Rabu , Juli 17 2024
230816 marion county record jm 1421 690648

Kepala polisi Kansas yang mengizinkan penggerebekan terhadap jurnalis mengundurkan diri

Kepala polisi sebuah kota kecil di Kansas yang memimpin penggerebekan terhadap sebuah penerbit dan ruang redaksi untuk mendapatkan informasi publik telah mengundurkan diri, kata seorang pejabat kepada Associated Press.

Walikota Marion David Mayfield memberhentikan Kepala Polisi Gideon Cody pada hari Kamis, dan kepala polisi tersebut mengundurkan diri pada hari Senin, walikota mengumumkan pada pertemuan Dewan Kota, menurut anggota Dewan Kota Marion Ruth Herbel.

Walikota dan Hebel tidak segera menanggapi permintaan konfirmasi NBC News.

Kepala suku menggunakan pagar betis yang terdiri dari lima orang dan bantuan deputi Kantor Sheriff Marion County untuk memulai penggeledahan surat perintah penggeledahan di ruang redaksi Marion County Record dan rumah editor dan Herbel.

Sehari setelah penggerebekan pada 11 Agustus, salah satu pemilik Record yang berusia 98 tahun, Joan Meyer, meninggal akibat insiden tersebut, kata putranya, penerbit surat kabar Eric Meyer.

Penerbit rekaman Marion County Eric Meyer berbicara kepada media pada 16 Agustus 2023.KSNW

Cody mempertahankan pernyataannya bahwa surat perintah yang ditandatangani oleh hakim setempat adalah benar dan berasumsi bahwa publikasi tersebut telah melakukan pencurian identitas ketika mengakses catatan mengemudi pemilik restoran lokal Kari Newell.

Kepala desa menulis dalam pernyataan tertulis yang mendukung permintaan penggeledahan bahwa “mengunduh dokumen berarti menyamar sebagai korban atau berbohong tentang alasan pencarian file tersebut.”

Surat perintah penggeledahan, yang mencakup lokasi penerbitan serta rumah penerbit dan wakil walikota, ditandatangani oleh Hakim Pengadilan Negeri Marion County, Laura Viar.

Joan Meyer, salah satu pemilik Marion County Record, menghina petugas polisi di rumahnya pada 11 Agustus 2023.
Joan Meyer, salah satu pemilik Marion County Record, menghina petugas polisi di rumahnya pada 11 Agustus.Rekor Kabupaten Marion

Namun, database data pengemudi tersedia untuk umum dan memberikan informasi tentang setiap pengemudi yang terdaftar di Kansas, termasuk nama depan dan belakang, tanggal lahir, dan nomor SIM.

Reporter Phyllis Zorn memperoleh dokumen tersebut setelah surat kabar tersebut menerima informasi bahwa Newell dihukum karena mengemudi dalam keadaan mabuk pada tahun 2008, yang dapat menjadi hambatan untuk mendapatkan izin minuman keras untuk restorannya.

Newell mengemukakan masalah ini kepada wartawan yang menyelidiki latar belakangnya pada pertemuan Dewan Kota selama musim panas. Lalu penggerebekan pun terjadi.

Herbel menggambarkan penggeledahan rumahnya sebagai “ilegal.” Organisasi kebebasan pers menyampaikan pernyataan resmi kecaman terhadap kepala dan aparat penegak hukum lainnya yang terlibat dalam penggeledahan tersebut.

“Tampaknya tidak ada pembenaran atas ruang lingkup dan intrusifitas penggeledahan ini… dan kami khawatir hal itu mungkin melanggar undang-undang federal,” kata Komite Wartawan untuk Kebebasan Pers dalam surat tertanggal 13 Agustus yang ditujukan kepada ketuanya.

Setumpuk Marion County Record terbitan 16 Agustus 2023, menyusul penggerebekan polisi di kantor surat kabar di Marion, Kan.
Setumpuk Marion County Record terbitan 16 Agustus 2023, menyusul penggerebekan polisi di kantor surat kabar di Marion, Kan.John Hanna / Berkas AP

Jaksa Marion County Joel Ensey akhirnya meminta polisi mengembalikan properti yang disita dalam penggeledahan, dengan mengatakan polisi Marion tidak memiliki cukup bukti untuk membenarkan penggerebekan tersebut.

Bulan lalu, Komisi Perilaku Yudisial Kansas mempertimbangkan kelayakan pengaduan warga terhadap Viar atas persetujuannya terhadap surat perintah penggeledahan.

Cody awalnya menanggapi reaksi keras terhadap penggerebekan tersebut dengan mengakui peran jurnalisme yang dilindungi konstitusi di Amerika Serikat dan ambang batas yang lebih tinggi untuk penggeledahan dalam kasus-kasus yang melibatkan publikasi berita.

Namun dia juga mengatakan melalui email bahwa surat perintah penggeledahan itu masuk akal dan dapat dibenarkan karena jurnalis yang menjadi target diyakini terlibat dalam “pelanggaran mendasar.”

Ketika ditanya pada 12 Agustus bagaimana reaksinya jika dia kehilangan pekerjaan karena masalah tersebut, bosnya tidak menjawab secara langsung.

Namun dia mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Saya yakin ketika kisah selanjutnya terungkap ke publik, sistem peradilan yang dipermasalahkan akan terbukti benar.”

Check Also

og

Seattle harus membayar hampir $2 juta atas kematian seorang pria yang alamatnya salah dimasukkan dalam daftar hitam 911, sehingga menunda respons dokter

SEATTLE – Kota Seattle akan membayar $1,86 juta kepada keluarga seorang pria yang meninggal karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *