Minggu , Juni 16 2024
Cara Membuat Krengseng Kambing Empuk dan Bebas Bau Prengus 2

Cara Membuat Krengseng Kambing Empuk dan Bebas Bau Prengus

Menikmati masakan kambing yang empuk dan lezat tanpa bau prengus bisa menjadi tantangan. Namun, dengan beberapa langkah sederhana, Anda bisa mengolah krengseng kambing yang menggugah selera dan bebas dari aroma tidak sedap. Berikut adalah panduan lengkapnya.

Pemilihan Daging Kambing yang Tepat

Untuk mendapatkan hasil terbaik, pemilihan daging kambing adalah langkah pertama yang sangat penting. Pastikan Anda memilih daging yang segar, berwarna merah cerah, dan tidak berbau menyengat. Daging kambing muda biasanya lebih empuk dan memiliki bau yang lebih sedikit dibandingkan kambing tua.

Cara Membuat Krengseng Kambing Empuk dan Bebas Bau Prengus 1

Persiapan dan Pembersihan Daging

Sebelum dimasak, cuci bersih daging kambing dengan air mengalir. Untuk menghilangkan bau prengus, rendam daging dalam air yang dicampur dengan perasan jeruk nipis atau cuka selama 15-30 menit. Setelah itu, bilas kembali dengan air bersih dan tiriskan.

Penggunaan Rempah yang Tepat

Rempah-rempah memegang peranan penting dalam menghilangkan bau prengus dan menambah cita rasa pada masakan. Berikut adalah beberapa rempah yang bisa Anda gunakan:

  • Bawang putih
  • Jahe
  • Ketumbar
  • Jinten
  • Daun jeruk
  • Serai

Proses Marinasi yang Sempurna

Setelah daging dibersihkan, langkah selanjutnya adalah proses marinasi. Campurkan daging dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, seperti bawang putih, jahe, ketumbar, dan jinten. Diamkan selama minimal 30 menit agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging.

Teknik Memasak yang Benar

Memasak krengseng kambing membutuhkan teknik yang tepat agar daging empuk dan bumbu meresap sempurna. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tumis Bumbu Halus
    Panaskan sedikit minyak di wajan, lalu tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, cabai, ketumbar, jinten, dan jahe) hingga harum.
  2. Masukkan Daging Kambing
    Masukkan daging kambing yang telah dimarinasi ke dalam wajan. Aduk hingga daging berubah warna dan bumbu merata.
  3. Tambahkan Air dan Bumbu Pelengkap
    Tuangkan air secukupnya hingga daging terendam. Tambahkan daun jeruk, serai, dan garam. Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan kuah mengental.

Mengatur Tingkat Kepedasan

Sesuaikan jumlah cabai yang digunakan dengan selera Anda. Untuk rasa pedas yang menggigit, tambahkan lebih banyak cabai rawit. Namun, jika Anda lebih menyukai rasa yang tidak terlalu pedas, kurangi jumlah cabai sesuai kebutuhan.

Menyajikan Krengseng Kambing yang Lezat

Setelah matang, angkat dan sajikan krengseng kambing di atas piring saji. Taburi dengan bawang goreng dan potongan daun bawang untuk menambah cita rasa dan tampilan yang menarik. Krengseng kambing ini paling nikmat disantap dengan nasi hangat.

Kesimpulan

Mengolah krengseng kambing yang empuk dan bebas bau prengus memang memerlukan beberapa langkah khusus, mulai dari pemilihan daging, pembersihan, marinasi, hingga teknik memasak yang tepat. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda bisa menyajikan hidangan krengseng kambing yang lezat dan menggugah selera untuk keluarga tercinta.

Selamat mencoba dan nikmati kelezatan krengseng kambing yang istimewa!

Check Also

Resep Cilok Goreng Telur, Cilor Tusuk Saus Lemon Pedas

Resep Cilok Goreng Telur, Cilor Tusuk Saus Lemon Pedas

Bakso cilok (bacil) goreng telur kali ini yaitu cara membuat cilor tusuk yang merupakan resep …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *