Rabu , Juli 17 2024
220720 rudy giuliani al 1136 ee18f4

Giuliani terpaksa menyerah kepada pihak berwenang sebagai bagian dari penyelidikan pemilu Georgia

Rudy Giuliani, pengacara pribadi Donald Trump yang mendukung klaim palsu mantan presiden tersebut mengenai penipuan pemilih, mengatakan dia akan menyerahkan diri kepada pihak berwenang Georgia pada hari Rabu dan menghadapi tuduhan pemerasan karena ikut campur dalam pemilihan presiden negara bagian itu pada tahun 2020.

“Saya akan pergi ke Fulton County untuk mematuhi hukum, yang selalu saya lakukan,” katanya kepada wartawan sebelum berangkat ke Georgia. “Saya tidak tahu apakah saya akan mengajukan pembelaan hari ini, tetapi jika saya melakukannya, saya tidak mengaku bersalah.”

Giuliani dan Trump sama-sama menghadapi 13 dakwaan, lebih banyak dibandingkan 17 terdakwa lainnya dalam kasus tersebut.

Mantan Wali Kota New York itu tetap menyatakan dirinya tidak bersalah, dan mengklaim bahwa ia bersalah hanya karena ia bekerja keras demi kliennya.

“Saya tidak pernah berpikir saya akan didakwa sebagai pengacara,” kata Giuliani di acara radionya pekan lalu.

Trump telah mengumumkan dia akan menyerah pada hari Kamis di penjara Atlanta.

Giuliani diwakili oleh pengacara New York John Esposito, mantan asisten jaksa wilayah Manhattan.

Setibanya di sana, mereka akan pergi ke kantor pengacara setempat, di mana Giuliani akan tinggal, sementara pengacara pergi ke kantor Jaksa Wilayah Fani Willis untuk menegosiasikan jaminan dan menandatangani dokumen.

Setelah hakim menyetujui dokumen tersebut, Giuliani akan pergi ke Penjara Fulton County di mana sidik jarinya akan diambil dan difoto. Dakwaan terhadapnya diperkirakan akan dilakukan dalam satu atau dua minggu ke depan dan dapat dilakukan secara virtual.

“Aku sedang difoto, bukankah itu bagus? Sebuah foto untuk walikota yang mungkin memenjarakan penjahat terburuk abad ke-20,” keluh Giuliani kepada wartawan saat meninggalkan apartemennya.

Surat dakwaan Fulton County menuduh Giuliani berperan penting dalam konspirasi kriminal dan menekan pejabat pemilu di Arizona, Georgia dan Pennsylvania untuk menanggapi tuduhan penipuan pemilih, yang berulang kali diberitahukan kepadanya bahwa itu salah. Giuliani juga dituduh membuat klaim palsu bahwa mesin pemungutan suara telah dirusak dan membuat klaim palsu dalam pernyataan tertulis.

Dakwaan tersebut juga menyoroti klaim palsu yang dibuat Giuliani tentang pekerja kampanye Georgia Ruby Freeman, yang menerima ancaman pembunuhan dan pelecehan atas tuduhan palsu tersebut.

Tuduhan utama terhadap Giuliani – pemerasan – mirip dengan undang-undang federal yang ia gunakan dengan sukses sebagai Jaksa AS untuk Distrik Selatan New York.

Giuliani memperkirakan pada hari Rabu bahwa dia akan direhabilitasi. “Ternyata seperti hal lainnya, ini adalah kebohongan dan kebohongan belaka,” katanya.

Giuliani tampaknya menjadi salah satu dari enam rekan konspirator dalam kasus pidana federal Penasihat Khusus Jack Smith terhadap Trump. Dalam dakwaannya dalam kasus ini, Trump mengaku tidak bersalah. Giuliani, yang belum didakwa, membantah melakukan kesalahan.

Check Also

og

Seattle harus membayar hampir $2 juta atas kematian seorang pria yang alamatnya salah dimasukkan dalam daftar hitam 911, sehingga menunda respons dokter

SEATTLE – Kota Seattle akan membayar $1,86 juta kepada keluarga seorang pria yang meninggal karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *