Selasa , April 16 2024
230923 gaza protests ha c2df87

Israel menyerang Gaza setelah warga Palestina meluncurkan balon pembakar di jalur yang terkepung

Israel melakukan serangkaian serangan udara di Jalur Gaza pada Jumat malam setelah aktivis Palestina meluncurkan balon pembakar, ketika kekerasan di sepanjang perbatasan yang bergejolak meningkat dalam seminggu.

Meningkatnya ketegangan di sepanjang garis depan Israel dengan Gaza terjadi ketika pertempuran di Tepi Barat yang diduduki meningkat ke tingkat yang belum pernah terjadi dalam dua dekade terakhir. Dalam pertumpahan darah terbaru pada hari Jumat, tentara Israel membunuh seorang militan Palestina di Tepi Barat bagian utara.

Aktivis Palestina telah melakukan protes di dekat pagar yang memisahkan Gaza dan Israel selama seminggu. Protes tersebut berubah menjadi kekerasan, dengan para demonstran melemparkan bahan peledak ke arah pasukan Israel dan tentara membalas dengan gas air mata dan peluru tajam.

Untuk pertama kalinya dalam kerusuhan saat ini, demonstran Palestina melepaskan balon ke Israel pada hari Jumat, menghitamkan sebagian besar tanaman di sisi lain perbatasan. Otoritas kesehatan Palestina mengatakan 28 warga Palestina terluka akibat tembakan Israel selama protes di sepanjang penghalang. Hamas, kelompok militan Islam yang menguasai Gaza sejak 2007, mengatakan para pemuda mengorganisir protes tersebut sebagai tanggapan terhadap provokasi Israel.

Kerusuhan yang terjadi pekan lalu telah meningkatkan ketegangan dan mendorong Israel untuk melarang ribuan pekerja Palestina memasuki daerah kantong miskin tersebut.

Pengunjuk rasa Palestina berkumpul di luar pos militer dan pagar selama bentrokan dengan pasukan keamanan Israel pada hari Jumat.Adel Hana/AP

Warga Palestina di Gaza telah meluncurkan balon di masa lalu untuk memprotes blokade Israel-Mesir yang diberlakukan di wilayah tersebut sejak tahun 2007. Balon-balon tersebut telah menyebabkan kebakaran dan menghanguskan lahan pertanian Israel, sehingga mendorong Israel berulang kali menggunakan jet tempur untuk menyerang Hamas.

Serangan udara malam hari menghantam tiga pos militer Hamas, kata militer. Sejak Hamas mengambil alih wilayah tersebut, Israel dan Hamas telah berperang empat kali dan terlibat dalam banyak pertempuran kecil.

Pengunjuk rasa Palestina di pagar perbatasan mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka berdemonstrasi menentang kunjungan Yahudi baru-baru ini ke tempat suci yang disengketakan di Kota Tua Yerusalem. Orang-orang Yahudi memuja daerah puncak bukit sebagai Temple Mount, tempat kuil-kuil Yahudi menurut Alkitab berada. Saat ini situs Masjid Al-Aqsa terletak di sini.

Berdasarkan perjanjian yang sudah ada sejak lama, orang Yahudi diperbolehkan mengunjungi situs tersebut tetapi tidak diperbolehkan berdoa di sana. Namun meningkatnya jumlah kunjungan – bersamaan dengan pemandangan beberapa orang Yahudi yang berdoa dalam hati – telah menimbulkan ketakutan di kalangan warga Palestina bahwa Israel berencana untuk membagi atau mengambil alih situs tersebut. Israel mengatakan mereka berkomitmen terhadap status quo yang sudah lama ada.

west bank image jyg0zf

Pasukan Israel membunuh seorang militan Palestina di Tepi Barat utara pada Jumat pagi, menurut pihak berwenang Palestina. Kelompok militan Jihad Islam mengklaim pria tersebut adalah pejuangnya dan mengidentifikasinya sebagai Abdallah Abu Hasan yang berusia 18 tahun.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan Hasan ditembak di bagian perut oleh pasukan Israel pada Jumat pagi di sebuah desa Palestina di utara kota Jenin, Tepi Barat.

Menurut tentara Israel, penembakan itu terjadi saat penggerebekan malam hari di Kafr Dan, sebuah kota dekat kubu militan Jenin. Warga Palestina disebut-sebut menembaki tentara dan melemparkan bahan peledak. Tentara membalas dan memukul Hasan.

Operasi tersebut merupakan yang terbaru dari serangkaian serangan lanjutan yang dilakukan Israel di wilayah Palestina di Tepi Barat. Israel mengklaim serangan semacam itu bisa menghilangkan militansi dan menggagalkan serangan di masa depan.

Namun warga Palestina mengatakan penggerebekan itu memperkuat pendudukan Israel di Tepi Barat selama 56 tahun. Bahkan dengan tindakan keras yang meningkat selama satu setengah tahun terakhir, tidak ada tanda-tanda bahwa pertempuran akan melambat.

Sekitar 190 warga Palestina telah terbunuh di Tepi Barat sejak awal tahun ini, menurut penghitungan The Associated Press. Israel mengatakan sebagian besar korban tewas adalah militan, namun pemuda yang memprotes penggerebekan tersebut dan orang lain yang tidak terlibat dalam bentrokan juga tewas.

Setidaknya 31 orang telah tewas dalam serangan Palestina terhadap Israel sejak awal tahun 2023.

Israel merebut Tepi Barat, Yerusalem Timur dan Jalur Gaza dalam perang Timur Tengah tahun 1967. Orang-orang Palestina mencari daerah-daerah ini untuk dijadikan negara merdeka yang mereka harapkan.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *