Selasa , April 16 2024
230922 letitia james donald trump mn 0845 4e2681

Hakim sedang mendengarkan argumen tentang ruang lingkup proses gugatan perdata di New York terhadap Trump

Pengacara Donald Trump dan kantor Jaksa Agung New York Letitia James berdebat di hadapan hakim New York pada hari Jumat mengenai ruang lingkup persidangan yang akan datang dalam gugatan perdata negara bagian terhadap mantan presiden tersebut.

Sidang pendahuluan dimulai tak lama setelah pukul 10 pagi ET ketika Hakim Mahkamah Agung New York Arthur Engoron mengatakan dia akan mempertimbangkan mosi kedua belah pihak untuk mengambil keputusan ringkasan. Pengacara Trump telah meminta untuk mengabaikan ketujuh penyebab tindakan dalam gugatan Jaksa Agung New York, dan James mengklaim para terdakwa membuat argumen yang tidak penting, kata Engoron.

Pengacara Trump mengklaim bahwa James “tidak memiliki kedudukan yang sah” untuk menuntut, bahwa gugatan tersebut diajukan di luar undang-undang pembatasan dan bahwa kantor mereka “gagal menunjukkan kerugian teoritis terhadap siapa pun, publik atau swasta.”

Kasus James “diambil di luar konteks,” kata pengacara Trump Christopher Kise selama persidangan, menekankan bahwa para terdakwa tidak melakukan penipuan. Dia mengatakan argumen Jaksa Agung adalah: “Percayalah, ini penipuan.”

Kantor James telah meminta pengadilan untuk meminta pertanggungjawaban Trump dan bisnis keluarga mereka, Trump Organization, atas penipuan bahkan sebelum persidangan dijadwalkan dimulai pada 2 Oktober. ” kantornya menulis dalam sebuah file.

Kantor James sebelumnya mengatakan ada “banyak sekali bukti yang membuktikan tanpa keraguan” bahwa Trump dan putra-putranya yang lebih tua “berulang kali dan terus-menerus melakukan penipuan dengan membuat pernyataan kondisi keuangan yang salah dan menyesatkan” dalam transaksi bisnis dengan bank dan perusahaan asuransi. Oleh karena itu, negara bagian menuntut pengadilan meminta pertanggungjawaban Trump atas penipuan.

Inflasi aset Trump Organization “menakjubkan,” kata kantor kejaksaan agung dalam sidang.

Kise, sementara itu, berpendapat bahwa “penilaian sangat subjektif,” misalnya, “Saya mungkin berpikir rumah saya bernilai 5 juta, dan Anda mungkin berpikir nilainya 5 sen.” James “menggugat para terdakwa atas keberhasilan transaksi bisnis, ” dia menambahkan.

James menuduh Trump melebih-lebihkan kekayaannya dengan menilai properti dengan nilai yang “jauh melebihi penilaian profesional yang disadari dan diabaikan oleh stafnya.”

Kise mengklaim dalam sidang bahwa penyangkalan atas laporan keuangan Trump menunjukkan “tidak ada kemampuan atau kecenderungan” untuk menipu dan meskipun penilaian yang diperoleh Trump dapat diperdebatkan, namun penilaian tersebut tidak curang.

Pada hari Selasa, 26 September, hakim mengatakan dia akan mengeluarkan perintah atas dua ringkasan putusan – satu dari masing-masing pihak – dan permintaan sanksi dari jaksa agung. Dia mengatakan jika dia menyetujui ringkasan putusan bagi para terdakwa, tidak akan ada persidangan.

Dalam mosi James untuk melakukan penilaian ringkasan parsial, negara bagian menuduh Trump secara teratur melebih-lebihkan kekayaan bersih pribadinya kepada lembaga keuangan sebanyak $2,2 miliar per tahun.

Trump dan pengacaranya, yang membantah melakukan kesalahan, telah mencoba berkali-kali untuk mengabaikan kasus tersebut. Awal bulan ini, James meminta Mahkamah Agung negara bagian untuk mendenda Trump, putranya Eric dan Don Jr., orang lain yang terkait dengan bisnis keluarga, dan pengacara Trump dengan total $20.000.

James pertama kali mengajukan gugatan terhadap Trump pada September 2022, dengan tuduhan bahwa mantan presiden tersebut dan putra sulungnya mencoba meningkatkan kekayaan bersih pribadi Trump untuk mendapatkan kesepakatan pinjaman yang menguntungkan. James mengklaim ada lebih dari 200 kasus penipuan selama periode sepuluh tahun.

Jaksa Agung menuntut denda sekitar $250 juta, meminta agar keluarga Trump dilarang secara permanen menjabat sebagai direktur perusahaan-perusahaan di New York dan Trump dilarang melakukan transaksi real estate komersial di negara bagian tersebut selama lima tahun.

Secara terpisah, Trump diadili dalam empat kasus terpisah – satu di New York oleh jaksa wilayah Manhattan, dua oleh Departemen Kehakiman, dan satu kasus di Fulton County, Georgia.


Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *