Sabtu , Mei 18 2024
230929 sweden gang violence mb 1016 fac4c2

Perdana Menteri Swedia memanggil tentara saat kekerasan geng mengguncang negara itu

Perdana Menteri Swedia telah memanggil panglima angkatan bersenjata dan komisaris polisi untuk mengekang kekerasan geng, katanya pada hari Kamis, setelah gelombang kekerasan menyebabkan sedikitnya 11 orang tewas pada bulan September saja.

Dua orang tewas dalam penembakan terpisah di Stockholm pada hari Rabu, dan seorang wanita berusia 20-an, yang diyakini tidak bersalah, tewas ketika sebuah bom menghancurkan sebuah rumah di Uppsala pada Kamis dini hari.

“Ini adalah masa yang sulit bagi Swedia. “Seorang perempuan berusia 25 tahun tertidur tadi malam pada malam biasa namun tidak pernah bisa bangun lagi,” kata Perdana Menteri Ulf Kristersson dalam pidato nasional yang jarang disiarkan di televisi.

“Kami akan memburu geng-geng tersebut, kami akan mengalahkan geng-geng tersebut,” ujarnya.

Kristersson membentuk pemerintahan minoritas kanan-tengah setelah pemilu tahun lalu dengan dukungan dari Partai Demokrat Swedia yang populis dan anti-imigran, mengakhiri delapan tahun pemerintahan yang dipimpin Sosial Demokrat di Swedia.

Koalisinya memenangkan pemilu dengan janji antara lain untuk mengekang meningkatnya kekerasan geng, dan telah meluncurkan serangkaian inisiatif seperti kewenangan yang lebih besar bagi polisi dan hukuman yang lebih berat bagi kejahatan bersenjata.

Langkah-langkah tersebut belum memberikan dampak, namun Kristersson menyalahkan pemerintah sebelumnya atas masalah ini.

“Kebijakan imigrasi yang tidak bertanggung jawab dan kegagalan integrasilah yang membawa kami ke sini,” kata Kristersson.

Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson berbicara di Harpsund dekat Stockholm pada 19 Agustus 2023.Nils Petter Nilsson/Getty Images

Swedia menerapkan kebijakan imigrasi liberal selama beberapa dekade dan menerima lebih banyak imigran per kapita dibandingkan negara Eropa lainnya selama krisis migrasi tahun 2015. Kebijakan ini dibatalkan oleh pemerintahan Sosial Demokrat sebelumnya tetapi diperketat oleh pemerintahan Kristersson. Sekitar 20% dari 10,5 juta penduduk Swedia lahir di luar negeri.

Sebelumnya pada hari Kamis, oposisi Sosial Demokrat, partai terbesar di parlemen, meminta pemerintah untuk mengubah undang-undang dan mengizinkan militer membantu mengakhiri kekerasan geng.

“Ini bukan Swedia, Swedia seharusnya tidak seperti ini,” kata pemimpin Sosial Demokrat Magdalena Andersson pada konferensi pers.

Kristersson mengatakan, dia telah memanggil komisaris polisi nasional dan komandan angkatan bersenjata untuk mengkaji opsi yang ada.

Polisi memperkirakan sekitar 30.000 orang di Swedia terlibat langsung atau memiliki hubungan dengan kejahatan geng. Kekerasan juga telah menyebar dari daerah perkotaan besar ke kota-kota kecil dimana kejahatan dengan kekerasan sebelumnya jarang terjadi.

Awal pekan ini, dua orang tertembak dan dua lainnya luka-luka ketika seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah bar di Sandviken. 11 kematian akibat penembakan bulan ini menjadikan September sebagai bulan paling mematikan sejak Desember 2019.

“Konflik kriminal di Swedia menimbulkan ancaman serius terhadap keamanan negara,” kata komisaris polisi nasional Anders Thornberg dalam sebuah pernyataan.

“Orang-orang yang tidak bersalah dibunuh dan dilukai. Kami melakukan segalanya di kepolisian dan bersama-sama dengan pihak lain untuk menghentikan perkembangan ini.”

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *