apple iphone 12 new

iPhone 12 ditarik kembali dari Perancis karena memancarkan radiasi yang melebihi batas

Jika tidak, Apple harus menarik kembali ponsel tersebut

Jakarta (ANTARA) – Kantor Regulasi Spektrum Frekuensi Radio Prancis, ANFR, memerintahkan Apple untuk mengeluarkan iPhone 12 dari negaranya karena memancarkan gelombang elektromagnetik yang melebihi batas yang diperbolehkan.

Situs France24 melaporkan pada Selasa (9 Desember) waktu setempat bahwa ANFR telah memerintahkan Apple untuk menarik kembali iPhone 12 2021 mulai hari itu setelah diketahui model tersebut memancarkan gelombang elektromagnetik yang dapat diserap tubuh melebihi batas yang diperbolehkan.

“Mengingat ponsel tersebut telah terjual, Apple harus mengambil tindakan perbaikan dalam waktu singkat agar ponsel tersebut mematuhi persyaratan. Jika tidak, Apple harus menarik telepon tersebut,” kata ANFR.

Penelitian laboratorium ANFR menunjukkan tubuh menyerap gelombang elektromagnetik sebesar 5,74 watt per kilogram saat iPhone 12 dipegang atau dimasukkan ke dalam saku. Di Eropa terdapat standar serapan gelombang elektromagnetik sebesar 4,0 watt per kilogram.

Sementara berdasarkan uji ANFR, serapan radiasi elektromagnetik iPhone 12 pada jarak 5 sentimeter mencapai ambang batas 2,0 watt per kilogram.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan dalam situs resminya bahwa berdasarkan berbagai penelitian, ponsel tidak menimbulkan efek negatif apa pun terhadap kesehatan.

Seperti diberitakan Reuters, Apple menyatakan iPhone 12 telah mendapat sertifikasi dari berbagai badan internasional untuk memenuhi standar radiasi. Apple mengatakan telah memberikan ANFR serangkaian hasil uji laboratorium pihak ketiga internal dan independen untuk menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan tingkat penyerapan spesifik (SAR) dan standar global.

Raksasa teknologi asal Cupertino, AS, berkomitmen berkoordinasi dengan ANFR untuk menunjukkan kepatuhan.

Baca Juga: Pengguna bisa terus memakai masker untuk mengaktifkan Face ID di iPhone 12 dan 13

Baca juga: Apple Diam-diam Jual Aksesori Baterai Tambahan “MagSafe”.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Penerbit : Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *