Sabtu , Juli 13 2024
230810 waltine nauta mn 1010 f02f1e

Dakwaan terhadap terdakwa bersama Trump dalam kasus dokumen rahasia Florida ditunda

FORT PIERCE, Florida — Manajer real estat Mar-a-Lago, yang bergabung dengan Donald Trump dengan tuduhan baru atas penanganan dokumen rahasia pemerintah, sekali lagi terpaksa menunda dakwaannya di pengadilan Florida pada hari Kamis setelah gagal melakukannya untuk menemukan seorang pengacara lokal di waktu yang tepat.

Carlos De Oliveira, 56, dituduh berkonspirasi dengan Trump dan Walt Nauta, penasihat pribadi mantan presiden, untuk menggagalkan upaya penyelidik federal untuk mengambil file sensitif dari Trump setelah dia meninggalkan kantor. De Oliveira disebutkan sebagai rekan konspirator bersama Trump dan Nauta dalam dakwaan terbaru Penasihat Khusus Jack Smith bulan lalu.

Seorang pengacara Florida, Donnie Murrell, yang duduk di sebelah De Oliveira di ruang sidang, belum mengajukan pengaduan atas kasus tersebut. Dia memberi tahu Hakim Shaniek Mills Maynard, hakim yang mengawasi sidang hari Kamis, bahwa dia berharap dapat melakukannya besok sore setelah mengklarifikasi beberapa detail. Itu “hampir terselesaikan,” katanya.

Murrell meminta dakwaan terhadap De Oliveira pada 25 Agustus ketika sidang pendahuluan sudah dijadwalkan, tetapi Maynard menolak permintaan itu. Hakim setuju untuk mengesampingkan kehadiran De Oliveira pada sidang untuk menyampaikan pembelaannya pada Selasa pagi berikutnya.

Carlos De Oliveira, manajer properti perkebunan Mar-a-Lago mantan Presiden Donald Trump, tiba di gedung pengadilan pada hari Kamis.Eva Maire Uzcategui / AFP – Getty Images

De Oliveira tiba di gedung pengadilan sekitar pukul 09:45 ET Kamis. Nauta tiba secara terpisah.

Menurut surat dakwaan, De Oliveira mengatakan kepada seorang karyawan di klub Trump’s Palm Beach bahwa “bos” meminta penghapusan rekaman CCTV setelah penyelidik federal meminta rekaman tersebut dari pengacara mantan presiden. Dia juga dituduh membuat pernyataan palsu kepada pemerintah. Dia mengatakan dia “tidak pernah melihat apa-apa” ketika ditanya tentang keterlibatannya dalam pengiriman kotak file rahasia.

Ketika De Oliveira pertama kali muncul di hadapan hakim minggu lalu, dia tidak dapat membela kasusnya karena dia tidak dapat menemukan pengacara yang berbasis di Florida. Beberapa jam sebelum dakwaan barunya, masih belum diketahui apakah dia telah menyewa seorang pengacara lokal.

Trump mengaku tidak bersalah atas dakwaan baru dan menolak hadir untuk dakwaan dalam pengajuan pengadilan minggu lalu. Penyebab tindakan diajukan oleh seorang pengacara.

Melalui pengacaranya, Nauta mengaku tidak bersalah atas dakwaan yang diperbarui. Ketika ditanya apakah dia memahami tuduhan tersebut, penasihat Trump mengatakan dengan suara rendah bahwa dia mengerti. “Terima kasih, Yang Mulia,” jawab Nauta ketika hakim mengucapkan semoga hari Anda menyenangkan.

Sejak dakwaan awal diumumkan pada bulan Juni, pertanyaan tentang siapa yang harus mewakili Trump dan rekan terdakwanya telah menjadi sorotan, dengan prosedur rutin yang berlarut-larut di beberapa titik. Permohonan tidak bersalah Nauta ditunda dua kali karena dia tidak dapat menemukan pengacara di Florida.

Waltine Nauta, penasihat pribadi mantan Presiden Donald Trump, tiba di Gedung Pengadilan AS Alto Lee Adams Sr. 10 Agustus 2023 di Fort Pierce, Florida.
Walt Nauta, penasihat pribadi mantan Presiden Donald Trump, tiba di gedung pengadilan pada hari Kamis.Chandan Khanna / AFP – Getty Images

Mark Schnapp, seorang pengacara kriminal dan mantan jaksa federal untuk Distrik Selatan Florida, mengatakan De Oliveira harus memiliki seorang pengacara sambil menunggu sidang.

“Sejujurnya, tidak ada alasan dia tidak bisa menemukan pengacara,” kata Schnapp.

Pengacara mantan presiden juga mengutip risiko bahaya hukum lebih lanjut untuk mendorong tanggal persidangan nanti, dan Trump telah meminta agar kasus tersebut disidangkan setelah pemilu 2024 karena dia saat ini mencalonkan diri sebagai presiden.

Hakim juga dapat menangani masalah tentang penanganan informasi rahasia dan kemungkinan konflik kepentingan bagi pengacara yang terlibat dalam kasus tersebut pada sidang hari Kamis. Kelompok penggalangan dana politik Trump juga membayar pengacara untuk mewakili penasihat dan rekannya.

Dalam pengajuan pengadilan yang diajukan minggu ini, hakim federal dalam kasus tersebut menanggapi permintaan pemerintah untuk mendengar tentang masalah tersebut dengan meminta penasihat khusus jika jaksa terus menyelidiki mantan presiden di hadapan dewan juri lainnya.

Schnapp mengatakan permintaan pemerintah, yang berkaitan dengan dakwaan yang dikembangkan oleh dewan juri Washington, DC, “membuka pintu” untuk penyelidikan hakim dan menawarkan pembelaan kemungkinan kesempatan untuk menolak dakwaan penghalangan.

“Dalam situasi ekstrim, ini bisa menjadi dasar mosi untuk membatalkan dakwaan pengganti atau dakwaan baru,” kata Schnapp, mantan kepala kejahatan di Kantor Kejaksaan AS di Miami. Namun, dia mengatakan aplikasi itu tidak mungkin berhasil.

Check Also

og

Seattle harus membayar hampir $2 juta atas kematian seorang pria yang alamatnya salah dimasukkan dalam daftar hitam 911, sehingga menunda respons dokter

SEATTLE – Kota Seattle akan membayar $1,86 juta kepada keluarga seorang pria yang meninggal karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *