IMG 20230823 WA0060 1

Pembangunan Pusat Data Nasional di Cikarang akan selesai pada September 2024

Saat ini landasannya masih baru, namun eskalasinya berjalan pesat

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengumumkan pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat sudah on track dan bisa selesai pada September 2024.

“Sebelumnya saya pernah rapat mengenai topik ini (PDN Cikarang). Rencananya PDN tersebut akan diresmikan di Cikarang pada September 2024. Rencananya, ketiga PDN tersebut berada di Cikarang, Batam, dan IKN akan diresmikan terlebih dahulu di Cikarang,” kata Budi kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Pusat Data Nasional merupakan program pemerintah untuk menyiapkan fasilitas penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dirancang untuk mendukung penerapan Satu Data Indonesia.

Pembangunan pusat data nasional juga berfungsi untuk menjadikan pengelolaan pemerintahan lebih efisien dan produktif, sehingga memudahkan masyarakat dalam menggunakan layanan pemerintah di era digital.

Budi mengatakan, PDN Cikarang dari sisi porsi pembangunan masih tergolong rendah yaitu 20 persen, namun ia optimis pembangunan salah satu infrastruktur digital tersebut bisa selesai tepat waktu.

“Masih sekitar 20 persen. Saat ini, hal tersebut hanyalah hal mendasar, namun eskalasinya berjalan sangat cepat. Saya lihat di rapat perencanaan dan bagus,” ujarnya.

Selain PDN Cikarang, pemerintah tengah menyiapkan dua PDN lainnya yakni PDN Batam di Kepulauan Riau dan PDN di ibu kota negara nusantara, Kalimantan Timur.

Sebelumnya pada Senin (6 Desember), Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan PDN Batam ditargetkan selesai pada 2025.

Sedangkan PDN IKN Nusantara masih dalam tahap perencanaan dan telah lolos tahap analisis lahan. Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga sedang mempertimbangkan pengembangan lebih banyak PDN di wilayah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, pemerintah sedang mempersiapkan rancangan peraturan menteri yang mengatur standar keamanan PDN bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menyiapkan materi pelatihan bagi departemen sumber daya manusia di tingkat pemerintah daerah untuk menggunakan teknologi PDN. .

Baca juga: Kominfo targetkan selesainya pusat data nasional di Bekasi pada tahun 2024

Wartawan: Livia Kristianti
Penerbit : Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *