Rabu , Juli 17 2024
IMG 20230828

Samsung dan LG fokus pada gaya hidup berkelanjutan di IFA 2023

Jakarta (ANTARA) – Samsung Electronics Co dan LG Electronics Inc. sedang mempersiapkan IFA 2023 yang dibuka akhir pekan ini di Berlin, Jerman, untuk memamerkan produk konsumen mutakhir mereka dengan fokus pada keberlanjutan.

Acara tahunan IFA, yang dimulai pada hari Jumat dan berlangsung hingga Selasa, adalah pameran konsumen peralatan rumah tangga tertua dan terbesar di Eropa. Sejak tahun 1924, pameran teknologi ini menjadi ajang peluncuran produk-produk inovatif, antara lain radio mobil dan TV berwarna pertama di Eropa, yang disiarkan Yonhap, Rabu (30/8).

Tahun ini, IFA diperkirakan akan lebih memperhatikan produk-produk ramah lingkungan yang tidak hanya menghemat energi namun juga membuat hidup masyarakat lebih mudah dan nyaman di saat negara-negara Eropa, meski dilanda perang berkepanjangan, berupaya menciptakan produk yang lebih berkelanjutan dan terjangkau. Energi yang harus dilestarikan antara Rusia dan Ukraina.

Samsung dan LG mengumumkan akan menghadirkan perangkat rumah terbaru dengan efisiensi energi terbaik di ajang teknologi mendatang.

LG memperkenalkan LG Smart Cottage, rumah prefabrikasi yang dapat dibangun dengan mudah di mana pun Anda mau. Perusahaan mengatakan komponen modular casing yang dapat diganti terbuat dari baja karbon rendah dari raksasa baja Korea Selatan POSCO.

Rumah dua lantai bergaya studio ini juga dilengkapi teknologi pemanas, ventilasi, dan AC cerdas dari perusahaan, serta panel surya di atap.

“Dengan mengintegrasikan solusi, peralatan, dan layanan energi perusahaan ke dalam satu ruang yang memungkinkan orang menjalani hidup sesuai keinginan mereka, LG bertujuan untuk mendefinisikan kembali kehidupan,” kata Lyu Jae-cheol, presiden divisi peralatan rumah tangga dan solusi udara LG.

Perusahaan teknologi ini juga akan meluncurkan serangkaian produk baru untuk dapur, binatu, dan ruang tamu, termasuk dua mesin cuci dan pengering baru dengan optimalisasi kecerdasan buatan (AI) dan efisiensi energi terbaik, mengurangi konsumsi listrik, biaya operasional, dan dampak terhadap lingkungan.

Pada tahun 2021, Komisi Eropa mengumumkan rencana Fit for 55, yang menyerukan negara-negara anggota untuk mengurangi emisi gas rumah kaca mereka setidaknya 55 persen pada tahun 2030.

Setelah pecahnya perang Rusia-Ukraina, Komisi tahun lalu mengumumkan rencana REPower untuk mengubah sistem energi Eropa, mengakhiri ketergantungan Rusia pada bahan bakar fosil dan mengatasi krisis iklim melalui penghematan energi, diversifikasi pasokan energi, dan percepatan penggunaan energi terbarukan.

Samsung mengatakan telah menyiapkan area di pusat pameran, Messegelände Berlin, di mana pengunjung dapat merasakan sistem otomatisasi rumah SmartThings untuk menghubungkan dan mengendalikan perangkat rumah.

Pengguna dapat mengurangi konsumsi daya dengan mengaktifkan mode daya AI pada aplikasi. Selain itu, SmartThings Energy kini memberikan informasi tentang intensitas karbon serta jumlah emisi karbon yang dihasilkan dengan mengonsumsi satu kilowatt-jam listrik, kata Samsung.

Pada bulan Juni, raksasa teknologi Korea Selatan ini menandatangani kemitraan dengan SolarEdge, penyedia solusi tenaga surya dan penyimpanan rumah yang berbasis di Israel, untuk lebih mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi tagihan energi.

Samsung telah bekerja sama dengan perusahaan energi surya global lainnya termasuk Hanwha Qcells; SMA Solar Technology yang berbasis di Niestetal, Jerman; dan Maxeon Solar Technology yang berbasis di Singapura.

Samsung melihat potensi pertumbuhan yang besar untuk sistem pemanas ekologis (EHS) yang inovatif, khususnya di pasar Eropa. Menurut perusahaan, penjualan sistem pompa panas diperkirakan meningkat 97 persen pada Agustus dibandingkan tahun lalu.

Baca juga: Sanken memperkenalkan dispenser yang diklaim lebih higienis dan hemat energi

Baca juga: Mahasiswa UGM Perkenalkan Mobil Listrik Hemat Energi Urban Hydroz

Penerjemah: Fathur Rochman
Penerbit : Natisha Andarningtyas
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *