Rabu , Juli 17 2024
230823 Yevgeny Prigozhin al 1314 6bafc9

Menurut media pemerintah, kepala tentara bayaran Rusia yang memimpin pemberontakan tewas dalam kecelakaan pesawat

Media pemerintah Rusia melaporkan pada hari Rabu bahwa Yevgeny Prigozhin, pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner yang memimpin pemberontakan yang gagal pada awal tahun, terdaftar sebagai penumpang dalam sebuah pesawat yang jatuh di utara Moskow.

NBC News tidak dapat mengkonfirmasi berita tersebut.

Menurut Kementerian Layanan Darurat Rusia, sebuah pesawat pribadi Embraer Legacy jatuh dalam perjalanan dari Moskow ke St. Petersburg.

Jet tersebut membawa “sepuluh orang di dalamnya, termasuk tiga awak” ketika jatuh di wilayah Tver, timur laut ibu kota Rusia, kementerian menambahkan dalam sebuah pernyataan di saluran Telegramnya.

Meskipun Prigozhin tidak disebutkan dalam pernyataan kementerian, kantor berita negara Tass mengutip Badan Transportasi Udara Federal yang mengatakan bahwa dia termasuk di antara tujuh penumpang di pesawat yang jatuh itu.

Laporan terpisah oleh RIA Novosti menyatakan:

“Menurut Badan Transportasi Udara Federal, penyelidikan terhadap kecelakaan Embraer telah diluncurkan,” RIA Novosti yang dikelola pemerintah melaporkan secara terpisah. “Di antara para penumpang ada nama dan nama keluarga Evgeny Prigozhin.”

Badan tersebut telah meluncurkan penyelidikan atas kecelakaan itu, kata Tass.

Para pejabat Rusia tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Nasib Prigozhin menjadi misteri sejak para pejuang Wagner yang dipimpinnya merebut kota Rostov-on-Don di Rusia selatan pada tanggal 23 Juni sebelum memulai perjalanan mereka ke Moskow, berhenti sekitar 120 mil dari ibu kota, berdasarkan kesepakatan yang diduga ditengahi oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Perjanjian tersebut mengharuskan Prigozhin untuk mengasingkan diri di Belarus dan para pejuangnya menandatangani kontrak atau bergabung dengan Kementerian Pertahanan Rusia.

Pemberontakan ini diikuti oleh kritik publik dan ejekan selama berbulan-bulan oleh Prigozhin terhadap pejabat tinggi militer Rusia, yang menuduh mereka tidak kompeten selama perang Ukraina.

Yevgeny Prigozhin, pemilik perusahaan militer Grup Wagner di lokasi yang dirahasiakan
Yevgeny Prigozhin, pemilik perusahaan militer Wagner Group di lokasi yang dirahasiakan, dalam sebuah video yang dirilis Senin.Razgruzka_Vagnera / Telegram melalui AFP – Getty Images

Perlakuan Kremlin terhadap Prigozhin sejak pemberontakan masih membingungkan banyak pengamat.

Meskipun Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut pemberontakan Wagner sebagai pengkhianatan dan penyelidikan kriminal pada awalnya dilakukan, tampaknya Prigozhin, yang pernah menjadi sekutu dekat pemimpin Rusia tersebut, tidak menghadapi dakwaan atau hukuman nyata atas tantangan yang menakjubkan tersebut.

Pria tersebut menunjukkan keberadaannya dalam klip berdurasi 41 detik yang dirilis Senin oleh beberapa saluran Telegram yang berafiliasi dengan Wagner dan berjanji untuk membuat Afrika “lebih bebas” dan “Rusia bahkan lebih besar di setiap benua.”

Prigozhin, 61 tahun, yang pernah dikenal sebagai “koki” Putin dalam menjadi tuan rumah acara-acara kenegaraan, telah lama membantah secara terbuka bahwa ia menjalankan Wagner Group, sebuah perusahaan militer swasta yang juga beroperasi di Suriah, Mali, Republik Afrika Tengah, dan negara-negara lain.

Namun setelah para pejuangnya memimpin serangan terhadap pasukan Kiev di Ukraina, yang seringkali memakan banyak korban jiwa, ia mulai menarik perhatian publik dengan mengenakan seragam militer dan tampil dalam video.

Beberapa video rupanya menunjukkan dia sedang merekrut tahanan atau berada di tengah-tengah aksi di garis depan, sangat kontras dengan para elit perkotaan yang dia ejek di beberapa postingan Telegramnya.

Berita tentang kecelakaan itu tersiar setelah Prigozhin menyampaikan pidato video pertamanya sejak pemberontakan yang mengguncang Kremlin.

Mengenakan setelan militer dan rompi antipeluru berlogo Wagner, seseorang yang diyakini sebagai Prigozhin terekam berdiri di area mirip gurun.

NBC News belum dapat memverifikasi keaslian video tersebut atau waktu dan tempat pengambilan gambar.

Ini adalah berita terkini. Silakan periksa lagi untuk pembaruan.

Check Also

og

Seattle harus membayar hampir $2 juta atas kematian seorang pria yang alamatnya salah dimasukkan dalam daftar hitam 911, sehingga menunda respons dokter

SEATTLE – Kota Seattle akan membayar $1,86 juta kepada keluarga seorang pria yang meninggal karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *