Minggu , Juni 16 2024
230804 ukraine sea drone mb 1012 6ef35d

Kapal perang Rusia tampak rusak dalam serangan drone laut Ukraina

Rusia mengumumkan pada hari Jumat bahwa Ukraina telah menyerang salah satu pangkalan angkatan laut utamanya dengan drone laut.

Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim telah menggagalkan serangan malam di pelabuhan Laut Hitam Novorossiysk, tetapi nasib salah satu kapal perangnya diragukan karena tampaknya telah rusak dalam insiden tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Jumat pagi, Kementerian Pertahanan mengatakan pangkalan angkatan laut di Rusia selatan diserang oleh dua drone laut tak berawak semalam. Drone dihancurkan oleh kapal yang menjaga pangkalan angkatan laut, kata kementerian itu.

Tidak disebutkan tentang kerusakan atau korban jiwa akibat insiden tersebut, yang dipersalahkan pada Angkatan Bersenjata Ukraina.

Kiev, yang biasanya menahan diri untuk mengomentari serangan di tanah Rusia, tidak langsung mengaku bertanggung jawab. Biasanya, Moskow langsung menyalahkan Ukraina atas insiden semacam itu tanpa memberikan bukti apa pun.

Tetapi berita tentang serangan itu, upaya terbaru Ukraina untuk menyerang sasaran strategis di dalam Rusia, telah menyebar luas di media sosial Ukraina.

Video yang beredar online menunjukkan sebuah kapal yang menyerupai kapal perang Olenegorsky Gornyak menabrak sisinya dan ditarik kembali ke pelabuhan, yang menurut pemerintah Rusia telah diserang. Dengan menggunakan citra satelit dan data pelacakan kapal, NBC News dapat memastikan bahwa video tersebut diambil di Novorossiysk dan menunjukkan kelas kapal perang yang sama dengan Olenegorsky Gornyak.

Rekaman dugaan drone laut Ukraina menyerang kapal Rusia di pelabuhan Novorossiysk pada hari Jumat.Video diterima dari NBC News

Kota pelabuhan Novorossiysk terletak di Laut Hitam di wilayah Rusia Krasnodar, di sekitar Krimea yang diduduki Rusia.

Situs web Kementerian Pertahanan mengatakan pangkalan angkatan laut di sana adalah bagian dari Armada Laut Hitam Rusia. Didirikan pada tahun 1994, kata kementerian itu, itu berfungsi sebagai salah satu penjaga perbatasan utama Ukraina dan pos transportasi militer sebelum perang.

Gubernur Wilayah Krasnodar Veniamin Kondratyev mengatakan dalam sebuah posting di aplikasi perpesanan Telegram bahwa tidak ada korban jiwa atau kerusakan akibat dugaan serangan tersebut.

Menyebutkan dua kapal dalam postingan Telegram, Walikota Novorossiysk Andrei Kravchenko mengatakan awak Olenegorsky Gornyak dan Suvorovets segera menanggapi dan membantu menghindari akibat serangan itu.

“Terima kasih, prajurit dan pembela kami, karena telah melindungi kota pahlawan!” tulisnya, tanpa menyebutkan kerusakan pada kapal.

Terminal minyak terdekat melaporkan bahwa infrastrukturnya tidak rusak dan operasinya tidak terpengaruh.

Insiden itu terjadi di tengah serangkaian serangan pesawat tak berawak di wilayah Rusia dalam beberapa bulan terakhir, termasuk tiga serangan pesawat tak berawak terpisah di jantung ibu kota Rusia selama dua minggu terakhir.

1690889465073 tdy news 7a engel moscow drone attack 230801 1920x1080 uomagc

Ketika Ukraina menemukan dirinya berada di tengah-tengah serangan balasan yang menentukan untuk merebut kembali wilayah-wilayah yang diduduki, Presiden Volodymyr Zelenskyy pekan lalu memperingatkan bahwa perang secara bertahap kembali “ke wilayah Rusia – ke pusat-pusat simbolis dan pangkalan militernya,” yang dia gambarkan sebagai ” tak terhindarkan, “proses yang lebih alami dan benar-benar adil.”

Pada hari Selasa, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa tiga drone laut tak berawak Ukraina mencoba menyerang dua kapal patroli di Laut Hitam barat daya, tetapi upaya itu juga digagalkan.

Kiev berhati-hati untuk tidak bertanggung jawab atas serangan di Rusia, tetapi pejabat Ukraina sering mengirimkan sinyal sarkastik sesudahnya.

Beberapa jam setelah dugaan serangan drone hari Jumat, kepala staf Zelenskyy Andriy Yermak membagikan di Telegram foto seorang tentara Ukraina yang menerbangkan drone dengan tulisan, “Selamat pagi Ukraina semuanya.” Dan terbanglah apa pun yang Anda rencanakan.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *