Rabu , April 24 2024
230922 biden zelenskyy mn 1020 c9a349

Biden memberi tahu Zelensky bahwa AS akan mengirim rudal jarak jauh ATACMS ke Ukraina

Presiden Joe Biden telah mengatakan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa Amerika Serikat akan menyediakan sejumlah kecil rudal jarak jauh untuk mendukung perang dengan Rusia, tiga pejabat Amerika dan seorang pejabat kongres yang mengetahui diskusi tersebut mengatakan kepada NBC News pada hari Jumat.

Para pejabat, yang tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka, tidak mengatakan kapan rudal tersebut akan dikirimkan atau kapan pengumuman publik akan dilakukan.

Selama berbulan-bulan, Ukraina telah menuntut sistem rudal taktis Angkatan Darat, yang dikenal sebagai ATACMS, yang akan memberi Kiev kemampuan untuk menyerang sasaran dari jarak sekitar 180 mil, mengenai jalur pasokan, kereta api, dan lokasi komando dan kontrol di belakang garis depan Rusia.

Uji coba sistem rudal taktis Angkatan Darat di White Sands Missile Range.John Hamilton / Publik Jangkauan Rudal White Sands

Para pejabat pertahanan mengatakan AS tidak memiliki kelebihan persediaan ATACMS, yang memiliki muatan lebih besar daripada artileri konvensional, untuk dikirim ke Ukraina. Selain itu, beberapa pihak di Washington menolak untuk memasok senjata, yang dikenal sebagai “Attack-Ems,” karena khawatir hal tersebut akan memperluas perang dengan Rusia.

Pejabat kongres mengatakan masih ada perdebatan mengenai jenis rudal apa yang akan dikirim dan berapa banyak yang akan dikirim ke Ukraina. Mereka menambahkan bahwa negara-negara di Eropa Timur telah menyerahkan sebagian besar persediaan senjata mereka ke Ukraina.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022, pemerintahan Biden telah mengubah pendiriannya mengenai senjata yang bersedia diberikan kepada militer Ukraina.

Gedung Putih pada awalnya menolak persetujuan permintaan rudal antipesawat Stinger, artileri Howitzer, rudal antikapal, dan sistem HIMARS, namun kemudian memberi lampu hijau untuk pengirimannya.

1695383986324 now mnn ukraine white house aid 230922 1920x1080 fnlqps

Langkah terbaru ini dilakukan hanya dua bulan setelah Biden menandatangani surat pernyataan pengecualian dari presiden mengenai pengiriman munisi tandan ke Ukraina, meskipun ada kekhawatiran dari kelompok hak asasi manusia dan beberapa sekutu AS bahwa penggunaannya akan menyebabkan lebih banyak korban sipil.

Amunisi konvensional penggunaan ganda yang ditingkatkan (DPICM) adalah hulu ledak permukaan ke permukaan yang meledak dan menyebarkan beberapa amunisi kecil atau bom ke wilayah yang luas – menyebabkan kerusakan yang lebih besar dibandingkan proyektil tunggal.

Beberapa kelompok hak asasi manusia menentang penggunaannya karena mereka khawatir bom yang tidak meledak atau persenjataan yang tidak meledak dapat meledak setelah pertempuran, dan berpotensi melukai atau membunuh warga sipil yang tidak bersalah.

Penggunaannya oleh kedua belah pihak didokumentasikan selama perang di Ukraina, menurut Hak Asasi Manusia

Pada bulan Mei, Amerika dan sekutunya juga setuju untuk memasok jet tempur F-16 ke Ukraina.

Walaupun pasukan Ukraina telah menerobos garis pertahanan pertama Rusia yang dijaga ketat di selatan dan membuat kemajuan di timur, militer Kiev belum membuat terobosan yang menentukan menjelang musim dingin yang semakin dekat.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran mengenai berlanjutnya dukungan Sekutu dan menunjukkan tanda-tanda frustrasi bahkan di kalangan pendukung terkuat Sekutu. Perdana Menteri Polandia mengatakan pekan ini bahwa negaranya akan berhenti mengirimkan senjata ke negara tetangganya di tengah meningkatnya perselisihan perdagangan dan menjelang pemilu nasional.

Pada saat yang sama, Ukraina telah mengintensifkan kampanye serangan rudal dan drone di lokasi-lokasi yang jauh di belakang garis pertahanan Rusia. Semenanjung Krimea yang diduduki telah berulang kali diserang, dengan markas besar Armada Laut Hitam Rusia terkena serangan rudal terbaru yang kuat pada hari Jumat.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *