230908 Morocco Earthquake ac 941p 5e01e0

Sedikitnya 296 orang tewas dalam gempa berkekuatan 6,8 SR di Maroko

RABAT, Maroko — Gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter melanda Maroko pada Jumat malam, menewaskan ratusan orang dan merusak bangunan serta bangunan bersejarah di kota-kota besar.

Kementerian dalam negeri Maroko mengatakan pada Sabtu pagi bahwa sedikitnya 296 orang tewas di provinsi-provinsi dekat gempa. Selain itu, 153 orang terluka dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Kementerian menulis bahwa sebagian besar kerusakan terjadi di luar kota.

Angkatan Bersenjata Maroko pertama kali mengatakan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa gempa tersebut menewaskan 100 orang dan keselamatan masih menjadi prioritas karena gempa susulan yang kuat mengguncang negara tersebut.

Gempa bumi yang parah merusak bangunan-bangunan di kota-kota besar dan menimbulkan kepanikan di jalan-jalan dan gang-gang di ibu kota, Rabat, hingga Marrakesh, tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi di wilayah tersebut dan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Warga Maroko mengunggah video yang menunjukkan bangunan-bangunan menjadi puing-puing dan sebagian tembok merah terkenal yang mengelilingi kota tua Marrakesh rusak. Wisatawan dan warga lainnya memposting video teriakan orang-orang yang meninggalkan restoran di kota saat musik klub diputar.

Menurut USGS, gempa tersebut berkekuatan awal 6,8 ketika terjadi pada pukul 23:11, dengan guncangan yang berlangsung beberapa detik. Jaringan Nasional Pemantauan dan Peringatan Seismik Maroko mengukur nilai 7 pada skala Richter. Pihak berwenang AS melaporkan gempa susulan berkekuatan 4,9 19 menit kemudian.

Penyelidikan menemukan bahwa gempa tersebut terjadi pada patahan miring sehingga sebuah lempengan jatuh hampir seperti tanah longsor.

Fluktuasi dalam pembacaan awal adalah hal biasa, meskipun pembacaan apa pun akan menjadi yang terkuat di Maroko dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun gempa bumi relatif jarang terjadi di Afrika Utara, gempa berkekuatan 5,8 skala Richter melanda dekat Agadir pada tahun 1960 dan menewaskan ribuan orang.

“Gempa bumi tidak biasa terjadi di wilayah tersebut, namun hal tersebut tidak terduga,” kata ahli geofisika Survei Geologi AS Anna Andreyev, seraya mengatakan bahwa gempa tersebut adalah yang terkuat sejak tahun 1900.

Dia menambahkan: “Karena kedalaman dan skalanya, kami memperkirakan kerusakan yang signifikan.”

Menurut USGS, pusat gempa berada di Pegunungan Atlas Tinggi Maroko, sekitar 76 mil tenggara Marrakesh. Lokasinya juga dekat dengan Toubkal, puncak tertinggi di Afrika Utara, dan Oukaimeden, resor ski Maroko yang populer.

Menurut USGS, pusat gempa berada 11 mil di bawah permukaan, sedangkan Badan Seismologi Maroko memperkirakan kedalamannya mencapai 5 mil. Berdasarkan gempa tersebut, lempeng Afrika bergerak sekitar 341 mil ke selatan konvergensinya dengan lempeng Eurasia, kata studi tersebut.

Baik pejabat Maroko maupun MAP, kantor berita resmi Maroko, belum merilis informasi mengenai korban jiwa atau kerusakan pada Sabtu pagi. Pejabat pemerintah biasanya menggunakan lembaga tersebut untuk menyampaikan informasi mengenai hal-hal penting.

Itu adalah Perkembangan Cerita. Silakan periksa lagi untuk pembaruan.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *