huawei mate 60 pro

Chip Huawei Mate 60 Pro Sedang Diselidiki di AS, Kenapa?

Jakarta (ANTARA) – Huawei meluncurkan ponsel terbarunya, Mate 60 Pro dan Mate 60 Pro+, pada pekan lalu saat Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo berkunjung ke China, yang kemudian menarik perhatian banyak pihak, terutama AS dan beberapa negara. Negara-negara Eropa.

AS bahkan akan segera melancarkan penyelidikan teknis keripik yang digunakan pada ponsel tersebut yakni Kirin 9000s yang sebenarnya merupakan prosesor yang dikembangkan sendiri oleh Huawei melalui partnernya di China, Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC).

“Saya akan menahan komentar mengenai hal ini keripik “Sampai kami mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai karakter dan komposisinya,” kata penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan dalam konferensi pers, Selasa (5/9).

terus keripik Apakah Huawei Mate 60 Pro menarik begitu banyak perhatian di AS?

Pada bulan Mei 2018, Presiden Donald Trump mengeluarkan arahan yang melarang perusahaan-perusahaan AS menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dari orang-orang yang dianggap mengancam keamanan nasional.

Meski tidak secara eksplisit, langkah Trump secara luas dianggap menargetkan Huawei. Dan pada hari yang sama, Departemen Perdagangan menempatkan Huawei dan 70 anak perusahaannya ke dalam “daftar entitas,” yang pada dasarnya merupakan daftar hitam yang melarang perusahaan-perusahaannya membeli suku cadang dan komponen dari perusahaan-perusahaan AS.

Keputusan pemerintah AS ini antara lain disebabkan oleh meningkatnya perang dagang antara AS dan Tiongkok. Namun hal ini juga terkait dengan kekhawatiran lama mengenai dugaan spionase Huawei dan ancaman lain terhadap keamanan nasional.

Huawei Mate 60 Pro. (ANTARA/HO/Huawei)

Pada tanggal 17 Agustus 2020, Departemen Perdagangan tiba-tiba mengumumkan pembatasan baru pada opsi pembelian Huawei keripik Semikonduktor – sirkuit elektronik yang menyimpan data komputer. Langkah ini melarang semua perusahaan untuk menjual keripik semuanya dibuat dengan teknologi AS untuk Huawei.

Tidak hanya Amerika Serikat, pemerintah Belanda juga mengeluarkan peraturan pengendalian ekspor baru untuk perangkat semikonduktor pada Juni 2023. Seperti yang diumumkan pada bulan Maret, kontrol ekspor baru berfokus pada teknologi manufaktur keripik teknologi tercanggih, termasuk sistem litografi perendaman dan deposisi paling modern.

Mengingat peraturan ini, pengembang sistem fotolitografi Belanda, ASML, mengajukan permohonan izin ekspor kepada pemerintah Belanda untuk semua pengiriman sistem litografi DUV (ultraviolet dalam) sistem perendaman paling canggih (TWINSCAN NXT:2000i dan sistem perendaman berikutnya).

ASML juga menyatakan dalam pengumuman resmi bahwa penjualan sistem EUV (ultraviolet ekstrim) ASML telah dibatasi. ASML akan terus mematuhi peraturan ekspor yang berlaku, termasuk peraturan Belanda, UE, dan AS.

Itulah latar belakangnya keripik Kirin 9000 pada perangkat Huawei Mate 60 Pro kemudian diselidiki oleh AS, di samping banyak laporan lain tentang dampak eskalasi “perang teknologi” antara AS dan China yang sangat bermotif politik.

Kirin 9000an

Oleh karena itu, wajar jika Huawei berupaya mengurangi ketergantungannya terhadap suku cadang asal AS yang jelas-jelas dibatasi atau bahkan dilarang penggunaannya. Huawei kemudian berkembang keripik bersama dengan mitra lokalnya SMIC.

menjadi Kirin 9000an keripik Pertama kali di tengah upaya Huawei untuk lepas dari tekanan AS, dan tentu saja hal ini menarik perhatian besar banyak pihak di dunia internasional. Ini juga menjadi langkah besar kedua yang dilakukan Huawei, setelah sebelumnya Huawei memutuskan untuk tidak bergantung sepenuhnya pada Android melainkan mengembangkan sistem operasinya sendiri yang diberi nama Harmony.

keripik Kirin 9000s dikembangkan oleh Huawei bersama dengan SMIC menggunakan teknologi pemrosesan 7-nanometer (nm) yang canggih, kata TechInsights yang berkantor pusat di Ottawa, seperti dilansir Japan Times.

Temuan awal dan klaim pengguna tentang kinerja ponsel yang kuat menunjukkan bahwa Tiongkok mengalami kemajuan dalam pengembangan keripik Kelas atas, bahkan ketika Washington memperketat sanksi terhadap perusahaan-perusahaan Tiongkok.

Hal ini menunjukkan bahwa industri semikonduktor Tiongkok telah mencapai kemajuan teknis tanpa alat EUV. EUV mengacu pada litografi ultraviolet ekstrim dan digunakan untuk membuat keripik 7 nm atau lebih maju.

huawei mate 60 pro 2
Detail harga Huawei Mate 60 Pro terlihat pada layar ponsel yang dimaksud di Huawei Store di Shanghai, China pada 8 September 2023. (REUTERS/Lagu Aly)

keripik SMIC tercanggih yang pernah dibuat adalah 14nm, karena mereka dilarang oleh Washington untuk memperoleh mesin EUV dari perusahaan Belanda ASML pada akhir tahun 2020.

Namun, TechInsights mengatakan tahun lalu bahwa mereka yakin SMIC telah berhasil memproduksinya keripik 7nm dengan beralih ke mesin DUV yang lebih sederhana, yang masih dapat dibeli gratis dari ASML.

Itu sebabnya Huawei Mate 60 Pro masuk ke pasaran keripik Kirin 9000 memicu berbagai reaksi dan komentar dari berbagai pihak, khususnya di Amerika.

Huawei Mate 60 Pro dibekali layar OLED 6,8 inci 120Hz yang melengkung di bagian samping dan memiliki pemindai sidik jari optik di bagian bawah, sedangkan di bagian belakang kaca terdapat sistem kamera tiga lensa mencolok yang disusun melingkar dan lalu bingkai aluminium yang menampung tombol-tombol biasa dan port USB-C.

Ponsel ini dibekali RAM 12 GB dan baterai 5.000 mAh, sedangkan penyimpanan internalnya bisa mencapai 1 terabyte. Huawei Mate 60 Pro menjalankan sistem operasi HarmonyOS 4.0.

Wartawan: Suryanto
Redaktur : Siti Zulaikha
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *