Sabtu , Mei 18 2024
231001 robert fico ha b1aead

Mantan perdana menteri pro-Rusia ini memimpin partai sayap kiri meraih kemenangan dalam pemilu di Slovakia

Mantan perdana menteri yang populis dan partai sayap kirinya telah memenangkan pemilihan parlemen Slovakia, melakukan kebangkitan politik setelah berkampanye dengan pesan pro-Rusia dan anti-Amerika, hal ini menunjukkan hasil yang hampir lengkap.

Mantan Perdana Menteri Robert Fico dan partai sayap kiri Smer (Arah) memimpin dengan 22,9%, kata kantor statistik Slovakia Minggu pagi setelah penghitungan 99,98% suara dari sekitar 6.000 TPS selesai.

Pemilu hari Sabtu merupakan ujian atas dukungan negara kecil di Eropa Timur terhadap negara tetangganya, Ukraina, dalam perangnya dengan Rusia, dan kemenangan Fico dapat membebani unit rapuh di Uni Eropa dan NATO.

Fico, 59 tahun, berjanji akan mengakhiri dukungan militer Slovakia terhadap Ukraina dalam perang melawan Rusia jika upayanya untuk kembali berkuasa berhasil.

Negara berpenduduk 5,5 juta orang, yang didirikan pada tahun 1993 setelah pecahnya Cekoslowakia, telah menjadi pendukung setia Ukraina sejak Rusia menginvasi Februari lalu, menyumbangkan senjata dan membuka perbatasannya untuk pengungsi perang.

Karena tidak ada partai yang dapat memperoleh kursi mayoritas, maka pemerintahan koalisi harus dibentuk. Secara tradisional, presiden meminta pemenang pemilu untuk membentuk pemerintahan, sehingga Fico kemungkinan besar akan kembali menjadi perdana menteri. Ia menjadi Perdana Menteri dari tahun 2006 hingga 2010 dan kembali dari tahun 2012 hingga 2018.

Pendatang baru yang liberal dan pro-Barat, partai Progresif Slovakia, berada di urutan kedua dengan 18% suara.

Pemimpinnya Michal Simecka, wakil presiden Parlemen Eropa, mengatakan partainya menghormati hasil tersebut. “Tapi ini kabar buruk bagi Slovakia,” katanya. “Dan akan lebih buruk lagi jika Robert Fico berhasil membentuk pemerintahan.”

Dia mengatakan dia ingin mencoba membentuk koalisi pemerintahan jika Fico gagal.

Partai sayap kiri Hlas (Voice), yang dipimpin oleh mantan wakil Fico di Smer, Peter Pellegrini, berada di urutan ketiga dengan 14,7%. Pellegrini berpisah dari Fico setelah Smer yang dilanda skandal kalah dalam pemilu terakhir pada tahun 2020, tetapi kemungkinan reunifikasi mereka akan meningkatkan peluang Fico untuk membentuk pemerintahan.

Pellegrini menggantikan Fico sebagai perdana menteri setelah ia dipaksa mengundurkan diri akibat protes jalanan besar-besaran anti-pemerintah menyusul pembunuhan jurnalis Jan Kuciak dan tunangannya pada tahun 2018.

Pellegrini mengucapkan selamat kepada Fico atas kemenangannya namun mengatakan dua mantan perdana menteri dalam satu pemerintahan mungkin tidak akan berfungsi dengan baik.

“Memang tidak ideal, tapi bukan berarti koalisi seperti itu tidak bisa terbentuk,” ujarnya.

Mitra koalisi potensial lainnya, Partai Nasional Slovakia yang ultra-nasionalis, yang jelas-jelas pro-Rusia, memperoleh 5,6%.

Ketiga partai ini akan memperoleh mayoritas di parlemen jika mereka membentuk pemerintahan koalisi.

Fico menentang sanksi Uni Eropa terhadap Rusia, mempertanyakan apakah Ukraina dapat menarik pasukan invasi Rusia, dan ingin mencegah Ukraina bergabung dengan NATO.

Ia menyarankan agar UE dan AS menggunakan pengaruh mereka untuk memaksa Rusia dan Ukraina melakukan kompromi perjanjian perdamaian daripada mengirim senjata ke Kiev.

Gambar:
Pemimpin partai progresif Slovakia Michal Simecka mengkonfirmasi hasil awal pemilu pada konferensi pers pada hari Minggu.Petr David Josek / AP

Para pengkritik Fico khawatir bahwa kembalinya Fico ke tampuk kekuasaan dapat menyebabkan Slovakia meninggalkan jalurnya dengan cara yang berbeda, mengikuti jejak Hongaria di bawah Perdana Menteri Viktor Orbán dan, pada tingkat lebih rendah, Polandia di bawah Partai Hukum dan Keadilan.

Hongaria telah dikenakan sanksi oleh UE atas dugaan pelanggaran aturan hukum dan korupsi, sementara lembaga-lembaga UE mengatakan Polandia telah mengambil langkah yang menyimpang dari prinsip-prinsip supremasi hukum UE. Fico mengancam akan memecat penyidik ​​Badan Kriminal Nasional dan jaksa penuntut khusus yang menangani tindak pidana berat dan korupsi.

Hongaria juga mempertahankan hubungan dekat dengan Moskow – yang unik di antara negara-negara Uni Eropa – dan menentang penjualan senjata ke Ukraina atau bantuan ekonomi.

Fico mengulangi klaim Presiden Rusia Vladimir Putin yang belum dikonfirmasi bahwa pemerintah Ukraina menjalankan negara Nazi sehingga etnis Rusia di bagian timur negara itu memerlukan perlindungan. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky adalah seorang Yahudi dan kehilangan kerabatnya dalam Holocaust.

Fico dikenal karena omelannya yang pedas terhadap jurnalis dan juga berkampanye menentang imigrasi dan hak-hak LGBTQ+.

Kelompok populis Rakyat Biasa, Partai Kristen Demokrat yang konservatif, dan partai Kebebasan dan Solidaritas yang pro-bisnis juga memenangkan kursi di parlemen.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *