3

Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi meluncurkan program akselerasi startup gelombang ke-7

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) resmi meluncurkan program akselerasi Startup Studio Indonesia (SSI) putaran ketujuh setelah melalui banyak gelar startup sejak tahun 2020 sebagai bagian dari upaya menjaga momentum pertumbuhan startup di negara ini.

SSI merupakan solusi Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendongkrak kemajuan ekonomi digital Indonesia. startup Perusahaan-perusahaan lokal tersebut terus berkembang dan memastikan Indonesia bahkan menduduki peringkat keenam dunia sebagai negara dengan startup terbanyak dengan jumlah 2.492 startup (per Mei 2023).

“Kami sangat senang dengan antusias yang besar terhadap program Startup Studio Indonesia. Sejak awal diluncurkan, program ini telah berkembang pesat, tidak hanya dari segi jumlah pendaftarnya, namun juga dari segi jumlah mentornya yang kini mencapai 110 orang.” , serta dampak positif yang dirasakan alumni dan masyarakat. perasaan luas Boniface Wahyu Pudjianto, Direktur Promosi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengatakan dalam siaran persnya, Jumat.

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika, Wahyu mengatakan alumni SSI telah mengumpulkan total dana hibah sebesar Rp977 miliar. Prestasi ini membanggakan dan menjadi bukti kemajuan startup Generasi muda memegang peranan penting dalam kelancaran karir profesionalnya di masa depan.

Untuk menjaga momentum tersebut, SSI hadir sebagai program pembinaan yang komprehensif startup Tahap awal dapat memahami seluk beluk bisnis digital dari para praktisi dan puluhan pendiri startup ternama di bidangnya.

Rangkaian pelatihan yang ditawarkan SSI meliputi sesi perkemahan inkubator selama tiga hari pada tanggal 24-26 Agustus 2023 satu lawan satu Pembinaan selama tiga bulan hingga November 2023. Dalam sesi founder camp, 18 startup Orang-orang terpilih bisa mendapatkan nasihat dan bertukar pikiran dengan praktisi startup yang memiliki pengalaman untuk memungkinkan transfer pengetahuan yang efektif.

praktisi startup terdiri dari pendiri atau pelaku startup, akademisi, hingga pimpinan perusahaan modal ventura (VC). Sementara itu sesi satu lawan satu Coaching menawarkan kesempatan yang lebih personal dengan memberikan wawasan yang lebih praktis dan dapat diterapkan pada siswa startup.

praktisi startup Nama-nama terkemuka yang terlibat sebagai Coach Startup Studio Indonesia di Putaran 7 antara lain Abraham Hidayat (Managing Partner Skystar Capital), Adrianus Hitijahubessy (Founder JULO), Anthony Kosasih (COO Mekari) dan Benedicto Haryono (Co-Founder KoinWorks). ), Berdhianto Priyotomo (Enterprise Sales Lead Google), Chrisanti Indiana (Co-Founder dan CMO Sociolla), Dimas Harry Priawan (Co-Founder Decoruma), Fajrin Rasyid (Digital Business Director Telkom Indonesia), Indra Gunawan (CEO Bobobox) dan Rama Notowidigdo (salah satu pendiri AwanTunai dan Sayurbox).

Rangkuman pembelajaran selama kurang lebih lima bulan ini: Rangkaian program Startup Studio Indonesia Batch 7 diakhiri dengan puncak Milestone Day yang dihadiri para peserta startup Kesempatan untuk menampilkan model bisnis dan pencapaiannya kepada pemangku kepentingan industri startup.

“Tahun ini saya melihat banyak sektor baru bermunculan di SSI, dimulai dari Manufaktur, Teknik Pertanian sampai kesehatan “Masing-masingnya unik, baik dalam pendekatan kreatif maupun dalam memecahkan masalah di industri ini,” kata Managing Partner Impactto Italo Gani.

Salah satu alumni SSI, Joshua Valentino yang juga COO dan salah satu pendiri Rekosistem mengatakan, hal ini merupakan salah satu hal terpenting dalam pembangunan. startup adalah hubungan dan koneksi dalam lanskap digital.

“SSI telah membekali kami dengan jaringan yang luas sehingga kami dapat memperluas pasar, memperluas jangkauan pelanggan dan mengoptimalkan strategi PMF. Kami belajar banyak dari diskusi dengan praktisi.” startup dan itu membuat perjalanan kami lebih mudah sejauh ini,” kata Joshua.

Seiring berjalannya waktu, Startup Studio Indonesia terus berkembang menjadi salah satu program akselerasi startup yang terbaik di Indonesia. Program ini merupakan ujung tombak untuk memperkuat dan melengkapi program pemberdayaan startup digital, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan Hub.id yang sebelumnya dijalankan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Baca Juga: Kominfo Fasilitasi Akselerasi Startup Melalui Startup Studio Indonesia

Baca juga: IdeaFest dan 11th Space mencari tiga perusahaan teratas untuk NEXSPACE 2023

Wartawan: Suryanto
Penerbit : Natisha Andarningtyas
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *