Rabu , April 24 2024
230926 donald trump mjf 1602 243ce4

Hakim New York memutuskan Trump melakukan penipuan dan berbohong tentang kekayaannya selama bertahun-tahun

Seorang hakim di New York pada hari Selasa memutuskan dalam gugatan jaksa agung senilai $250 juta terhadap Donald Trump dan perusahaannya bahwa mantan presiden tersebut melakukan penipuan berulang kali selama bertahun-tahun.

Menurut keputusan tersebut, yang memungkinkan persidangan perdata dimulai minggu depan, Trump berbohong kepada bank dan perusahaan asuransi dengan melebih-lebihkan dan meremehkan aset-asetnya ketika hal itu menguntungkannya, sekaligus melebih-lebihkan kekayaan bersihnya hingga miliaran dolar.

Dalam putusan setebal 35 halaman, Hakim Arthur Engoron mengatakan Trump secara konsisten berbohong atas laporan keuangannya untuk mendapatkan persyaratan pinjaman yang lebih baik dan premi asuransi yang lebih rendah. Argumen hukum Trump yang membela pernyataan tersebut didasarkan pada “dunia fantasi, bukan dunia nyata,” tulis Engoron.

Hakim melanjutkan bahwa kasus tersebut pada dasarnya adalah sebuah “kasus dokumen” dan “dokumen-dokumen di sini jelas berisi penilaian palsu yang digunakan oleh para terdakwa secara komersial untuk memenuhi (tugas Jaksa Agung) untuk menghindari tanggung jawab hukum.” untuk menetapkan terdakwa.” Jawaban para terdakwa : “Dokumen-dokumen tersebut tidak mencerminkan apa yang tertulis; tidak ada nilai obyektif; dan pada dasarnya pengadilan tidak boleh mempercayai pandangannya sendiri.”

“Pembelaan yang ingin diartikulasikan oleh Donald Trump dalam kesaksian tersumpahnya tidak memiliki dasar hukum atau faktual,” tambah Engoron.

Pada satu titik, hakim menunjukkan bahwa Trump telah membesar-besarkan ukuran apartemennya di New York untuk menaikkan nilainya, berulang kali mengklaim bahwa tingginya lebih dari 30.000 kaki meskipun ukurannya hanya sepertiga dari ukuran tersebut.

“Perbedaan sebesar ini, ketika pengembang real estate telah menilai tempat tinggalnya sendiri selama beberapa dekade, hanya dapat dipandang sebagai penipuan,” tulis Engoron.

Hakim memutuskan Trump, putranya Don Jr. dan Eric serta perusahaan mereka bertanggung jawab atas penipuan.

Dia juga menolak usulan Trump untuk mengambil keputusan ringkasan, dengan alasan bahwa gugatan Jaksa Agung New York Letitia James harus dibatalkan. Engoron mendenda pengacara Trump masing-masing sebesar $7.500 karena membuat argumen hukum yang telah ditolak dua kali.

Hakim juga memerintahkan agar permasalahan yang belum terselesaikan dalam kasus ini diselesaikan di pengadilan.

Pengacara utama Trump dalam kasus ini, Christopher Kise, menyebut keputusan tersebut “keterlaluan” dan “sama sekali tidak sesuai dengan fakta dan hukum yang berlaku.”

Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa hakim “mengabaikan posisi mereka yang sebenarnya terlibat dalam transaksi pinjaman dan bersaksi bahwa tidak ada yang menyesatkan, tidak ada penipuan dan semua transaksi tersebut sangat menguntungkan.”

“Meskipun dampak penuh dari keputusan tersebut masih belum jelas, jelas bahwa Presiden Trump dan keluarganya akan melakukan semua upaya banding yang ada untuk memperbaiki kesalahan keadilan ini,” kata Kise.

Pengacara Trump lainnya, Alina Habba fokus pada pengamatan Engoron bahwa klub Trump di Florida, Mar-a-Lago, terlalu dilebih-lebihkan.

Hakim mencatat bahwa penilai Palm Beach County memperkirakan nilai pasar Mar-a-Lago antara $18 juta dan $27,6 juta selama 2011-2021. Laporan keuangan Trump kini menyebutkan nilai klub tersebut hampir $427 juta hingga $612 juta.

Dia mengatakan temuan hakim, termasuk “bahwa Mar-a-Lago bernilai sekitar $20 juta,” merupakan “penghinaan terhadap sistem hukum kita.”

NBC telah menghubungi kantor James untuk mengomentari keputusan Engoron.

Trump membantah melakukan kesalahan dan bersikeras bahwa gugatan itu adalah bagian dari “perburuan penyihir” terhadap dirinya. Dalam postingan media sosial pada hari Senin, dia menyebut Engoron sebagai “pembenci Trump yang bahkan melebihi AG James.”

Sidang dijadwalkan akan dimulai pada hari Senin. Karena ini adalah persidangan, maka perkara diputuskan sendiri oleh hakim dan tanpa juri.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *