Selasa , April 16 2024
IMG 20230823 WA0060 1

Menkominfo menilai perlunya kerja sama untuk pemerataan akses digital

Jakarta (ANTARA) –

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, meyakini kerja sama antar pelaku sektor telekomunikasi sangat diperlukan untuk mencapai pemerataan akses digital di seluruh pelosok tanah air, terutama di wilayah perbatasan, wilayah terluar, dan wilayah tertinggal ( 3T).

“Salah satu kerjasama yang kami tawarkan adalah program kerjasama pemanfaatan aset. Program ini akan memungkinkan para pemangku kepentingan untuk memaksimalkan aset infrastruktur telekomunikasi yang dibangun Kominfo,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie secara virtual pada Detikcom Leaders Forum Industri Telekomunikasi Indonesia di Jakarta, Kamis.

Salah satu upaya Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk meningkatkan pengalaman pengguna Internet di Indonesia adalah pembangunan jaringan backbone serat optik Palapa Ring yang sudah menjangkau pelosok dan belum tersentuh industri telekomunikasi. Upaya lainnya antara lain dengan meluncurkan beberapa inisiatif terkait pengembangan teknologi, penerapan teknologi 5G di 11 kota prioritas, dan peningkatan adopsi Internet Protocol versi enam, atau IPv6.

Dengan semakin meningkatnya penetrasi Internet penduduk Indonesia, maka aspek-aspek penting dalam pemanfaatan teknologi telekomunikasi harus berjalan seiring, termasuk aspek keamanan data.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama para pelaku industri telekomunikasi tetap berkomitmen untuk melindungi data dan privasi pelanggan secara memadai serta memerangi ancaman keamanan siber yang semakin kompleks,” kata Budi.

Ia mengatakan, industri telekomunikasi diperkirakan akan tumbuh pesat di masa depan. Tren dan perubahannya mencakup perkembangan jaringan 5G, revolusi Internet of Things (IoT), dan konvergensi layanan.

Meningkatnya jumlah pengguna Internet di Indonesia memberikan peluang besar bagi industri telekomunikasi untuk meningkatkan penetrasi pasar. Dalam menggunakan teknologi telekomunikasi, aspek penting seperti keamanan data harus tetap diperhatikan.

Wartawan : Fitra Ashari
Penerbit : Natisha Andarningtyas
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *