230907 hurricane lee noaa jm 0928 48c788

Badai Lee kini menjadi badai parah Kategori 4

Badai Lee menguat menjadi badai Kategori 4 yang parah pada Kamis sore, dan para peramal cuaca memperkirakan badai tersebut pada akhirnya akan menguat menjadi badai Kategori 5 yang lebih dahsyat.

Lee, yang berputar-putar di Atlantik, intensitasnya meningkat sejak awal minggu ini, meningkat dari badai tropis menjadi badai Kategori 1 pada hari Rabu.

Badai Lee pada hari Kamis.NOAA

Pusat Badai Nasional memperingatkan bahwa sistem badai akan “meningkat dengan cepat” pada hari Kamis – yang berarti kecepatan angin maksimum akan mencapai 35 mil per jam dalam 24 jam atau kurang.

Kondisi lingkungan kini tampak menguntungkan bagi Lee untuk menguat menjadi badai Kategori 5 dengan kecepatan angin hingga 160 mph pada Sabtu pagi.

Seperti yang diperkirakan, badai tersebut telah berkembang menjadi badai Kategori 4 yang parah.

“Badai besar” adalah badai Kategori 3 atau lebih tinggi pada Skala Angin Badai Saffir-Simpson.

Lee terletak sekitar 780 mil sebelah timur Kepulauan Leeward Utara, dengan kecepatan angin maksimum 130 mph pada pukul 17.00 ET pada hari Kamis, kata Pusat Badai Nasional.

1694084976014 tdy news 7a al wx hurricane lee 230907 1920x1080 8eybtm

Meskipun tidak jelas apakah badai ini akan mencapai daratan, pusat badai memperingatkan bahwa gelombang yang disebabkan oleh angin diperkirakan akan mencapai wilayah Antillen Kecil pada hari Jumat, serta Kepulauan Virgin Inggris dan AS, Puerto Riko, Hispaniola, Bahama, dan Bermuda selama akhir pekan.

“Gelombang ini kemungkinan besar akan menyebabkan ombak dan kondisi saat ini yang mengancam jiwa. Arus ombak dan gelombang yang berbahaya diperkirakan akan terjadi di sepanjang sebagian besar Pantai Timur AS mulai hari Minggu,” kata Pusat Badai Nasional.

Lee saat ini bergerak ke barat-barat laut dengan kecepatan 15 mil per jam dan akan melanjutkan peregangan ini dengan perlambatan kecepatan maju secara bertahap.

Arah jangka panjang badai ini masih belum pasti, namun sebagian besar model tropis mengarahkan badai ke arah utara, kemungkinan melintas di dekat Bermuda atau antara Bermuda dan Pantai Timur AS pada minggu depan.

Meskipun kekuatannya akan berfluktuasi, badai Lee “diperkirakan akan tetap menjadi badai besar yang kuat hingga minggu depan,” kata pusat badai tersebut.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *