Rabu , Juli 17 2024
IMG 20230825 WA0027

Shopee dan SIBERKREASI mengajak masyarakat untuk “memeriksa fakta” ​​guna menghindari penipuan

JAKARTA (ANTARA) – Aplikasi perdagangan online Shopee bersama Gerakan Nasional Literasi Digital SIBERKREASI mengajak masyarakat untuk menjadikan “cek fakta” ​​sebagai kebiasaan saat menerima informasi yang mengatasnamakan perusahaan atau lembaga.

“Atas nama Shopee, kami ingin meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai jenis penipuan dan menyediakan fitur ‘cek fakta’ untuk membantu masyarakat memulai budaya baru ini,” kata Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, bersama-sama. rilis Talkshow di Jakarta, Jumat.

Hal ini terjadi akibat munculnya metode penipuan online terbaru yang menyasar masyarakat dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengumumkan adanya 11.357 false positif yang beredar antara Agustus 2018 hingga 31 Maret 2023, dengan kategori penipuan menduduki peringkat ketiga.

“Kejahatan di dunia digital semakin meningkat. Faktanya, sifat penipuan semakin kreatif sehingga semakin sulit membedakan informasi yang benar dan hoaks. Penting bagi kita untuk memahami cara menghindari jebakan penipuan on lineujar Donny BU, Ketua SIBERCREASI.

Kolaborasi ini diharapkan dapat mengurangi jumlah korban penipuan online dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap informasi yang diterima. Selain itu, Shopee juga membuat saluran khusus untuk mengecek informasi yang diterima di aplikasinya.

Menurut Donny, pemberdayaan masyarakat dengan keterampilan digital melalui empat pilar tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab bersama dari berbagai pemangku kepentingan (multi-pemangku kepentingan). Empat pilar yang diterapkan antara lain Kompetensi, Keselamatan, Budaya dan Etika atau biasa disingkat CABE.

“Mari kita bersabar sebelum berbagi, melakukan filter sebelum berbagi, dan jangan mudah tergiur dengan berita bohong atau penipuan berkedok penawaran yang menggiurkan,” kata Donny.

Fitur Cek Fakta dapat diakses melalui aplikasi pada halaman Chat with Shopee untuk membantu pengguna memverifikasi keakuratan informasi yang diterima melalui Shopee. Pengguna dapat memilih pilihan topik dan informasi yang ingin mereka konfirmasi, sehingga memungkinkan pengguna untuk menentukan apakah informasi tersebut fakta atau penipuan.

Jika pengguna masih ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, fitur cek fakta menghubungkan mereka dengan tim layanan pelanggan Shopee obrolan langsung, dan diharapkan dapat mengurangi penyebaran hoax yang mengatasnamakan Shopee.

Wartawan: Vinny Soffa Salma
Penerbit : Siti Zulaikha
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Check Also

pasted image 0 1

Laptop ASUS Vivobook Go 14 E1404F, Laptop Dana Pelajar

Di zaman sekarang laptop juga sudah sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk mendukung kegiatan belajar. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *