Sabtu , Mei 18 2024
230926 viktor sokolov al 0759 78b85c

Seorang komandan Laut Hitam Rusia ditampilkan setelah Ukraina mengatakan dia terbunuh

Komandan Armada Laut Hitam Rusia muncul dalam video dan foto yang dirilis oleh kementerian pertahanan negara itu pada pertemuan hari Selasa, sehari setelah Ukraina mengatakan pihaknya telah membunuhnya dalam serangan rudal.

Gambar-gambar tersebut menunjukkan Viktor Sokolov, salah satu perwira tinggi angkatan laut Moskow, mengambil bagian dalam konferensi video para pemimpin militer yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Sergei Shoigu.

NBC News belum memverifikasi kapan dan di mana rekaman itu diambil.

Hal ini terjadi setelah pasukan khusus Ukraina mengatakan pada hari Senin bahwa komandan armada tersebut termasuk di antara 34 perwira yang tewas dalam serangan di kota Sevastopol di Krimea yang diduduki pada hari Jumat.

Setelah Kementerian Pertahanan merilis rekaman tersebut pada hari Selasa, Kiev mengatakan akan “mengklarifikasi informasi tersebut.”

“Seperti diketahui, 34 petugas tewas dalam serangan rudal ke markas Armada Laut Hitam Federasi Rusia. Sumber yang tersedia mengklaim bahwa komandan Armada Laut Hitam Rusia termasuk di antara korban tewas. Masih banyak yang belum melakukannya.” “Itu diidentifikasi berdasarkan potongan tubuh yang berbeda,” kata pasukan khusus tersebut dalam sebuah postingan di Telegram.

“Karena Rusia terpaksa segera memberikan tanggapan dengan Sokolov yang tampaknya masih hidup, unit kami sedang mengklarifikasi informasi tersebut. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari proses pendataan hasil operasi,” tambah TNI.

Viktor Sokolov. Sergei Malgavko/Zuma Tekan

Rekaman itu dengan jelas memperlihatkan wajah Sokolov yang muncul melalui webcam bersama pejabat senior militer lainnya. Pada satu titik dalam video, tanggalnya adalah Selasa – “26. 09. 2023” – dapat dilihat. Label namanya bertuliskan “VN Sokolov” dan singkatan Sirilik untuk Armada Laut Hitam muncul di layarnya.

Media pemerintah juga melaporkan partisipasi virtual Sokolov dalam pertemuan tersebut, namun tidak merinci kapan pertemuan tersebut berlangsung.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov dua kali menolak menjawab pertanyaan tentang Sokolov dalam pengarahan hariannya dengan jurnalis asing, dan malah mengarahkan pertanyaan tersebut ke Kementerian Pertahanan.

Kiev tidak memberikan bukti yang mendukung klaim bahwa mereka membunuh komandan armada, yang akan menjadikan Sokolov salah satu kerugian terbesar bagi petinggi militer Rusia sejak dimulainya perang.

Dalam pertemuan tersebut, Shoigu memberikan informasi terkini mengenai invasi Rusia dan pendirian delapan pusat pelatihan militer baru untuk segera mengintegrasikan anggota baru ke dalam angkatan bersenjata.

Penambahan pusat-pusat ini berarti Rusia memiliki total 128 pusat, katanya.

Pengeboman Rusia terhadap infrastruktur utama terus berlanjut, dengan serangan terhadap pelabuhan dan pusat pertanian pada Senin malam, kata Ukraina.

Kiev telah melancarkan kampanye ofensifnya sendiri terhadap sasaran-sasaran Rusia, dan semakin sering menyerang semenanjung Krimea yang dianeksasi.

Tak lama setelah serangan roket di sana pada hari Jumat, Moskow mengatakan salah satu tentaranya tewas dan pertahanannya berhasil mencegat lima roket. Belakangan diberitakan bahwa tentara tersebut hilang dan belum mengomentari serangan tersebut sejak saat itu.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *