Rabu , Juli 17 2024
20230806 091003

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah menghargai inisiatif Grab dan OVO untuk mempromosikan UMKM

Tangerang Selatan (ANTARA) –

Kementerian Koperasi dan UKM mengapresiasi inisiatif Grab dan OVO yang terus mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya melalui transformasi digital.

“Saya mengapresiasi inisiatif Grab dan OVO yang terus mendukung dan memfasilitasi UMKM untuk melakukan transformasi digital. UMKM memiliki posisi dan peran strategis dalam perekonomian Indonesia karena menghasilkan 61 persen PDB Indonesia dan menyerap 97 persen tenaga kerja,” kata Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM, pada perayaan UMKM 2023 di Selatan, Minggu – Tangerang.

Teten mengatakan berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM RI, ada sekitar 22 juta UMKM lainnya yang telah melakukannya. orientasi dan pada tahun 2023, diperkirakan 24 juta UMKM akan memasuki ekosistem digital.

Pada kesempatan yang sama, Country Manager Grab Indonesia Neneng Goenadi menyatakan Grab dan OVO berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah mencapai target digitalisasi 30 juta UMKM pada 2024.

“Berbagai inisiatif akan terus dilakukan untuk mendukung UMKM dalam mengembangkan bisnisnya, seperti program pelatihan digital di aplikasi GrabMerchant dan portal informasi terpusat melalui akun Instagram @GrabMerchantID,” ujar Neneng.

Dia mengumumkan bahwa lebih dari 500.000 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) baru bergabung dengan platform Grab dan OVO tahun lalu, menciptakan 1 juta pekerjaan baru.

Sebagai bentuk pengakuan atas capaian dan kontribusi penting para pelaku UMKM tersebut, Grab dan OVO dengan dukungan Kementerian Koperasi dan UKM menggelar “Perayaan UMKM 2023” dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus. .

Sebagai bagian dari Perayaan UMKM 2023, Grab membuka kesempatan bagi puluhan pelaku UMKM dari berbagai kota seperti Jabodetabek, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan untuk mempromosikan produk unggulan mereka.

Selain bazaar, kuliner, dan pameran produk-produk UMKM berkualitas, pengunjung hajatan UMKM 2023 akan dihibur dengan pentas seni, arena bermain keluarga, dan olah raga bersama.

Ia menambahkan, Grab dan OVO tidak hanya mendukung UMKM di bidang kuliner, tetapi juga terus menggalakkan digitalisasi para pedagang pasar.

Reporter : Adimas Raditya Fahky P
Penerbit : Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *