Rabu , Juli 17 2024
20230824 ADGSOM 2023 Kominfo Pey HS 02a 1

Kepresidenan Indonesia pada tahun 2023 mengukuhkan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan

Dengan menjaga lingkungan yang menguntungkan bagi startup

JAKARTA (ANTARA) – Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba menyatakan Keketuaan ASEAN-Indonesia tahun 2023 mengedepankan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dan bertanggung jawab untuk memimpin dengan memberi contoh di kancah global.

“Kami membayangkan ASEAN yang berdaya secara digital yang tidak hanya memanfaatkan teknologi namun juga membentuk cara-caranya, menggabungkan pertimbangan etis dan menjaga terhadap potensi tantangan,” ujarnya pada ASEAN Digital Senior Official Meeting (ADGSOM) dan Pertemuan ke-19 ASEAN Telecom Regulatory. Agensi. Council (ATRC) dengan Jepang di Badung, Bali, dikutip dari siaran pers Kamis.

Ia mengatakan sektor digital berperan penting dalam mewujudkan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dan inovasi. Transformasi digital dalam beberapa tahun terakhir telah mengubah industri, perekonomian, dan masyarakat.

Pemerintah Indonesia juga mengajak negara-negara ASEAN untuk mengembangkan ekosistem digital untuk kepentingan seluruh negara anggota ASEAN agar menjadi role model dalam skala global.

“Sebagai Ketua ASEAN pada tahun 2023, kami bangga dan berkomitmen terhadap ASEAN Digital yang merupakan bukti pemikiran ke depan, ketahanan, dan tekad yang teguh dalam gelombang perubahan,” kata Mira.

Selain itu, sebagai Ketua Dewan Regulator Telekomunikasi ASEAN (ATRC) ke-19, kawasan ASEAN kini telah berkembang menjadi ekosistem inovasi. Penerapan kota pintar pada teknologi pertanian terkini untuk memberdayakan petani adalah bukti nyata bahwa sektor digital mendorong pertumbuhan regional.

“Dengan menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi start-up, berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, serta memperkuat infrastruktur digital, penyerapan sektor digital membuka jalan bagi pertumbuhan berkelanjutan yang tidak meninggalkan siapa pun,” katanya.

Indonesia, lanjut Mira, mengingatkan negara-negara ASEAN akan komitmennya dalam menegakkan keamanan data, privasi, dan literasi digital melalui berbagi praktik terbaik dan memperluas kemitraan dengan pemerintah, sektor swasta, dan organisasi internasional.

“Sektor digital bukan hanya soal teknologi, tapi juga soal manusia, kemajuan, dan peluang. “Dengan persatuan, inovasi, dan kerja sama, kami akan terus mengubah tantangan menjadi peluang dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi seluruh masyarakat ASEAN,” ujarnya.

Baca Juga:Menkeu ASEAN Ungkap Kunci Utama Pembangunan Infrastruktur

Baca Juga: Kementerian Komunikasi dan Informatika Berharap Kerjasama ASEAN-Jepang Dapat Memerangi Ancaman Siber

Reporter: Lia Wanadriani Santosa
Penerbit : Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *