Sabtu , Juli 13 2024
230811 hunter biden ONE TIME USE mn 1245 1ac033

Jaksa Agung Garland menunjuk penasihat khusus untuk penyelidikan Hunter Biden

WASHINGTON — Jaksa Penuntut Umum AS David Weiss telah ditunjuk sebagai penasihat khusus dalam penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap putra presiden Hunter Biden, Jaksa Agung Merrick Garland mengumumkan pada hari Jumat.

Weiss akan bertanggung jawab atas “penyelidikan yang sedang berlangsung” terhadap putra Presiden Joe Biden “serta masalah lain yang muncul atau mungkin timbul dari penyelidikan itu,” kata Departemen Kehakiman dalam sebuah pernyataan. Weiss, yang sudah mengawasi jaksa agung Hunter Biden, mengatakan dia meminta penunjukan penasihat khusus pada hari Selasa dan Garland setuju itu “untuk kepentingan umum.”

Langkah tersebut diumumkan tepat sebelum jaksa dari tim Weiss mengumumkan di pengadilan bahwa tuduhan pajak dan senjata terhadap putra presiden telah runtuh dan kasus tersebut kemungkinan besar harus dibawa ke California atau Washington, DC.

Ikuti pembaruan langsung tentang penunjukan penasihat khusus dalam kasus Hunter Biden

DOJ mencatat bahwa Weiss dinominasikan oleh Presiden Donald Trump pada 2017 dan dikonfirmasi oleh Senat yang dikendalikan Republik pada 2018.

Garland mengatakan penunjukan itu “menegaskan kembali kepada rakyat Amerika komitmen Departemen untuk independensi dan akuntabilitas dalam hal-hal yang sangat sensitif.”

Dalam sebuah pernyataan, pengacara Hunter Biden, Chris Clark mengatakan, “Baik di Delaware, Washington, DC atau di tempat lain, kami mengharapkan penyelesaian yang adil atas nama klien kami.”

Dia mengatakan bahwa Weiss “telah menyelidiki klien saya dengan rajin selama lima tahun terakhir dan telah mengusulkan solusi yang ingin kami kejar di pengadilan. Sulit untuk memahami mengapa dia mengusulkan solusi seperti itu jika ada pelanggaran lain yang dapat dia terapkan dengan sukses. Kami yakin setelah semua manuver ini selesai, klien saya akan menemukan solusi dan melanjutkan sukses dengan hidupnya.”

Hunter Biden setuju untuk mengaku bersalah atas pelanggaran ringan terkait dengan tidak dibayarnya pajak penghasilan awal tahun ini. Tapi saat kami menunggu di pengadilan bulan lalu untuk mengajukan pembelaan, penyelesaian itu gagal karena kurangnya kejelasan atas tuduhan kepemilikan senjata yang terpisah.

Hakim meminta para pihak untuk menyelesaikan penyelesaian dan kembali lagi nanti, mengizinkan Hunter Biden untuk mengajukan pembelaan tidak bersalah selama proses pengadilan.

Pengacara Hunter Biden juga mengindikasikan bahwa mereka yakin penyelesaian itu akan menyelesaikan semua masalah yang dihadapi putra presiden, tetapi jaksa penuntut mengatakan penyelidikan lain sedang berlangsung.

“Setelah sidang, para pihak melanjutkan negosiasi tetapi menemui jalan buntu. Oleh karena itu, persidangan sesuai, ”kata jaksa penuntut dalam pengajuan hari Jumat mereka.

Dua sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada NBC News bahwa Gedung Putih tidak menerima pemberitahuan sebelumnya tentang penunjukan penasihat khusus.

FOTO: Hunter Biden, putra Presiden Joe Biden, keluar dari Gedung Pengadilan Distrik AS di Wilmington, Del., Rabu, 26 Juli 2023. (Kenny Holston/The New York Times)
Hunter Biden keluar dari gedung pengadilan di Wilmington, Delaware, pada 26 Juli.Kenny Holston/The New York Times/Redux

Dokumen perjanjian penyelesaian yang gagal dirilis minggu lalu.

Gedung Putih menolak berkomentar, mengarahkan wartawan ke Departemen Kehakiman dan pengacara Hunter Biden.

Rep. James Comer, R-Ky., ketua Komite Pengawas DPR yang menyelidiki urusan bisnis keluarga Biden, menyebut penunjukan Weiss sebagai “bagian dari upaya Departemen Kehakiman untuk mencoba menutup-nutupi keluarga Biden.”

“Departemen Kehakiman Biden berusaha untuk memblokir pengawasan kongres saat kami memberikan bukti korupsi keluarga Biden kepada rakyat Amerika,” kata Comer.

Perwakilan Jim Jordan, R-Ohio, ketua Komite Kehakiman DPR, juga menentang penunjukan tersebut, meski sebelumnya meminta penasihat khusus.

“David Weiss tidak bisa dipercaya dan ini hanyalah cara lain untuk menutupi korupsi keluarga Biden. “Weiss telah menandatangani kesepakatan pembelaan sayang yang sangat mengerikan dan tidak adil sehingga hakim federal menolaknya,” kata perwakilannya Russell Dye.

Garland telah menunjuk dua penasihat khusus lainnya sejak mengambil alih Departemen Kehakiman pada 2021.

Pada November 2022, Garland menunjuk Jack Smith sebagai penasihat khusus untuk melakukan dua penyelidikan terhadap mantan Presiden Donald Trump: perannya dalam upaya membatalkan pemilu 2020 dan penanganannya terhadap dokumen rahasia setelah dia meninggalkan jabatannya.

Smith telah mengamankan dua dakwaan terhadap Trump, yang pertama di pengadilan Florida yang menuduhnya menyalahgunakan rahasia nasional dan yang kedua awal bulan ini di pengadilan Washington, DC menuduhnya menipu AS untuk mencegah pengalihan kekuasaan.

Pada bulan Januari, Garland menyewa Robert Hur untuk menyelidiki dokumen rahasia yang ditemukan di kantor dan kediaman Presiden Biden. Dokumen-dokumen itu berasal dari masanya sebagai Wakil Presiden.

NBC News melaporkan Jumat pagi bahwa pengacara presiden dan Hur telah menegosiasikan persyaratan wawancaranya selama sekitar satu bulan.

Ini adalah kisah yang berkembang. Silakan periksa lagi untuk pembaruan.

Check Also

og

Seattle harus membayar hampir $2 juta atas kematian seorang pria yang alamatnya salah dimasukkan dalam daftar hitam 911, sehingga menunda respons dokter

SEATTLE – Kota Seattle akan membayar $1,86 juta kepada keluarga seorang pria yang meninggal karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *