230912 New Mexico AG Raul Torrez gov Michelle Lujan 2x1 ac 1057p 6563dd

Jaksa Agung New Mexico mengatakan dia tidak akan membela larangan kepemilikan senjata oleh gubernur di pengadilan

Dalam upaya terbaru melawan larangan kepemilikan senjata oleh Gubernur New Mexico Michelle Lujan Grisham, jaksa agung mengatakan dia tidak akan membela pemerintahan gubernur terhadap tuntutan hukum yang menentang pembatasan senjata api secara tiba-tiba.

Jaksa Agung Raúl Torrez mengatakan kepada Lujan Grisham, rekannya dari Partai Demokrat, dalam sebuah surat pada hari Selasa bahwa ia menentang larangan 30 hari terhadap hak untuk membawa senjata api terbuka atau tersembunyi di dalam dan sekitar Albuquerque, kota terbesar di negara bagian tersebut.

“Sederhananya, saya tidak yakin perintah darurat ini akan berdampak signifikan terhadap keselamatan publik, namun yang lebih penting, saya tidak yakin hal itu memenuhi persyaratan konstitusi,” tulisnya.

Lujan Grisham mengeluarkan perintah kesehatan masyarakat yang melarang membawa senjata api secara terbuka dan membawa senjata api secara tersembunyi di ruang publik di Albuquerque dan Bernalillo County selama 30 hari, dengan alasan “kekerasan senjata dan penggunaan narkoba sebagai kondisi yang mengkhawatirkan kesehatan masyarakat.”

Menurut laporan tahun 2021 oleh kelompok advokasi Everytown for Gun Safety, New Mexico memiliki tingkat kematian akibat senjata api tertinggi ketujuh di negara tersebut, dengan rata-rata 415 kematian akibat senjata api per tahun.

Jaksa Agung New Mexico Raúl Torrez dan Gubernur Michelle Lujan Grisham.AP

Sejak pengumuman Lujan Grisham, para pendukung hak senjata, termasuk Asosiasi Nasional untuk Hak Senjata, telah menggugat gubernur. Anggota parlemen dari kedua belah pihak juga mengkritik perintah tersebut dan mempertanyakan konstitusionalitasnya.

Torrez mengatakan dalam suratnya bahwa perintah tersebut bertentangan dengan konstitusi federal dan negara bagian dan bahwa data tersebut tidak mendukung anggapan bahwa hak warga negara yang taat hukum untuk memiliki senjata api adalah penyebab kekerasan senjata.

“Mengingat hanya pemilik senjata yang bertanggung jawab yang cenderung mengikuti atau bahkan mengakui larangan Anda, tidak jelas bagaimana tindakan ini akan mengarah pada penurunan kekerasan bersenjata di komunitas kita,” tulisnya, mendesak Lujan Grisham untuk mempertimbangkan kembali perintahnya.

Ketika dimintai komentar, kantor Lujan Grisham mengatakan New Mexico membutuhkan pemimpin untuk mengatasi kekerasan senjata.

“Gubernur sedang mencari pemimpin negara bagian yang akan mengambil langkah berani untuk melindungi warga New Mexico dari momok kekerasan senjata,” kata sekretaris pers Caroline Sweeney dalam sebuah pernyataan. “Kami mengundang Jaksa Agung untuk memusatkan perhatiannya pada upaya ini.”

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *