Sabtu , Mei 18 2024
231002 nobel medicine mb 1101 b6175b

Hadiah Nobel Kedokteran diberikan kepada para ilmuwan yang karyanya memungkinkan pengembangan vaksin Covid mRNA

Duo Hungaria dan Amerika memenangkan Hadiah Nobel dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran pada hari Senin atas penemuan yang memungkinkan pengembangan vaksin mRNA untuk melawan Covid-19 yang menyelamatkan jutaan nyawa selama pandemi.

Katalin Karikó dan Drew Weissman membuat “penemuan mendasar” dalam pengembangan vaksin, kata Rickard Sandberg, profesor di Institut Karolinska di Swedia.

Karikó lahir di Hongaria dan pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1980-an untuk bekerja dan menekuni ilmu pengetahuan. Namun dia merasa kesulitan mendapatkan beasiswa di University of Pennsylvania dan sumber dayanya cepat habis, kata institut tersebut.

Di sana dia bertemu Weissman dari Massachusetts dan bekerja dengannya dalam pembuatan vaksin yang dapat mengatasi pertahanan tubuh sekaligus memicu respons sistem kekebalan yang akan menghasilkan antibodi yang cukup untuk melawan penyakit tersebut.

Namun pekerjaan mereka sebagian besar tidak diperhatikan selama beberapa dekade.

“Mereka sebenarnya tidak peduli. Dan baru sekitar tahun 2008 dan 2009 orang-orang mulai melihat potensi tersebut,” kata Weissman kepada NBC News pada tahun 2021.

Ketika ditanya tentang kemungkinan Hadiah Nobel, Karikó, yang sekarang menjadi profesor di Universitas Sagan di Hongaria dan profesor di Universitas Pennsylvania, mengatakan kepada NBC News pada tahun 2021: “Saya selalu fokus pada pekerjaan dan hanya itu, yang menggairahkan Saya.”

Kedua ilmuwan tersebut “kewalahan,” kata Thomas Perlmann, sekretaris Majelis Nobel, ketika dia memberi tahu mereka tentang berita tersebut sebelum pengumuman tersebut.

Hadiah tersebut merupakan salah satu yang paling bergengsi di dunia ilmiah dan diberikan oleh Majelis Nobel Institut Karolinska Swedia.

Ada juga hadiah uang sebesar 11 juta kroner Swedia (sekitar $1 juta).

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *