google search

Pencarian Google menawarkan fungsi untuk mengenali dan menghapus data pribadi

JAKARTA (ANTARA) – Google Search memperkenalkan fitur keamanan baru untuk melindungi privasi penggunanya dengan mendeteksi dan menghapus hasil pencarian yang menampilkan informasi pribadi.

Melalui dashboard Hasil Tentang Anda pengguna dapat meminta Google untuk menghapus berbagai data sensitif seperti nomor telepon, alamat rumah, dan alamat email yang muncul di hasil pencarian.

“Kami sudah lama memiliki kebijakan yang memungkinkan Anda menghapus gambar eksplisit non-konsensual dari pencarian. Sekarang kami membangun perlindungan tersebut untuk memungkinkan orang menghapus gambar pribadi dan eksplisit mereka yang tidak ingin terlihat di pencarian.” Google menulis dalam posting blog Tech Crunch Friday yang dikutip.

Pengguna dapat menggunakan fitur ini dengan mengakses bagian Akun di aplikasi Google dan memilih “Hasil tentang Anda”. Namun, fitur tersebut hanya tersedia di AS dan Google berupaya membuatnya tersedia di negara dan bahasa lain juga.

Awal tahun ini, Google memperkenalkan fitur keamanan yang dapat melindungi penggunanya dari gambar yang tidak pantas, seperti konten pornografi dan kekerasan. Pencarian Google akan secara otomatis menyembunyikan gambar ketika muncul di hasil pencarian.

Meskipun pengguna dapat menghapus konten sensitif dari hasil penelusuran Google, konten tersebut tidak dihapus di situs web atau mesin telusur lain.

Namun, Google berharap pembaruan fitur ini dapat memberi penggunanya lebih banyak kendali atas informasi pribadi yang muncul di Google Penelusuran.

Baca Juga: Daftar Negara yang Mengatur Alat Kecerdasan Buatan Termasuk ChatGPT

Baca juga: Protes konsumen Austria terhadap pengiriman email promosi oleh Google

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Penerbit : Natisha Andarningtyas
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *