Sabtu , Juli 13 2024
kominfo menteri budie arie ises 2023 ayh 22

Menkominfo ajak masyarakat jadi ‘prosumer’ teknologi untuk dukung ‘start-up’

JAKARTA (ANTARA) — Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengajak masyarakat Indonesia menjadi “prosumer”, yaitu sebutan bagi produsen dan konsumen, untuk memanfaatkan teknologi dengan cara yang dapat memperkuat dan mendukung ekosistem. startup (perusahaan baru).

Menurut Menkominfo Budi, masyarakat Indonesia bisa memanfaatkannya dengan menjadi “prosumer” dalam talkshow “Road to Indonesia Startup Ecosystem Summit (ISES) 2023” pada Jumat di Solo Technopark, Surakarta, Jawa Tengah. infrastruktur digital untuk menciptakan kemandirian dari inovasi dan solusi.

“Jangan hanya menjadi konsumen, jadilah ‘prosumer’. Jika kita ingin maju, kita harus mampu bersaing dalam pembuatan dan penggunaan teknologi serta pengembangan inovasi,” ujar Menkominfo.

Saat ini, menurut Menkominfo, ada percepatan, pemerataan dan pemanfaatan infrastruktur digital yang sedang digalakkan pemerintah. Hal ini dimaksudkan untuk memanfaatkan teknologi digital secara optimal guna memperkuat pertumbuhan ekonomi.

Langkah ini diambil agar Indonesia bisa mencapai potensi maksimalnya seperti yang diproyeksikan dalam riset perusahaan internasional yang memperkirakan Indonesia akan menjadi pemimpin ekonomi digital pada tahun 2030. Data dari Google menyebutkan pertumbuhan kecepatan internet dan konsumsi data akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi hingga 10 persen. .

“Kalau konsumsi data kita lebih dari 60Gbps seperti Amerika, pertumbuhan ekonomi akan pesat,” kata Budi.

Ia kemudian mengatakan bahwa kondisi Indonesia berbeda dengan negara lain di dunia karena secara geografis Indonesia terdiri dari pulau-pulau seluas 1,905 juta kilometer persegi. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam pemerataan infrastruktur digital nasional yang perlu mendapat perhatian serius.

“Ada banyak pekerjaan untuk kami, tetapi semuanya dikuasai melalui kolaborasi. Saya yakin tantangan ini bisa diatasi dengan mengaktifkan semua sektor,” kata Budi.

Menteri Budi Arie mengatakan ada empat teknologi yang saat ini berkembang pesat, yakni Internet of Things (IoT), Blockchain, Cloud, Dan kecerdasan buatan (AI).

Oleh karena itu, Menkominfo mengajak semua pihak untuk menjadikan Indonesia terdepan dalam kemajuan teknologi, termasuk mendukung pengembangan inovasi dan ekosistem. startup di Indonesia.

“Saya berharap kita semua bukan hanya konsumen, tentunya dengan mengembangkan inovasi di empat teknologi tersebut,” ujar Menkominfo Budi.

Baca Juga: Pemerintah Bangun Ekosistem untuk Mendukung Pengembangan Startup

Baca juga: Hipmi: Perusahaan startup perlu masuk ke ekosistem yang tepat

Reporter: Livia Kristianti
Penerbit : Natisha Andarningtyas
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *