Sabtu , Mei 18 2024
230923 gregory showalter cc 1221a f39144

Seorang pria asal Iowa menghilang pada hari juri memutuskan dia bersalah karena membunuh istrinya

OTTUMWA, Iowa (AP) — Polisi sedang mencari seorang pria Iowa yang tidak hadir dalam sidang pembunuhan tingkat pertama pada hari Jumat, hari ketika juri memutuskan dia bersalah karena membunuh istrinya.

Menurut Kurir Ottumwa, hakim mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Gregory Showalter Sr. dari Ottumwa setelah dia melewatkan pembacaan putusan juri.

Showalter, 63, telah dibebaskan dengan jaminan sejak Agustus 2021, ketika hakim mengizinkan dia membayar 10% dari uang jaminannya sebesar $250.000 selama dia menghadiri sidang pengadilan dan memakai monitor GPS. Dia didakwa melakukan pembunuhan tingkat pertama dan kejahatan lainnya sehubungan dengan kematian istrinya, Helen Showalter yang berusia 60 tahun.

Pertunjukan Gregory AllenDepartemen Keamanan Publik Iowa

Jaksa berpendapat Showalter membunuh istrinya pada 31 Juli 2021, lalu membuang jenazahnya di Sungai Des Moines dekat Ottumwa. Keesokan paginya tubuhnya ditemukan mengambang di sungai.

Juri mengambil keputusan tepat setelah jam 1 siang pada hari Jumat, dan pengacara Showalter mengatakan dia menelepon kliennya dan menyuruhnya datang ke gedung pengadilan Wapello County. Ketika Showalter tidak datang, pengacaranya menghubungi hakim dan petugas yang memeriksa rumahnya.

Saat polisi mencari Showalter, hakim memerintahkan agar putusan dibacakan, mengutip aturan pengadilan Iowa dalam kasus di mana seseorang yang diadili tidak hadir secara sukarela. Juri memutuskan Showalter bersalah atas pembunuhan tingkat pertama, penyalahgunaan mayat, penyerangan yang disengaja yang menyebabkan luka parah pada tubuh dan kekerasan dalam rumah tangga dengan cara pencekikan atau penyumbatan sirkulasi darah.

Hakim juga membatalkan jaminan Showalter.

Letnan Polisi Ottumwa Jason Bell mengatakan ketika polisi pergi ke rumah Showalter, mereka menemukan seorang wanita di luar yang mengatakan dia adalah pacarnya. Dia mengatakan Showalter memberinya kunci kendaraannya dan “berkomentar bahwa dia tidak lagi membutuhkan kunci itu.”

Dia mengira dia akan pergi ke gedung pengadilan dan tidak tahu kemana dia pergi.

Polisi mencoba menemukannya dengan menemukan ponselnya, tetapi penyedia telepon seluler mengatakan telepon dimatikan sekitar pukul 13.30 pada hari Jumat.

Setelah sidang, Bell mengatakan polisi menemukan Showalter telah mematikan monitor GPS-nya.

Dia dianggap bersenjata dan berbahaya, menurut Departemen Keamanan Publik Iowa.

Hakim menjadwalkan sidang hukuman pada 16 Oktober. Di Iowa, pembunuhan tingkat pertama membawa hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *