Sabtu , Mei 18 2024
Topologi NAT

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Gerbang Internet (NAT)

Definisi gateway
Mungkin banyak dari Anda sudah sering mendengar istilah ini tetapi belum sepenuhnya memahami apa artinya. Dari namanya saja, kita dapat mengartikan bahwa gateway berasal dari bahasa Inggris yang berarti gerbang dan way yang artinya jalan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengertian gateway adalah suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan antar perangkat komputer. Hal ini dikarenakan setiap perangkat memiliki protokol komunikasi yang berbeda, sehingga perlu dihubungkan melalui gateway. Gateway dapat menjadi penghubung antara satu jaringan dengan jaringan lain yang memiliki arsitektur dan pola topologi yang berbeda. Selain itu, gateway juga dapat menghubungkan jaringan besar dengan jaringan besar, serta jaringan besar dengan jaringan kecil. Contoh perangkat dan jaringan gateway dalam internet termasuk router dan ISP (penyedia layanan internet) yang memberikan akses ke seluruh jaringan WWW.

Cara kerja gateway
Cara kerja gateway sangatlah sederhana, sesuai dengan namanya sebagai gerbang pintu masuk untuk melakukan koneksi. Jaringan komputer biasanya memiliki minimal dua jenis antarmuka gateway yang digunakan untuk menghubungkan kedua jaringan tersebut dalam proses transfer data. Misalnya, saat Anda mengakses sebuah situs web. Di dalam situs web tersebut, Anda akan melewati gateway yang akan mengarahkan paket data tersebut sampai ke tujuan.

Fungsi gateway
Pada dasarnya, fungsi utama gateway adalah sebagai konverter protokol. Selain itu, fungsi-fungsi lain dari gateway antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan kinerja komputasi
Dalam situasi tertentu, gateway dapat digunakan untuk mengoptimalkan performa dan stabilitas komputasi perusahaan dengan mendistribusikan beban komputasi yang berlebih ke komputer lain dalam sistem jaringan.

2. Berbagi perangkat keras
Gateway dapat digunakan untuk membagikan perangkat keras (hardware sharing). Contohnya, dalam sebuah jaringan kantor, terdapat satu printer yang ingin digunakan oleh beberapa orang di ruangan tersebut. Hal ini dapat dilakukan melalui sistem gateway.

3. Memudahkan akses informasi
Dengan berhasilnya konversi protokol dan sinkronisasi, gateway memudahkan pengguna untuk mendapatkan akses terhadap informasi yang diinginkan. Dua komputer dapat saling terhubung dan bertukar data dan informasi melalui gateway. Tanpa adanya gateway, pertukaran data antara dua komputer dengan protokol yang berbeda tidak mungkin terjadi.

4. Konversi protokol
Gateway bertindak sebagai penghubung antara dua komputer yang menggunakan protokol yang berbeda. Hal ini memungkinkan kedua komputer tersebut terhubung dan terkait satu sama lain sehingga pertukaran informasi dapat terjadi. Gateway jaringan dapat beroperasi pada setiap tingkat dalam model jaringan OSI (Open System Interconnection).

5. Memudahkan pengaturan data
Penggunaan gateway sangat penting bagi perusahaan atau organisasi. Gateway memudahkan integrasi dan pengorganisasian data penting yang terdiri dari berbagai divisi atau departemen yang bekerja secara terpisah. Gateway diperlukan untuk menghubungkan komputer sehingga setiap divisi atau departemen dapat berbagi data atau informasi kepada pihak yang berkepentingan. Seorang admin bertanggung jawab mengontrol keamanan dan pengaturan data-data tersebut.

Jenis-jenis gateway
Berdasarkan arah aliran data dan informasi, gateway dibagi menjadi beberapa jenis atau tipe, antara lain:

1. Network gateway
Tipe gateway ini sangat umum karena menyediakan antarmuka antara dua jaringan yang beroperasi dengan protokol yang berbeda. Jika hanya disebutkan sebagai gateway tanpa menentukan tipe, maka hal tersebut biasanya merujuk pada network gateway.

2. IoT gateway
Gateway IoT menggabungkan data sensor dari perangkat Internet of Things (IoT) dengan apa yang terjadi di lapangan, dan melakukan penerjemahan antar dua atau lebih protokol sebelum mengirimkannya ke jaringan cloud. Gateway jenis ini dapat menghubungkan perangkat IoT, jaringan cloud, dan aplikasi yang digunakan pengguna.

3. Cloud storage gateway
Cloud storage gateway adalah node jaringan atau server yang berfungsi sebagai penerjemah permintaan penyimpanan dengan menggunakan API dari berbagai layanan penyimpanan cloud, seperti SOAP (Simple Object Access Protocol) dan REST (Representational State Transfer). Dengan adanya gateway penyimpanan cloud, integrasi penyimpanan cloud pribadi ke dalam aplikasi dapat dilakukan tanpa perlu mentransfer aplikasi ke cloud publik atau sejenisnya, sehingga komunikasi data menjadi lebih sederhana.

4. VoiP trunk gateway
VoiP trunk gateway bertugas memfasilitasi pertukaran data antara perangkat PSTN (public switched telephone network) dan jaringan VoIP (voice over internet protocol). VoiP trunk gateway memungkinkan pengguna PSTN terhubung ke jaringan VoIP tanpa memerlukan operator. Berbagai layanan yang ditawarkan oleh VoiP trunk gateway memungkinkan pengurangan biaya telepon, sehingga aplikasi ini menjadi penting.

5. Gateway dua arah
Gateway dua arah memungkinkan aliran data ke dua arah. Selain itu, gateway dua arah juga dapat digunakan sebagai alat sinkronisasi.

6. Gateway satu arah
Berbeda dengan gateway dua arah, gateway satu arah hanya mengizinkan aliran data dalam satu arah saja. Gateway satu arah sering digunakan untuk tujuan arsip.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja gateway.

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *