Minggu , Juni 16 2024
WhatsApp Image 2023 08 07 at 14.56.05

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan dokumen pendukung Indonesia Digital 2045

Jakarta (ANTARA) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan pihaknya sedang menyiapkan dan menyusun dokumen sebagai draf visi Indonesia Digital 2045.

Pada saat Indonesia mencapai usia 100 tahun, diharapkan masyarakat di seluruh penjuru negeri akan memiliki konektivitas digital yang merata dan menjadi talenta digital yang memiliki kualitas kompetitif dari negara internasional lainnya.

“Kemenkominfo saat ini sedang mendukung dokumen yang berisi visi Indonesia Digital 2045 garis dasar Capaian dari implementasi peta jalan Indonesia digital dan berbagai ide dari berbagai pemangku kepentingan,” ujar Budi sebagai narasumber diskusi. Hibrida Lemhanna RI di Jakarta, Senin.

Pemangku kepentingan yang dimaksud tidak hanya pemerintah, tetapi juga ilmuwan, pelaku industri, masyarakat dan juga media.

Harapannya, gagasan ini dapat memandu arah kebijakan dan strategi yang mungkin diperlukan untuk menciptakan talenta digital yang berkualitas.

Dokumen Indonesia Digital 2045 juga diharapkan sejalan dengan perkembangan potensi ekonomi digital Indonesia.

Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2022 yang diterbitkan oleh Google, ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan berkembang pesat Nilai Dealer Kotor (GMV) senilai $130 miliar pada tahun 2025 Tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR) yang tumbuh 19 persen.

Laporan yang sama memperkirakan bahwa Indonesia akan melipatgandakan potensi ekonomi digitalnya menjadi $360 miliar pada tahun 2030.

Mengingat proyeksi nilai yang tinggi tersebut, Budi yakin hal tersebut dapat tercapai selama dukungan terhadap digitalisasi Indonesia tidak terganggu.

Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal ini fokus pada empat sektor untuk mencapai hal tersebut, antara lain melalui pemerataan pembangunan infrastruktur digital, penguatan pelayanan publik melalui digital government, pengembangan sumber daya manusia dan digital talent, serta implementasi hilirisasi ekonomi digital.

Salah satunya adalah penyusunan draft berupa “Indonesia Digital 2045” sebagai tindak lanjut dari roadmap sebelumnya untuk memastikan Indonesia memiliki program digitalisasi yang adaptif, inovatif dan berkelanjutan dengan roadmap terbaru.

“Dengan semangat kolaborasi dan sinergi yang kuat, saya yakin Indonesia bisa mencapai transformasi digital pada tahun 2045, tidak hanya itu.” mempercepat tetapi juga inklusif, berdaya dan berkelanjutan untuk Indonesia maju,” tutup Budi.

Baca juga: PIDI 4.0 Percepat Digitalisasi di Industri Otomotif

Baca juga: Menteri BUMN Revisi Susunan Dewan Pengawas Peruri

Reporter: Livia Kristianti
Penerbit : Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *