama kemungkinan terjadinya cahaya utara, telah meningkat secara dramatis sejak akhir tahun 2022, melebihi perkiraan terbaru dan dalam beberapa kasus meningkatkan wilayah di mana fenomena tersebut terlihat. Para ilmuwan memperkirakan bahwa jika tren ini terus berlanjut, 18 bulan ke depan akan terjadi aktivitas aurora terkuat dalam dekade mendatang dan 20 tahun terakhir, dengan pertunjukan tersebut akan terlihat lebih sering dan dari lebih banyak tempat di Bumi.

“Para pengamat langit sangat antusias,” kata Mark Miesch, peneliti di Universitas Colorado – Boulder dan National Oceanic and Atmospheric Administration.

Panel Prediksi Siklus Matahari 25, sebuah kelompok ilmiah internasional yang disponsori oleh NASA dan NOAA yang memprediksi aktivitas bintik matahari, memperkirakan pada tahun 2019 bahwa tahun yang akan datang akan berada di bawah rata-rata, dengan sekitar 110 hingga 115 bintik matahari pada puncaknya. Namun, model terbaru dari beberapa ilmuwan menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas matahari bisa jauh lebih tinggi.

Aktivitas matahari diperkirakan akan terus meningkat hingga musim gugur 2024, ketika kemungkinan terjadinya aurora borealis, yang juga dikenal sebagai cahaya utara, paling tinggi, kata Miesch.

Bintik matahari—daerah gelap, bermagnet kuat, dan bersuhu lebih rendah di permukaan Matahari—menciptakan cuaca luar angkasa ketika distorsi magnetik melemparkan partikel ke luar angkasa. Aktivitas yang disebut lontaran massa koronal ini membuat partikel terbang sejauh lebih dari 150 juta kilometer hingga menemukan titik lemah di medan magnet bumi, tempat partikel tersebut bertabrakan dengan atmosfer planet sehingga menghasilkan warna neon yang memenuhi langit.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *