Sabtu , Mei 18 2024
231001 laphonza butler rd 1119p 6a6dc4

Gubernur Gavin Newsom memilih Laphonza Butler untuk mengisi kursi Senat Dianne Feinstein

Gubernur California Gavin Newsom telah memilih Laphonza Butler, presiden EMILY’s List, untuk mengisi kursi mendiang Senator Demokrat Dianne Feinstein, kantor gubernur mengonfirmasi kepada NBC News.

Dia akan menjadi perempuan kulit hitam ketiga yang pernah bertugas di Senat dan orang LGBTQ pertama yang mewakili California di Senat. Politico pertama kali melaporkan pilihan Butler oleh Newsom.

Feinstein, perempuan yang paling lama menjabat di Senat, meninggal dunia Kamis di usia 90 tahun.

Di California, gubernur mempunyai wewenang untuk menunjuk seorang senator untuk menjabat hingga pemilihan umum reguler di seluruh negara bagian berikutnya. Itu berarti Butler akan tetap menjabat sampai pemilih senator berikutnya yang akan memilih pada pemilu November 2024 dilantik.

Butler telah memimpin EMILY’s List, yang berupaya memilih perempuan Demokrat, sejak tahun 2021, ketika ia menjadi perempuan kulit hitam pertama yang memimpin organisasi tersebut. Pada hari Jumat, dia memposting penghormatan kepada Feinstein di media sosial, menyebutnya “seorang raksasa di Senat“dan “seorang tokoh legendaris perempuan dalam politik dan di seluruh negeri.”

Karir profesional Butler dimulai di California, di mana dia memimpin SEIU Local 2015, serikat pekerja terbesar di negara bagian tersebut. Dia juga merupakan sekutu lama Wakil Presiden Kamala Harris, anggota Dewan Bupati Universitas California dan direktur kebijakan publik dan kampanye di Amerika Utara di Airbnb.

Butler saat ini tinggal di Maryland tetapi, menurut kantor gubernur, dia memiliki rumah di California dan akan mengubah pendaftaran pemilihnya.

Newsom, seorang Demokrat, telah memberikan petunjuk penting dalam beberapa bulan terakhir tentang bagaimana ia akan memilih pengganti Feinstein jika kursinya kosong.

Dia mengatakan dia akan menunjuk seorang perempuan kulit hitam jika salah satu kursi Senat California kosong. Bulan lalu, dia juga mengatakan di acara “Meet the Press” NBC News bahwa meskipun dia “tidak ingin membuat janji lagi”, dia tahu itu adalah “tanggung jawabnya”.

Newsom juga mengatakan pilihannya sama dengan penunjukan “sementara” dan dia tidak akan menunjuk kandidat mana pun yang mencalonkan diri untuk menggantikan Feinstein pada tahun 2024. Ini termasuk Perwakilan Barbara Lee, Adam Schiff dan Katie Porter.

Memilih salah satu dari mereka, kata Newsom, “akan sangat tidak adil” bagi para kandidat “yang telah berupaya keras dalam kampanye mereka.”

Namun, Butler tidak memiliki batasan pada rencananya dan dapat mencalonkan diri jika dia mau. Juru bicara EMILY’s List tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Belum jelas kapan dia akan dilantik; Hal paling awal yang bisa terjadi adalah Selasa sore, ketika Senat kembali bersidang.

Kaukus Hitam Kongres punya mendesak Newsom mencalonkan Lee, dengan mengatakan bahwa dia adalah “satu-satunya orang yang memiliki keberanian, visi dan rekam jejak untuk memberantas kemiskinan, menghadapi industri bahan bakar fosil, membela demokrasi kita dan tanpa lelah memajukan agenda progresif.”

Newsom sebelumnya telah menunjuk Menteri Luar Negeri California Alex Padilla ke kursi Senat yang kosong karena terpilihnya Harris sebagai wakil presiden; Penunjukan terakhir ini berarti dia telah memilih kedua senator negara bagian tersebut.

Selain Harris dan sekarang Butler, satu-satunya senator kulit hitam lainnya adalah Carol Moseley Braun dari Illinois.

Para pemilih di negara bagian itu akan pergi ke tempat pemungutan suara pada pemilihan pendahuluan Senat pada 5 Maret. California menggunakan pemilihan pendahuluan menyeluruh, yang berarti semua kandidat dari semua partai muncul dalam surat suara pendahuluan yang sama, dengan dua peraih suara teratas maju ke pemilihan umum bulan November, apa pun partai politiknya.

Feinstein, anggota tertua Senat serta senator terlama dan senator terlama di California, mengumumkan pada bulan Februari bahwa ia berencana untuk pensiun pada akhir masa jabatannya pada tahun 2024.

Namun, dia berulang kali diminta mengundurkan diri karena kekhawatiran akan kesehatannya. Setelah Feinstein melewatkan pemungutan suara pada bulan Februari, juru bicaranya mengatakan beberapa hari kemudian bahwa “senator berada di California minggu ini untuk menangani masalah kesehatan” dan “berharap untuk segera kembali ke Washington.”

Feinstein juga mendapat tekanan dalam beberapa tahun terakhir untuk mundur guna memberi ruang bagi anggota parlemen yang lebih muda. Pada bulan April 2022, dia menolak laporan berita di San Francisco Chronicle, dengan menyatakan bahwa beberapa rekannya yang tidak disebutkan namanya telah menyatakan kekhawatiran bahwa dia tidak sehat secara mental untuk bertugas. “Saya tetap berkomitmen untuk melakukan apa yang saya janjikan ketika saya terpilih kembali pada tahun 2018: berjuang untuk warga California,” katanya saat itu.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *