Sabtu , Mei 18 2024
IMG 20230829 135200

Menkominfo mengajak para insan Humas untuk bisa beradaptasi dan memperkuat jati diri bangsa

Jakarta (ANTARA) – Penggunaan platform digital untuk mengakses dan bertukar informasi dalam berbagai format konten semakin meningkat. Tantangan terbesar saat ini adalah memastikan bahwa informasi yang disebarluaskan adalah informasi terkini, faktual, dan dapat dipahami.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengimbau para insan Humas untuk selalu beradaptasi dan berperan dalam memperkuat jati diri bangsa Indonesia.

Hal itu ia jelaskan dalam konteks semakin masifnya penggunaan platform digital untuk mengakses dan bertukar informasi dalam berbagai format konten. Namun, tantangan terbesarnya adalah memastikan bahwa informasi yang disebarluaskan adalah informasi yang aktual, faktual, dan dapat diverifikasi.

“Para profesional kehumasan perlu beradaptasi lebih baik terhadap perkembangan dan inovasi teknologi. Sebagaimana kita ketahui, penetrasi inovasi digital kini telah merambah ke berbagai bidang, termasuk kehumasan,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu.

Hal itu diungkapkannya pada Sabtu saat pembukaan Kongres Humas Indonesia 2023: Maju Bersama untuk Indonesia secara daring dari Jakarta Pusat.

Menteri Budi Arie mengungkapkan, setidaknya 88 persen profesional PR global percaya bahwa perencanaan strategis berbasis data memainkan peran kunci dalam membangun kesuksesan PR.

Selain itu, 65 persen profesional PR global percaya bahwa keterampilan analisis data memainkan peran penting dalam membangun upaya PR yang akurat.

Sebagai profesi yang mempunyai tanggung jawab besar dalam menjaga keutuhan informasi dan komunikasi, Menkominfo menekankan bahwa insan kehumasan harus mampu berperan dalam menegakkan jati diri bangsa, memajukan nilai-nilai budaya, dan memperkokoh jati diri Indonesia menuju menjadi bangsa yang bermartabat.

“Kita semua mendengar kekhawatiran Presiden terhadap merosotnya budaya kesantunan bangsa Indonesia dalam pidato kenegaraannya baru-baru ini,” ujarnya.

Mewakili Presiden Joko Widodo, Budi Arie mengajak seluruh jajaran Humas Indonesia untuk bahu membahu bersama seluruh komponen bangsa untuk menjunjung tinggi dan mendongkrak semangat juang baik di ruang fisik maupun digital.

“Tentunya itu yang harus menjadi pertimbangan kita, pertimbangan untuk menumbuhkan kembali budaya sopan santun dalam ruang informasi,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menkominfo juga memberikan apresiasi kepada Persatuan Humas (Perhumas) yang menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Wartawan: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *