Sabtu , Mei 18 2024
230925 serbia monastery mb 0831 d539ea

Orang-orang bersenjata Serbia melawan polisi selama pengepungan biara di Kosovo; 4 mati

Orang-orang bersenjata Serbia menyerbu sebuah desa di Kosovo utara dengan kendaraan lapis baja pada hari Minggu, melawan polisi dan membarikade diri mereka di sebuah biara, memicu gejolak kekerasan baru di wilayah utara yang bergolak yang menyebabkan empat orang tewas.

Pengepungan tersebut berpusat di sebuah biara Ortodoks Serbia dekat desa Banjska di wilayah mayoritas Serbia, tempat para biksu dan peziarah bersembunyi di sebuah kuil selama baku tembak.

Sekelompok warga Serbia Kosovo menempatkan truk di sebuah jembatan di desa tersebut dan menembaki petugas polisi yang mendekati mereka sebelum pertempuran berpindah ke biara terdekat, menurut polisi Kosovo dan Presiden Serbia Aleksandar Vucic.

Orang-orang bersenjata meninggalkan biara pada malam hari, kata Gereja Ortodoks Serbia, meskipun tidak jelas ke mana mereka pergi.

Vucic mengatakan tindakan tersebut merupakan pemberontakan terhadap Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti, yang menolak membentuk asosiasi komunitas Serbia di Kosovo utara. “Serbia tidak akan pernah mengakui kemerdekaan Kosovo, Anda bisa membunuh kami semua,” katanya.

Orang-orang bersenjata yang bersembunyi di sebuah biara di Kosovo utara bentrok dengan pihak berwenang pada hari Minggu. Gambar AFP-Getty

Kepala misi PBB di Kosovo, Caroline Ziadeh, dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengutuk kekerasan tersebut.

Menurut kantornya, Borrell berbicara dengan Kurti dan Vucic.

Menurut reporter Reuters di dekatnya, pasukan NATO terlihat berpatroli di jalan menuju Banjska, bersama dengan anggota polisi Uni Eropa EULEX dan polisi Kosovo.

Polisi perbatasan Kosovo telah menutup dua penyeberangan perbatasan dengan Serbia.

Masyarakat Serbia di Kosovo utara telah lama menyerukan penerapan perjanjian yang ditengahi Uni Eropa pada tahun 2013 untuk membentuk asosiasi komunitas otonom di wilayah mereka.

Pembicaraan yang didukung Uni Eropa mengenai normalisasi hubungan antara Serbia dan Kosovo terhenti pekan lalu, dan blok tersebut menuduh Kurti gagal membentuk asosiasi tersebut.

Pristina melihat rencana tersebut sebagai resep untuk mendirikan negara kecil di Kosovo yang secara efektif membagi negara tersebut berdasarkan garis etnis.

1685739385534 now mtp full kosovopm 230602 1920x1080 r45j70

Serbia secara resmi masih menganggap Kosovo sebagai bagian dari wilayahnya, namun membantah anggapan bahwa hal itu dapat memicu kerusuhan di perbatasan negara tetangganya. Beograd menuduh Pristina menginjak-injak hak-hak minoritas Serbia.

Kerusuhan meningkat ketika wali kota etnis Albania di Kosovo utara mulai menjabat setelah warga Serbia memboikot pemilu pada bulan April.

Lusinan pengunjuk rasa dan penjaga perdamaian NATO terluka dalam bentrokan pada bulan Mei.

NATO mempertahankan 3.700 tentara di Kosovo, sisa dari pasukan awal berkekuatan 50.000 yang dikerahkan pada tahun 1999.

Wilayah Kosovo utara, di mana mayoritas orang Serbia, dalam banyak hal secara efektif merupakan perpanjangan dari Serbia. Pemerintah daerah dan pegawai negeri, guru, dokter, dan proyek infrastruktur besar dibiayai oleh Beograd.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *