Sabtu , Juli 13 2024
IMG 9559

Kemenperin menyebut kompetensi digital sebagai kunci sukses IKM mencari peluang

JAKARTA (ANTARA) — Yedi Sabaryadi, Direktur Industri Kecil Menengah, Pangan, Furnitur, dan Bahan Bangunan Kementerian Perindustrian, mengatakan literasi digital menjadi kunci sukses UKM dalam mencari peluang bisnis, khususnya di bidang pangan. dan sektor minuman.

“Salah satu elemen kunci untuk sukses menangkap peluang adalah meningkatkan literasi digital. Ini sangat penting karena bisa meningkatkan kinerja bisnis,” kata Yedi dalam acara penganugerahan di Jakarta, Jumat.

Yedi mengatakan bahwa di era globalisasi saat ini, adaptasi digitalisasi dapat membantu UKM mengidentifikasi peluang, tren, dan kebutuhan pasar tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat global. Memasarkan produk IKM kini semakin mudah dan komprehensif, termasuk melalui platform Lokapasar.

Platform ini, jelas Yedi, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh UKM lokal, mengingat pengguna aktif internet di Indonesia akan mencapai hampir 210,6 juta orang pada 2022 dan nilai transaksi e-money, menurut Bank Indonesia akan meroket di tahun 2022 menjadi Rp 399,6 triliun.

“Jumlah ini meningkat 30,84 persen dibandingkan tahun 2021 dan diproyeksikan meningkat lagi menjadi Rp 495,2 triliun pada tahun 2023, dimana sebagian besar masyarakat akan menggunakannya untuk belanja online,” tambah Yedi.

Yedi mengatakan, transformasi digital IKM khususnya di sektor makanan dan minuman dapat mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Selama ini sektor ini menjadi tulang punggung Indonesia.

Pada triwulan I tahun 2023, industri makanan dan minuman memberikan kontribusi hampir 38,61 persen terhadap nilai produk domestik bruto (PDB), yaitu sekitar 6,47 persen dari total PDB nasional. Sebagian karena kontribusi IKM makanan dan minuman yang totalnya mencapai sekitar 1,66 juta unit usaha.

“Transformasi digital ini juga membantu Indonesia mencapai misinya menjadi ekonomi terbesar kelima dunia pada tahun 2045,” kata Yedi.

Baca juga: SME DigitalFest Sasar 5.000 UMKM Siap Hadapi Era Digital

Baca Juga: BI Himbau UMKM Sasar Pasar Milenial dengan Pembayaran Digital

Reporter: Pamela Sakina
Penerbit : Natisha Andarningtyas
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *