NexBE Fest foto bersama credit to Kominfo

MDI dan TMI bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memperluas sinergi antara Startup dan BUMN

Jakarta (ANTARA) – MDI Venture dan Telkomsel Mitra Innovation (MTI) berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam program HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 yang bertujuan menjajaki peluang solusi digital dan sinergi startup BUMN untuk terhubung .

Acara HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 diikuti oleh 500 peserta baik dari pihak swasta maupun perguruan tinggi, BUMN dan divisi Telkom Group Penjaruman dengan startup di portofolio MDI Ventures, TMI dan HUB.ID.

Hasilnya, terdapat sekitar 750 pertemuan Penjaruman Acara ini mempertemukan 80 peserta startup dan 80 mitra bisnis yang mengikuti total 12 sesi, kata MDI dalam siaran persnya, Kamis.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019, Nex-BE Fest telah berhasil mendukung pengembangan ekosistem digital BUMN dan startup melalui total 498 acara. perjodohan bisnis. Hingga pertengahan tahun 2023, tercatat nilai sinergi antara startup dan BUMN mencapai lebih dari $686 juta atau sekitar Rp10,5 triliun.

Begitu pula dengan jumlah peserta yang meningkat 3,2 kali lipat, pertemuan bisnis meningkat 5,4 kali lipat, dan nilai sinergi yang dihasilkan juga meningkat 2,7 kali lipat sejak acara dimulai.

“Mengusung tema “Membina Sinergi Jaringan”, para startup, perusahaan pemerintah dan swasta yang berpartisipasi dalam HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 dapat melakukan eksplorasi mendalam untuk memahami kebutuhan bisnis masing-masing, serta berbagi solusi berdasarkan kemampuan yang mereka miliki. butuh,” kata Donald Wihardja, CEO MDI Ventures.

Potensi kolaborasi strategis antara BUMN dan startup akan diwujudkan melalui penandatanganan proyek baru oleh kedua belah pihak. Ada pula beberapa sinergi menarik dalam acara HUB.ID x Nex-BE Fest 2023, seperti penandatanganan kerjasama referral marketing oleh Cakap dan PT Metra-Net; FitAja dan Admedika, berkolaborasi mengembangkan ekosistem kesehatan digital; Optigo dan Kimia Farma yang bersama-sama mengelola kebutuhan pariwisata korporasi; Privy dan Telkomsel MSight mengembangkan solusi tanda tangan digital untuk sektor korporasi; hingga RunSystem dan Telkom Property yang mendukung penerapan Enterprise Resource Planning (ERP).

“Kami juga bangga atas bentuk kerja sama dengan Kominfo tahun ini melalui HUB.ID ekonomi digital Indonesia,” kata Fajrin Rasyid, Direktur Bisnis Digital Telkom Group.

HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 juga dimeriahkan dengan acara penghargaan bagi sinergi terbaik yang berhasil terjalin. Pemenang kategori Kolaborasi Sinergi Terbaik diraih oleh Optigo dan Mitra Tours (Patrajasa Pertamina) untuk pengelolaan kebutuhan pariwisata perusahaan.

Kerja sama yang telah berlangsung selama lebih dari setahun ini memiliki nilai sinergi sebesar Rp7,6 miliar dan menguntungkan kedua belah pihak. Sementara Telkomsel (terdiri dari perwakilan mitra bisnis) dan Zenlayer (terdiri dari perwakilan startup) meraih penghargaan kinerja sinergi terbaik dengan melaksanakan tiga proyek sinergi senilai Rp 1,5 triliun per tahun.

Pemerintah Indonesia terus mendorong BUMN dari berbagai sektor untuk menjajaki peluang sinergi, kolaborasi, dan inovasi dengan startup. Hingga saat ini, tercatat hanya ada lima BUMN yang memiliki cabang modal ventura dan aktif berinvestasi di startup lokal.

Baca Juga: Telkomsel optimalkan 4G dan 5G untuk dukung konektivitas KTT ASEAN ke-43

Baca juga: Telkomsel Optimalkan Jaringan Jelang KTT ASEAN

Wartawan: Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *