Sabtu , Juli 13 2024
230804 mohamed bazoum niger mb 1148 da0068

Pemimpin terguling Niger mengatakan dia adalah seorang sandera dan mendesak AS untuk menghentikan kudeta

“Saya menyerukan kepada pemerintah AS dan seluruh komunitas internasional untuk membantu kami memulihkan tatanan konstitusional kami,” katanya. “Memperjuangkan nilai-nilai bersama kita, termasuk pluralisme demokratis dan penghormatan terhadap supremasi hukum, adalah satu-satunya cara untuk mencapai kemajuan berkelanjutan melawan kemiskinan dan terorisme. Rakyat Nigeria tidak akan pernah melupakan dukungan Anda pada momen penting dalam sejarah kami ini.”

Pada hari Kamis, Departemen Luar Negeri mengatakan akan membantu mengevakuasi warga negara Amerika di Niger. Mereka akan ditawari kursi pada penerbangan terjadwal yang disewa oleh Departemen Luar Negeri yang, jika semua berjalan sesuai rencana, akan meninggalkan ibu kota Nigeria Niamey pada Jumat sore, kata pejabat senior Departemen Luar Negeri tanpa menyebut nama.

Sudah ada PHK di pemerintah AS. Sekitar 1.110 tentara AS telah membantu membentuk pasukan khusus Nigeria untuk memerangi Boko Haram, pejuang ISIS, dan kelompok terkait al-Qaeda. Prancis, bekas kekuatan kolonial yang memerintah negara itu hingga tahun 1960, memiliki sekitar 1.500 tentara di lapangan.

Meskipun Prancis, Jerman, dan Uni Eropa menyebut pengambilalihan militer sebagai kudeta, pemerintahan Biden sejauh ini menahan diri untuk tidak menggunakan kata tersebut, yang berarti menghentikan semua bantuan ekonomi dan militer AS.

Prancis dan negara lain, termasuk 15 anggota Komunitas Ekonomi Negara Afrika Barat (ECOWAS), telah menjatuhkan sanksi.

Presiden Niger Mohamed Bazoum mengatakan dia disandera oleh tentara pemberontak. Issouf Sanogo/AFP melalui file Getty Images

Utusan dari blok regional ECOWAS tiba untuk melakukan pembicaraan pada hari Kamis, setelah memberikan tenggat waktu pada hari Minggu kepada tentara Niger yang memberontak untuk pembebasan dan pemulihan Bazoum pada hari Minggu atau kemungkinan tindakan kekerasan.

Pemberontakan militer ditandai dengan sentimen anti-Prancis yang sama seperti kudeta di bekas jajahan Prancis tetangga lainnya.

Dan pada Kamis, perwakilan junta militer yang kini menguasai Niger mengatakan negara itu membatalkan sejumlah perjanjian kerja sama militer dengan Paris. Selain itu, kantor berita internasional yang didanai negara Prancis berhenti mengudara.

Dalam pengumuman di televisi pemerintah, junta juga mengatakan akan memecat beberapa duta besar pemerintah sebelumnya, termasuk duta besar di Amerika Serikat.

Terlepas dari tekanan Afrika dan Barat, kepala junta Abdourahamane Tiani dan mantan kepala Pengawal Presiden Nigeria mengatakan dia tidak akan mundur. Dia mengutip ketidakamanan sebagai alasan utama, meskipun data menunjukkan serangan militan telah menurun.

Check Also

og

Seattle harus membayar hampir $2 juta atas kematian seorang pria yang alamatnya salah dimasukkan dalam daftar hitam 911, sehingga menunda respons dokter

SEATTLE – Kota Seattle akan membayar $1,86 juta kepada keluarga seorang pria yang meninggal karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *