Minggu , Juni 16 2024
IMG 20230829 135200

Menkominfo mengajak generasi muda beradaptasi di era transformasi digital

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengimbau generasi muda Indonesia mampu beradaptasi dan fleksibel dalam menyikapi era transformasi digital yang membawa banyak perubahan di masyarakat.

Kedua kualitas tersebut diharapkan dimiliki oleh generasi muda sehingga mampu menjadi motor penggerak Indonesia mewujudkan visi transformasi digital nasional.

“Sejalan dengan digitalisasi yang mendorong perubahan budaya, ekonomi dan sosial, generasi muda memerlukan literasi dan keterampilan digital, kreativitas dan inovasi, komunikasi dan menyelesaikan masalahkata Budi, Selasa, dalam pidato wisuda Ilmiah ke-109 Tahun 2023 Program Profesi, Sarjana, dan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, yang disaksikan secara virtual.

Menurut Menteri Budi Arie, sebagai pelopor inovasi dan kreativitas, generasi muda harus mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, menciptakan solusi baru, dan mengembangkan aplikasi teknologi yang mampu menjawab kebutuhan zaman.

Dia menyebutkan buktinya banyak sekali di Indonesia startup Menurut Kemenko Perekonomian dan Teknologi, generasi muda saat ini berjumlah 2.400 orang pada akhir tahun 2022 saja. startup di Indonesia.

Selain itu, Budi mengatakan jika dimanfaatkan dengan baik, momentum transformasi digital dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian negara karena ekonomi digital diperkirakan akan menyumbang PDB sebesar Rp4.434 triliun pada tahun 2030 atau setara dengan 16 persen PDB.

Untuk mencapai hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini berupaya memperbaiki tantangan yang ada, mulai dari peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengurangan penyebaran konten negatif di dunia maya, dan diakhiri dengan menekan serangan siber di ruang digital.

“Saat ini Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif lebih dari 191 juta jiwa dan sebagian besar merupakan generasi Z. Pada saat yang sama, Indonesia diperkirakan membutuhkan hingga sembilan juta talenta digital pada tahun 2030,” kata Budi.

Salah satu program yang rutin diusung Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menjawab tantangan tersebut adalah program Digital Talent Training dengan berbagai materi menarik seperti dasar literasi digital, pengembangan keterampilan teknis digital serta pelatihan bagi para pengambil kebijakan baik di pemerintahan maupun swasta. sektor dan pemberian beasiswa di bidang transformasi digital. .

Melalui program-program yang ditawarkan, Budi mengajak generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam kursus-kursus tersebut agar sebagai penerus bangsa pada akhirnya dapat meningkatkan keterampilan, mengembangkan minat dan bakat, serta menumbuhkan inovasi dan produktivitas.

“Saya percaya bahwa peran generasi muda dalam transformasi digital adalah kunci menuju masa depan yang lebih baik. Saya yakin dengan inovasi dan kreativitas, generasi muda dapat membuka jalan bagi kemajuan teknologi yang dibarengi dengan nilai-nilai kebangsaan untuk Indonesia yang berkemajuan,” tutupnya. .

Wartawan: Livia Kristianti
Penerbit : Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *