Rabu , Juli 17 2024
230901 prescription pills mn 1245 5094ce

Hasil studi menunjukkan program apotek online dapat menghemat jutaan biaya obat resep bagi pasien

Pasien dapat menghemat jutaan dolar dengan membeli obat resep melalui program diskon apotek online dibandingkan melalui rencana asuransi tradisional, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Senin di jurnal Annals of Internal Medicine.

Apotek online seperti Mark Cuban Cost Plus Drug Co. semakin populer di AS karena mereka menawarkan obat generik yang sama dengan jaringan apotek ritel dan paket asuransi, namun seringkali dengan harga lebih rendah. Beberapa apotek online seperti Amazon Pharmacy dan GoodRx bahkan menawarkan kartu diskon resep yang menutupi sebagian atau hampir seluruh biaya saat membayar tunai.

Para peneliti di Fakultas Farmasi dan Ilmu Farmasi Universitas Toledo di Ohio meneliti 20 obat generik yang biasa diresepkan, termasuk statin, obat gagal jantung, dan antidepresan. Mereka kemudian membandingkan harga yang dibayar sendiri oleh masyarakat untuk obat-obatan ini pada tahun 2020 dengan harga yang diiklankan oleh program kartu apotek diskon dari Amazon dan GoodRx pada tahun itu.

Orang-orang yang memiliki asuransi kesehatan swasta dilibatkan dalam analisis ini dan mereka yang memiliki asuransi kesehatan masyarakat, seperti Medicare, serta mereka yang tidak memiliki asuransi.

Mereka menemukan bahwa setidaknya satu dari lima resep melalui program kartu diskon Amazon atau GoodRx lebih murah daripada yang sebenarnya dibayar pasien untuk obat tersebut.

Perkiraan potensi penghematannya signifikan: sekitar $969 juta untuk pengguna Amazon Pharmacy dan sekitar $1,83 miliar untuk pengguna GoodRx.

“Kesimpulan sebenarnya adalah bahwa program kartu diskon ini mungkin menjadi alat untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat Amerika,” kata penulis utama Pranav Patel, yang merupakan analis riset di Universitas Toledo pada saat penelitian dilakukan.

Temuan ini konsisten dengan penelitian sebelumnya, termasuk penelitian yang diterbitkan tahun lalu di Annals of Internal Medicine yang menemukan bahwa Medicare akan menghemat miliaran dolar dengan membeli obat generik dengan harga yang sama dengan yang dapat dihemat oleh Mark Cuban Cost Plus Drug Co.

Harga obat resep sangat mahal di AS: Menurut Rand Corp., sebuah wadah pemikir kebijakan publik, masyarakat AS membayar hingga 10 kali lebih banyak untuk obat resep dibandingkan di negara lain dengan ukuran dan kekayaan yang sama.

Undang-undang Pengurangan Inflasi, yang mulai berlaku tahun lalu, mencakup beberapa ketentuan yang bertujuan untuk mengurangi biaya obat resep untuk orang lanjut usia, termasuk mengizinkan Medicare untuk menegosiasikan harga secara langsung dengan perusahaan obat. Pekan lalu, Pusat Layanan Medicare dan Medicaid mengumumkan 10 obat resep pertama yang akan tunduk pada negosiasi harga Medicare berdasarkan undang-undang federal. Harga yang dinegosiasikan akan mulai berlaku pada tahun 2026.

Namun Patel mencatat bahwa program kartu diskon memiliki potensi kelemahan.

Beberapa program mungkin memerlukan biaya resep bulanan yang pada akhirnya sama dengan atau melebihi apa yang dapat dibayar oleh seseorang yang memiliki asuransi.

Hal ini juga dapat dikaitkan dengan “belanja apotek,” di mana pasien membeli obat yang berbeda dari apotek yang berbeda untuk mendapatkan harga terendah – sebuah taktik yang dapat meningkatkan risiko interaksi obat, kata Patel, karena apoteker berada di satu Apotek, dokter mungkin tidak mengetahui semua obat yang mungkin diminum pasien.

“Ini bisa menjadi skenario sen versus pound,” katanya.

Mike Koelzer, seorang apoteker di Grand Rapids, Michigan, mengatakan bahwa “nilai interaksi tatap muka dengan profesional kesehatan tidak boleh diremehkan.”

Namun, ia menunjukkan bahwa program rabat apotek online dapat menghasilkan penghematan biaya yang signifikan, terutama bagi individu yang tidak memiliki asuransi, karena perusahaan sering kali berhubungan langsung dengan produsen obat dan menyediakan obat dengan biaya yang mereka bayarkan, ditambah sedikit mark-up untuk penjualan pelanggan. .

Ini berbeda dengan paket asuransi, yang biasanya menetapkan harga tetap atau pembayaran bersama untuk suatu obat. (Misalnya, obat tertentu mungkin berharga $5, tetapi pembayaran yang ditetapkan mungkin $10.)

“Potensi keuntungan nyata dari platform ini adalah kemampuan mereka untuk menegosiasikan harga yang lebih baik,” kata Koelzer.

Studi ini juga menemukan bahwa pasien yang sering membayar sendiri biaya pengobatannya adalah orang-orang yang tidak memiliki asuransi atau memiliki asuransi namun belum mencapai pengurangan biaya rencana mereka. Ada kemungkinan, kata Patel, bahwa orang-orang ini telah membeli apa yang disebut dengan paket dengan potongan tinggi (high-deductible plan), yang biasanya menawarkan premi bulanan yang lebih rendah namun mengharuskan orang untuk membayar lebih banyak sebelum pertanggungan berlaku.

Larry Levitt, wakil presiden eksekutif kebijakan kesehatan KFF, mengatakan program rabat online ini dapat menawarkan “penawaran menarik” untuk obat generik bagi beberapa pasien, meskipun program tersebut mungkin tidak akan memberikan banyak manfaat bagi orang-orang dengan perlindungan asuransi yang baik.

Studi ini menemukan bahwa ketika asuransi menanggung sebagian atau seluruh biaya obat, pembayaran langsung sering kali sama atau lebih rendah dari harga yang diiklankan dalam program diskon apotek.

“Harga obat-obatan telah menjadi kotak hitam, dan faktor-faktor perancu ini telah memberikan sedikit pencerahan,” katanya. “Tetapi masih harus dilihat seberapa jauh mereka dapat melampaui apa yang diharapkan.”

Mengikuti KESEHATAN NBC Pada Twitter & Facebook.

Check Also

og

Seattle harus membayar hampir $2 juta atas kematian seorang pria yang alamatnya salah dimasukkan dalam daftar hitam 911, sehingga menunda respons dokter

SEATTLE – Kota Seattle akan membayar $1,86 juta kepada keluarga seorang pria yang meninggal karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *