Rabu , April 24 2024
230926 anthony rota jm 1445 229cf2

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kanada mengundurkan diri setelah memberikan penghormatan kepada tokoh yang berjuang untuk Nazi

Anthony Rota, pemimpin House of Commons Kanada, mengundurkan diri dari jabatannya pada hari Selasa setelah tanpa disadari memberikan penghormatan kepada seorang pria yang berjuang untuk Nazi dalam Perang Dunia II.

Ketua DPR Anthony Rota telah mengundurkan diri dari jabatannya yang berpengaruh dengan pernyataan singkat kepada rekan-rekan anggota parlemen di Parliament Hill di Ottawa.

“Dengan berat hati saya menyampaikan kepada anggota tentang pengunduran diri saya sebagai Ketua DPR,” katanya.

“Pekerjaan DPR ini berada di atas kita semua, itulah sebabnya saya harus mengundurkan diri sebagai ketua Anda.”

Anggota parlemen Kanada pada hari Jumat memberikan penghormatan kepada Jaroslav Hunka, seorang pria berusia 98 tahun yang berjuang untuk kemerdekaan Ukraina selama Perang Dunia II.

Belakangan diketahui bahwa Hunka, yang menerima tepuk tangan meriah di hadapan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang sedang berkunjung, sebenarnya bertempur sebagai bagian dari unit Nazi yang terkenal kejam. Divisi Ukraina Pertama.T

Dalam permintaan maafnya pada hari Minggu, Rota mengatakan dia “kemudian mengetahui informasi tambahan” tentang masa lalu Hunka.

Rota secara khusus meminta maaf kepada komunitas Yahudi di Kanada dan seluruh dunia, serta kepada warga Polandia.

Beberapa nasionalis Ukraina berperang bersama Nazi pada Perang Dunia II, berperang melawan pasukan bawah tanah Polandia, dan membantu Jerman menangkap orang-orang Yahudi untuk melanjutkan genosida. Kolaborator Ukraina berjuang bersama Nazi untuk menumpas Pemberontakan Ghetto Warsawa dan Pemberontakan Warsawa.

Kolaborator Ukraina juga disalahkan atas pembantaian ribuan warga Polandia selama perang.

Dan beberapa warga Ukraina bertugas sebagai penjaga di kamp kematian, termasuk pekerja mobil Amerika John Demjanjuk. Dia dihukum atas 28.060 dakwaan tambahan dalam pembunuhan sebelum meninggal pada tahun 2012 pada usia 91 tahun ketika kasusnya sedang dalam proses banding.

“Saya sekali lagi menyampaikan penyesalan mendalam atas kesalahan saya dalam mengakui seseorang di Dewan Perwakilan Rakyat pada pidato bersama Presiden Zelensky di depan parlemen,” kata Rota, Selasa.

“Pengakuan publik ini telah menimbulkan penderitaan bagi individu dan komunitas, termasuk komunitas Yahudi di Kanada dan di seluruh dunia, serta para penyintas kekejaman Nazi di Polandia dan negara-negara lain.”

Pengunduran diri Rota sebagai Ketua DPR akan resmi pada Rabu ini.

“Saya bertanggung jawab penuh atas tindakan saya,” kata pemimpin yang akan keluar itu.

Karina Gould, pemimpin Dewan Perwakilan Rakyat Partai Liberal, seorang Yahudi dan keturunan penyintas Holocaust, menyambut baik pengunduran diri tersebut.

“Ini adalah sesuatu yang mempermalukan seluruh Parlemen dan seluruh warga Kanada,” kata Gould. “Pembicara telah melakukan tindakan terhormat dengan mengundurkan diri.”

Pengunduran diri Rota dapat memberikan sedikit kelegaan bagi Perdana Menteri Justin Trudeau ketika Partai Konservatif berusaha menyalahkan perdana menteri atas kesalahan diplomatik yang memalukan tersebut.

“Trudeau (dan juru bicara Partai Liberalnya) telah mempermalukan Kanada,” kata pemimpin Konservatif Pierre Poilievre mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa sebelum pengumuman Rota.

“Pembicara Partai Liberal harus mengundurkan diri. Namun hal itu tidak menjadi alasan atas kegagalan Justin Trudeau dalam memeriksa aparat diplomatik dan intelijennya yang luas serta mencegah kehormatan tersebut.” seorang Nazi.

Kesalahan ini juga menjadi keuntungan propaganda bagi Vladimir Putin, yang telah menyebarkan tuduhan palsu terhadap elemen Nazi di Ukraina modern untuk membenarkan invasi Rusia.

Putin mengatakan ia menginginkan “denazifikasi” Ukraina, sebuah klaim yang sangat berani mengingat Presiden Ukraina Zelensky adalah seorang Yahudi dan kehilangan tiga anggota keluarganya dalam Holocaust.

Ini adalah kisah yang berkembang. Silakan periksa kembali untuk mengetahui pembaruan.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *