Rabu , April 24 2024
230929 jack smith ac 1114p aa5e67

Jaksa mengutip komentar lain dari Trump untuk mendorong kembali perintah diam

Tim penasihat khusus Jack Smith berpendapat dalam pengajuan pengadilan pada hari Jumat bahwa komentar Donald Trump baru-baru ini tentang Ketua Kepala Staf Gabungan saat ini Mark Milley dan pejabat lainnya memperkuat argumennya bahwa komentar mantan presiden yang terbatas tentang pemilihan federal seharusnya menjadi kasus campur tangan.

Trump mengobarkan “kampanye berkelanjutan berupa pernyataan publik yang merugikan terhadap para saksi, pengadilan, distrik, dan jaksa penuntut,” demikian isi dokumen setebal 22 halaman itu.

Pengajuan tersebut menyoroti komentar Trump selama wawancara bulan ini dengan program NBC News “Meet the Press,” di mana jaksa mengatakan dia membuat “pernyataan buruk” tentang Menteri Luar Negeri Georgia Brad Raffensperger dan mantan Jaksa Agung AS Bill Barr, keduanya diidentifikasi. sebagai saksi dalam penuntutan Trump.

Pengajuan tersebut juga merujuk pada beberapa postingan yang muncul di akun Truth Social Trump bulan ini, termasuk postingan minggu lalu yang menargetkan Milley dan menyatakan bahwa jenderal tersebut akan dieksekusi “di masa lalu” karena sesuatu yang digambarkan Trump sebagai “pengkhianatan”. Perilaku setelah pemilu tahun 2020 ketika Trump berusaha untuk tetap berkuasa.

Pengajuan pada hari Jumat ini dilakukan setelah kantor Smith bulan ini meminta Hakim Distrik AS Tanya Chutkan, yang memimpin kasus tersebut, untuk memberikan perintah sempit yang akan melarang Trump membuat pernyataan tertentu di luar pengadilan tentang kasus tersebut untuk membuat pernyataan publik. siapa yang melakukan hal tersebut kemungkinan besar akan mempengaruhi hasil persidangan atau mempengaruhi pemilihan juri.

Jaksa mengatakan komentar Trump baru-baru ini hanya memperkuat perlunya perintah diam yang ditargetkan.

“Perlunya usulan perintah ini lebih lanjut ditunjukkan dengan peninjauan kembali pernyataan-pernyataan buruk terdakwa dalam beberapa minggu sejak pemerintah pertama kali mengajukan mosinya pada tanggal 5 September,” tulis mereka.

Sebelumnya pada hari Jumat, Chutkan menjadwalkan sidang pada 16 Oktober untuk membahas kemungkinan perintah diam.

Dalam pengajuannya, kantor penasihat khusus juga mengutip postingan media sosial yang meragukan keadilan Chutkan dan jaksa, serta postingan yang menargetkan mantan Wakil Presiden Mike Pence, saksi lain yang disebutkan dalam dakwaan.

“Terdakwa secara terbuka merendahkan para saksi dan dengan sengaja berbicara tentang topik spesifik dari kemungkinan kesaksian mereka di pengadilan,” tulis mereka. “Berdasarkan pernyataan terdakwa, calon juri mungkin mempunyai pandangan yang tidak akurat tentang reputasi berbagai saksi, kredibilitas mereka, atau kesaksian mereka di persidangan. Pengadilan dapat dan harus mencegah penyebaran informasi yang tidak patut mengenai fakta-fakta kasus ini.”

Juru bicara Trump tidak segera menanggapi permintaan komentar pada Jumat malam, namun pengacaranya mengatakan dalam pengajuan pengadilan bulan ini bahwa jaksa berusaha untuk “membungkam” mantan presiden tersebut dan mencabut haknya dengan permintaan komentar awal mereka. menolak perintah pembungkaman berdasarkan Amandemen Pertama.

Trump sendiri berargumentasi bahwa upaya untuk membatasi apa yang dapat ia bagikan secara publik didasarkan pada keinginan Presiden Joe Biden untuk mencabut hak Amandemen Pertama darinya “jadi saya tidak dapat berbicara.”

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *