Rabu , Juli 17 2024
CjkinzN007074 20230831 CBMFN0A001

Baidu meluncurkan layanan chatbot AI publik

Beijing (ANTARA) – Raksasa mesin pencari online China Baidu Inc. Pada Kamis (31/8), perusahaan tersebut meluncurkan layanan chatbot kecerdasan buatan (AI) ERNIE Bot untuk masyarakat umum, kata perusahaan tersebut.

Robin Li, Ketua dan CEO Baidu, mengatakan bahwa dengan menyediakan ERNIE Bot kepada ratusan juta pengguna Internet, Baidu akan mengumpulkan masukan manusia yang kaya dan berharga di dunia nyata.

Layanan ini dapat diakses melalui berbagai toko aplikasi (app store) dan melalui situs resminya. Selain ERNIE Bot, Baidu juga akan meluncurkan sejumlah aplikasi asli AI baru yang memanfaatkan kemampuan AI generatif.

Hal ini tidak hanya akan membantu menyempurnakan model dasar Baidu, namun juga mempercepat iterasi bot ERNIE, yang pada akhirnya menghasilkan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik, jelas Li.

Chatbot AI seperti ERNIE Bot dan ChatGPT dilatih menggunakan data dalam jumlah besar dari internet dengan tujuan menghasilkan jawaban mirip manusia atas pertanyaan dan perintah dalam bahasa alami.

ERNIE Bot dibuat berdasarkan model dasar ERNIE Baidu, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2019. Menurut perusahaan, Baidu telah menginvestasikan lebih dari 140 miliar yuan (1 yuan = US$2,99) dalam penelitian dan pengembangan selama dekade terakhir.

Utusan: Xinhua
Penerbit : Desi Purnamawati
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *