230823 ONETIMEUSE lahaina hawaii 2018 wildfire 2018 ac 959p 420d0f

Maui lolos dari bencana kebakaran hutan lima tahun lalu namun kehilangan kesempatan untuk mencegah bencana di masa depan, kata warga

Lima tahun yang lalu, setelah angin badai tropis melontarkan percikan api ke dinding api yang menjulang tinggi di perbukitan dan ladang kering di atas Lahaina, kepala manajer darurat Maui saat itu secara terbuka menyatakan lega bahwa bencana yang jauh lebih buruk telah dapat dihindari.

Pada pertemuan khusus Dewan Kabupaten Maui setelah kebakaran tahun 2018, Herman Andaya menyebutkan kombinasi keberuntungan dan kepahlawanan sebagai alasan utama kobaran api, yang dipicu oleh hembusan angin lepas pantai dari Hurricane Lane, terhenti sebelum mencapai pusat kota bersejarah.

“Hampir, hampir mencapai kota Lahaina,” katanya kepada anggota dewan pada pertemuan tanggal 28 Agustus 2018, seperti yang ditunjukkan transkrip. “Dan jika kendaraan tersebut melompati Jalan Lahainaluna, maksud saya, dampaknya akan sangat menghancurkan.”

Andaya, yang saat itu menjabat pada tahun pertamanya sebagai direktur manajemen keadaan darurat penuh waktu di wilayah tersebut, memuji “tindakan cepat polisi dan evakuasi orang-orang di daerah tersebut” sebagai hal yang penting untuk menyelamatkan Lahaina dari potensi bencana.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian nyaris celaka pada tahun 2018, namun gabungan tiga kebakaran hutan menghanguskan lebih dari 2.800 hektar, menghancurkan sedikitnya 21 bangunan, termasuk 13 rumah, dan menghancurkan 30 kendaraan — yang saat itu merupakan peristiwa kebakaran hutan terbesar dalam sejarah Maui.

Namun dalam beberapa hari terakhir, setelah kebakaran hutan paling mematikan di Amerika, beberapa warga Lahaina dan setidaknya satu mantan pejabat keselamatan daerah memandang kebakaran yang terjadi lima tahun lalu sebagai peluang besar yang terlewatkan.

Bulan ini, ketika kebakaran hutan lainnya, yang dipicu oleh hembusan angin Badai Dora di dekatnya, menyapu bukit-bukit yang terkena sinar matahari dan kali ini menyapu Jalan Lahainaluna, evakuasi pertama di pusat kota Kota Lahaina – seperti yang Andaya janjikan – tidak terjadi.

Perbedaan utama tersebut berarti bahwa saat api melintasi jalan kali ini, api berkobar di kota yang masih dipenuhi penduduk dan wisatawan. Bencana ini telah menghancurkan lebih dari 2.200 rumah dan tempat usaha serta menewaskan sedikitnya 115 orang – jumlah yang mengejutkan dan terus meningkat setiap hari. Lebih dari 1.000 orang masih hilang.

Meskipun terdapat kesamaan yang mencolok dalam kondisi seputar kebakaran di Lahaina lima tahun lalu, manajemen darurat dan pejabat keselamatan publik lainnya telah gagal mengatasi beberapa masalah utama yang diidentifikasi setelah kebakaran tahun 2018, menurut tinjauan catatan dan wawancara NBC News.

Selain itu, meskipun ada permohonan dari para advokat dan permintaan berulang kali dari NBC News dan organisasi media lainnya, para pejabat belum merilis laporan tindak lanjut yang ditugaskan oleh daerah untuk mengevaluasi dan merekomendasikan perbaikan pada tanggap darurat pada tahun 2018.

Herman Andaya, mantan pengurus Badan Penanggulangan Bencana Daerah Maui, mengundurkan diri pekan lalu setelah tanggapan lembaganya terhadap kebakaran Lahaina menuai kritik luas.KHNL

Memang benar, banyak kekhawatiran yang kini dianggap sebagai penyebab kebakaran mematikan yang terjadi pada bulan ini – mulai dari kegagalan mengaktifkan sirene pertahanan sipil hingga ketidakmampuan untuk mematikan aliran listrik ke jalur transmisi yang rentan saat terjadi angin kencang – telah diangkat sebagai permasalahan penting yang memerlukan perhatian setelah bencana tersebut. kebakaran lima tahun lalu.

“Pada tahun 2018, skenarionya persis sama,” kata David Jung, seorang kapten kapal wisata dan penduduk Lahaina yang lima tahun lalu secara terbuka mempertanyakan mengapa para pejabat tidak membunyikan sirene pertahanan sipil ketika api melanda kota tersebut. “Satu-satunya perbedaan adalah angin berhenti pada menit-menit terakhir setelah kebakaran lima tahun lalu. Sebut saja force majeure atau keberuntungan atau apa pun, tapi mereka punya kesempatan kedua. Mereka punya waktu lima tahun untuk memikirkan hal itu dan memperbaikinya. Sebaliknya, tidak ada yang dilakukan.”

Pejabat saat ini dan mantan pejabat Kabupaten Maui, termasuk Walikota saat ini Richard Bissen, mantan Walikota Alan Arakawa dan Mike Victorino, dan Andaya, yang mengundurkan diri minggu lalu di tengah kritik karena gagal mengaktifkan sirene dalam kebakaran bulan ini, tidak segera memberikan komentar atas permintaan tersebut.

Kantor jaksa agung negara bagian mengumumkan pekan lalu bahwa mereka akan menyewa penyelidik independen untuk menyelidiki bagaimana lembaga-lembaga lokal dan negara bagian merespons kebakaran yang terjadi bulan ini.

“100% Diabaikan”

Setelah kebakaran tahun 2018, Jung menyuarakan keluhannya tentang kurangnya sirene pada pertemuan komunitas yang terkadang menegangkan dengan Andaya, Arakawa, dan pejabat lainnya di SMA Lahainaluna, yang hampir hancur akibat kobaran api.

“Mungkin ada banyak korban jiwa,” kata Arakawa kepada hadirin di awal pertemuan. “Saat itu, kami mengalami satu luka serius – seorang wanita mengalami luka bakar – dan tidak ada korban jiwa.”

Mengingat besarnya api, area yang terbakar, dan lokasinya yang begitu dekat dengan banyak rumah, ia berkata, “Kami bisa saja kehilangan sebagian besar wilayah Lahaina jika bukan karena keberanian masyarakat yang memadamkan api.”

Walikota Kabupaten Maui Alan Arakawa berbicara pada 16 Desember 2016 tentang panen gula terakhir di Maui, Hawaii.
Alan Arakawa, mantan Walikota Maui County, memuji petugas pemadam kebakaran yang membantu mengendalikan api pada tahun 2018 sebelum menyebabkan lebih banyak kerusakan.KHNL

Beberapa warga yang kehilangan rumah mereka tidak mempunyai masalah dengan petugas pemadam kebakaran, namun mengidentifikasi berbagai masalah dan meminta tanggapan dari pejabat daerah, negara bagian, utilitas dan pertahanan sipil.

Video pertemuan tiga jam tersebut menunjukkan seorang warga setempat menanyakan tentang hilangnya penghalang kabel listrik. Yang lain melaporkan adanya kesulitan dalam mengakses air untuk mendukung pemadaman kebakaran dan mengeluhkan kegagalan dalam mengurangi semak belukar dan mengairi lahan yang rawan kekeringan dengan lebih baik. Beberapa diantaranya menyampaikan kekhawatiran mengenai permasalahan jalur evakuasi, perencanaan dan komunikasi, dan permasalahan lainnya.

“Kami diberi banyak basa-basi, dan alih-alih mencegah kebakaran lagi, fokus pertemuan tersebut adalah, ‘Dengar, kami akan memberi Anda uang dan kami akan mengembalikan uang Anda,’” kata Jung. “Dan kami berkata, ‘Tidak, tidak, tidak, tidak, bukan itu yang kami inginkan.’ Anda bisa memberi kami semua uang di dunia; “Kami hanya tidak ingin hal seperti itu terjadi lagi. Tapi semua yang kami katakan kepada mereka 100% diabaikan.”

Jung, 72, mengatakan minggu ini bahwa meskipun rumahnya hancur, dia lolos dari kebakaran pada 8 Agustus dengan kapal katamarannya Kaulauna di Pelabuhan Lahaina ketika bara api menghujani dirinya.

Dia beruntung bisa keluar hidup-hidup, kata Jung, sambil mencatat bahwa dia kebetulan berada di marina ketika, tanpa peringatan, api berkobar di kota Lahaina. Namun saat itu dia tidak tahu apakah istrinya Michelle telah meninggalkan rumah mereka di Front Street sebelum api melalapnya. Seperti lima tahun lalu, sirene pertahanan sipil di pulau itu tidak lagi bersuara, katanya.

“Itu semua hanyalah pengulangan tahun 2018,” kata Jung, “hanya lebih buruk.”

Masyarakat menyaksikan kebakaran di Front Street di pusat kota Lahaina, Maui, Hawaii pada 8 Agustus 2023.
Orang-orang menyaksikan kebakaran tanggal 8 Agustus di Front Street di pusat kota Lahaina.Alan Dikar melalui AP

Perbedaan utama antara kebakaran bulan ini dan kebakaran tahun 2018, menurut komentar publik Andaya setelah kedua peristiwa tersebut, adalah respons evakuasi.

Pasca kebakaran lima tahun lalu, Andaya menyebut evakuasi dini warga kota Lahaina sebagai tindakan kunci untuk menghindari bencana. Pada konferensi pers pekan lalu mengenai kebakaran terbaru ini, Andaya mengatakan ketika pusat tanggap darurat Maui mengetahui bahwa api sedang melahap petugas pemadam kebakaran yang menjaga kota tersebut, “saat itulah kami mengirimkan pemberitahuan evakuasi.”

Pada saat itu, ketika api semakin membesar di kota tersebut, Kabupaten Maui telah mendesak penduduk kota Lahaina di sebelah barat Jalan Lahainaluna untuk tetap tinggal, menurut catatan.

“Orang-orang di sisi barat disarankan untuk berlindung kecuali ada perintah evakuasi,” kata laporan terbaru mengenai kebakaran pada 8 Agustus yang diposting ke situs web kabupaten tersebut pada pukul 16:45.

Saat itu, api sudah melalap kota Lahaina, kata beberapa orang yang selamat.

Istri Jung, Michelle, 61, mengatakan dia baru terbangun dari tidur siangnya ketika pohon yang berangin kencang menghantam jendela rumahnya. Pensiunan polisi itu berhasil melarikan diri dari rumahnya dengan sepatu yang tidak serasi dan dengan burung peliharaannya, Trouble, di bawah lengannya, katanya.

“Tidak ada yang dievakuasi. Tidak seorang pun. Tidak ada peringatan, tidak ada apa-apa,” katanya.

Saat dia dan orang lain berlari melintasi kota dengan api berkobar di belakang mereka dan gedung-gedung meledak, Jung mengatakan dia akhirnya “melihat mobil polisi yang memperingatkan kita untuk segera keluar dari sini,” kata Jung. “Tetapi saat kami melanjutkan perjalanan, saya tidak melihatnya atau orang lain lagi. Itu saja.”

Api dan asap memenuhi langit di Front Street di Lahaina, Hawaii pada 8 Agustus 2023.
Api dan asap memenuhi langit di Front Street di Lahaina pada 8 Agustus.Bosco Jr Bae melalui AP

SeaRay Beltran, mantan Kepala Petugas Keamanan Kabupaten Maui yang berada di pusat operasi darurat selama kebakaran hutan tahun 2018, mengatakan waktu evakuasi sangat penting dibandingkan dengan waktu evakuasi pada kebakaran bulan ini.

“Saat saya masih di sana, kami melakukan evakuasi penuh,” kata Beltran tentang tanggapan daerah tersebut pada tahun 2018. “Ada orang-orang di luar sebelum api mencapai Lahaina.”

Beltran mengatakan kali ini petugas melakukan kesalahan dengan memerintahkan evakuasi sebagian dan kemudian mengundurkan diri karena mereka yakin api telah dapat dipadamkan.

Anginnya sangat kencang sehingga para pejabat seharusnya lebih berhati-hati jika terjadi wabah, kata Beltran.

“Bahkan jika kita melakukan kesalahan dan api tidak sampai sejauh itu, kita selalu ingin aman,” kata Beltran.

Rencana Pengurangan Bahaya tahun 2020 di wilayah tersebut, yang mengidentifikasi semua rumah dan bangunan di Lahaina di kawasan berisiko tinggi kebakaran hutan, memperingatkan bahwa “penduduk dengan akses terbatas terhadap informasi mungkin tidak menerima informasi peringatan sensitif waktu yang memungkinkan mereka mencapai lokasi yang aman.”

Beltran mengatakan petugas seharusnya berencana menggunakan sirene jika komunikasi terputus.

“Ketika api menjadi sangat besar, kabel listrik dan menara seluler terbakar habis. Mereka bisa saja membunyikan alarm,” kata Beltran. “Semua orang tahu bahwa jika ia melompati Autobahn, Anda 100% dievakuasi. Itu tidak terjadi.”

“Saya sangat marah,” tambahnya. “Orang seharusnya tidak mati seperti itu.”

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *