Sabtu , Mei 18 2024
PJ Bupati Btg

Pemkab Batang meminta PLN menyediakan jaringan internet untuk wilayah terpencil

BATANG (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, meminta Perusahaan Listrik Negara menyediakan jaringan internet yang bisa menjangkau lebih banyak wilayah terpencil di wilayah tersebut.

“Hampir seluruh daerah sudah teraliri listrik. Sedangkan untuk jaringan Internet, penggelaran jaringan Internet yang dilakukan PLN juga sangat membantu kami, yang kami harap kedepannya layanan ini bisa menjangkau lebih banyak daerah terpencil lagi,” kata Plt Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Batang, Kamis.

Menurutnya, kehadiran layanan Internet dari PLN ini akan mendukung program Sinyal Merdeka sehingga dapat mengembangkan potensi lokal dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, jaringan listrik PLN telah menyediakan sinyal jaringan dan internet hingga ke daerah terpencil seperti Desa Pranten di Kecamatan Bawang melalui layanan iconnect, ujarnya.

Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan PT PLN Pekalongan Triyono mengatakan kehadiran PLN diharapkan dapat berperan dalam mendongkrak perekonomian daerah.

“Tidak hanya di kawasan industri, tapi di seluruh lapisan masyarakat, termasuk di sektor pertanian, mungkin juga di bidang perikanan,” ujarnya.

Ia mengatakan, PT PLN melalui anak usahanya PT Icon Plus juga menyediakan layanan internet hingga ke desa-desa terpencil seperti Desa Pranten yang kini sudah memiliki jaringan komunikasi nirkabel.

Menurut dia, layanan jaringan Internet PLN memiliki banyak keunggulan, karena jaringan tersebut dapat dikopel dengan tiang listrik PLN sehingga menghilangkan kebutuhan tiang penyangga dan fiber optik 100 persen sehingga kecepatan unggah dan pengambilan data lebih baik.

“Kami memutuskan untuk membantu penggelaran jaringan di daerah terpencil karena PLN berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah terpencil. Usaha mikro, kecil, dan menengah di daerah terpencil bisa berkembang, mahasiswa bisa menambah ilmu dan maju,” harap Triyono.

Wartawan: Kutnadi
Penerbit : Siti Zulaikha
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *