Sabtu , Mei 18 2024
230926 bob menendez ac 849p 032fb1

FBI sedang menyelidiki apakah intelijen Mesir berperan dalam kasus Menendez

FBI sedang menyelidiki apakah badan intelijen Mesir mungkin terlibat dalam dugaan skema suap yang dijelaskan dalam dakwaan terhadap Senator Bob Menendez dan istrinya, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada NBC News.

Investigasi kontra intelijen menambah kasus korupsi federal di mana Menendez, DN.J., dituduh menerima suap ratusan ribu dolar, kata sumber tersebut. Sebagai ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat, Menendez membantu mengawasi bantuan AS senilai miliaran dolar ke Mesir. Setelah tuduhan diajukan terhadapnya, dia mengundurkan diri sebagai ketua.

Penyelidik ingin mengetahui apakah pejabat intelijen Mesir atau rekan mereka mencoba mendapatkan akses ke Menendez melalui istrinya, Nadine, kata sumber tersebut.

Menurut tiga dakwaan yang diumumkan pekan lalu, Menendez menerima suap dalam jumlah besar untuk menggunakan posisi politiknya demi menguntungkan pemerintah Mesir dan memperkaya sekelompok pengusaha Mesir-Amerika yang disebut sebagai salah satu terdakwa.

Tiga pengusaha New Jersey yang disebutkan sebagai salah satu terdakwa, yang dituduh membayar suap senilai total “ratusan ribu dolar” dalam bentuk emas batangan untuk sebuah mobil Mercedes-Benz convertible senilai lebih dari $60.000, adalah Wael Hana, Jose Uribe dan Fred Daibes.

Uribe dan Daibes dijadwalkan akan didakwa pada hari Rabu bersama Menendez dan istrinya.

Hana didakwa di pengadilan federal di New York City pada hari Selasa dan mengaku tidak bersalah.

Pengacara Hana, Larry Lustberg, membantah bahwa Hana memiliki hubungan dengan intelijen Mesir. Dia mengatakan bahwa Hana dan Nadine Menendez telah berteman selama bertahun-tahun – dan persahabatan itu akan menjadi bagian dari pembelaan mereka terhadap tuduhan suap.

Masing-masing terdakwa didakwa melakukan persekongkolan untuk melakukan suap dan persekongkolan untuk melakukan penipuan pelayanan jujur. Menendez dan istrinya menghadapi dakwaan tambahan berupa persekongkolan untuk melakukan pemerasan berkedok hak resmi.

Pengacara Nadine Menendez menolak berkomentar ketika ditanya apakah dia mungkin telah dieksploitasi oleh pejabat intelijen Mesir. Kantor Senat Menendez tidak menanggapi permintaan komentar.

Frank Figliuzzi, analis keamanan NBC News dan mantan asisten direktur kontra intelijen di FBI, mengatakan jabatan Menendez sebagai ketua Komite Hubungan Luar Negeri menjadikannya “target bagi badan intelijen asing yang ingin dia mengambil keputusan yang menguntungkan mereka.” , termasuk keputusan pendanaan peralatan dan material militer.”

“Pertanyaannya di sini adalah apakah semua ini dimulai secara kronologis dengan pernikahan senator, dimana senator memerlukan penolakan yang kredibel atau menjauhkan diri dari transaksi apa pun yang mungkin terjadi dengan pejabat intelijen,” kata Figliuzzi. “Semua ini harus dilihat dari perspektif kontra intelijen.”

Menendez membantah semua tuduhan dan menolak seruan untuk mengundurkan diri.

Kedutaan Besar Mesir di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar pada Selasa malam.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *