Selasa , April 16 2024
230929 moneylaundering ksp main fd30b1

Sidang terhadap mantan bos FTX Sam Bankman-Fried dijadwalkan akan dimulai pada hari Selasa

Babak selanjutnya dalam kasus mantan miliarder kripto Sam Bankman-Fried akan dimulai pada hari Selasa ketika mantan bos FTX diadili di New York City.

Pemilihan juri dalam sidang Bankman-Fried dijadwalkan akan dimulai pada 3 Oktober, sedangkan sidangnya sendiri diperkirakan akan berlangsung sekitar enam minggu.

Bankman-Fried, yang pernah dianggap sebagai pemimpin dalam bidang mata uang digital dan CEO teknologi langka yang memiliki rasa etika, menghadapi tuntutan federal atas penipuan kawat, penipuan sekuritas, dan pencucian uang karena menipu pelanggan pertukaran mata uang digital FTX dan pemberi pinjaman miliknya. dana lindung nilai cryptocurrency Alameda Research.

Dia mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan tersebut. Jika terbukti bersalah, hukuman maksimal 20 tahun penjara akan dijatuhkan dalam beberapa kasus.

Pendakian yang sangat cepat

“SBF,” begitu ia dikenal, ikut mendirikan Alameda Research pada tahun 2017 dan FTX pada tahun 2019. Yang terakhir menawarkan biaya perdagangan yang rendah dan mendapat manfaat dari pasar kripto yang sedang booming. Perusahaan ini merebut pesaing dan memasarkan dirinya secara agresif untuk menjadi salah satu pemain terbesar di bidangnya. Iklan Super Bowl yang bertabur selebriti juga menjadikannya salah satu iklan paling ikonik.

FTX juga berbasis di Bahama, untuk sementara di luar jangkauan regulator AS.

Di atas kertas, valuasi FTX meroket dan perkiraan kekayaan pribadi Bankman-Fried mencapai $26 miliar. Dia menjadi donor politik utama, menyumbang secara terbuka kepada Partai Demokrat dan secara pribadi kepada Partai Republik dan memutuskan hubungan dengan petinggi teknologi dan kripto lainnya dengan menyerukan beberapa regulasi dalam industri ini.

Dalam perjalanan, dia mulai memberi tahu pewawancara bahwa dia tidak mengejar kekayaan luar biasa demi kekayaannya. Dia membingkainya sebagai keharusan etis: Menginvestasikan miliaran dolar dalam kripto hanyalah alat untuk mencapai tujuan, jelasnya. Itu adalah cara terbaik untuk mengumpulkan kekayaan besar yang ingin dia gunakan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, secepat mungkin.

Latar belakangnya sebagai anak dari dua mahasiswa hukum Stanford, yang satu ahli pajak dan satu lagi ahli etika, kerap disebut-sebut.

Dia juga mulai beralih ke budaya populer, menumbuhkan citra seorang pria berusia 30 tahun yang berpakaian seperti anak kampus, dengan rambut acak-acakan dan keriting serta seragam yang hampir seragam berupa T-shirt dan celana pendek kargo bahkan ketika dia berbicara dalam bahasa Inggris. publik di depan para pemimpin dunia.

Dan kemudian semuanya runtuh

Pada tanggal 2 November 2022, Coindesk melaporkan bahwa sebagian besar neraca perusahaan perdagangan Bankman-Fried, Alameda Research, terdiri dari token yang disebut FTT yang diterbitkan oleh FTX sendiri, bukan aset terpisah dengan nilai yang diketahui dan tetap. Hal ini tidak biasa dan menjadi beban keuangan yang besar bagi Alameda.

Beberapa hari setelah laporan itu, Changpeng “CZ” Zhao, CEO platform kripto saingannya Binance, mengatakan perusahaannya akan menjual semua token FTT-nya. Penjualan besar-besaran ini menurunkan nilai FTT dan merusak neraca Alameda.

Pedagang mata uang digital mulai menarik dana mereka dari FTX dan platform tersebut segera memblokir pelanggan dari penarikan lebih lanjut. Binance setuju untuk membeli FTX sebagai bagian dari dana talangan tetapi kemudian menarik diri dari kesepakatan tersebut.

Meskipun FTX dan Alameda seharusnya merupakan perusahaan yang terpisah, dengan cepat menjadi jelas bahwa keduanya saling terkait erat – dan bahwa FTX telah memberikan uang pelanggan kepada Alameda sehingga perusahaan dapat menginvestasikan dana tersebut. Bankman-Fried terus berusaha mengumpulkan uang untuk menyelamatkan perusahaan, namun baik perusahaan maupun FTX US mengajukan kebangkrutan pada 11 November.

Dia segera digantikan sebagai CEO FTX oleh pakar kebangkrutan John Ray, yang mengatakan dia belum pernah melihat “kegagalan total dalam pengendalian perusahaan dan kurangnya informasi keuangan yang dapat dipercaya seperti di sini.”

Miliaran dolar hilang

Tak lama setelah keruntuhan, Bankman-Fried memberikan wawancara dan men-tweet tentang situasinya, mempertahankan citra publik dan menonjol yang tidak biasa sebagai seseorang yang sedang diselidiki secara kriminal sementara wartawan dan pengacara mencari-cari di antara puing-puing perusahaannya. Di berbagai waktu dia meminta maaf, rupanya terbukadan menghina, menunjukkan bahwa dia tidak bersungguh-sungguh dengan apa yang dia katakan tentang mencoba berbuat baik.

Dia dijadwalkan untuk bersaksi di depan Kongres ketika dia ditangkap di Bahama pada bulan Desember. Dia diekstradisi ke Amerika Serikat dan awalnya masih dalam tahanan rumah, namun dipenjara pada bulan Agustus setelah jaksa mengatakan dia membocorkan catatan harian dari Caroline Ellison, mantan pacarnya dan mantan CEO Alameda, ke New York Times.

Ellison, seperti beberapa orang dalam FTX lainnya, diperkirakan akan bersaksi dalam persidangan Bankman-Fried.

Bankman-Fried diperkirakan akan diadili pada Maret 2024 atas lima dakwaan tambahan, termasuk penyuapan terhadap pejabat asing. Dia juga mengaku tidak bersalah atas tuduhan tersebut.

Check Also

231003 morgan state university police WBAL snip ac 1109p 778795

Beberapa orang ditembak di dekat Morgan State University di Baltimore

Polisi Baltimore mengatakan beberapa orang ditembak di sebuah alamat yang tampaknya dekat dengan Morgan State …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *